Assalamu’alaikum.
Haaaaayyyyy…………. Sobat Bikerz, Kalo Kasawaki punya Binter AR125 sebagai light weight city sport pada masanya maka pabrikan berlogo garputala pun ternyata punya produk yang sama juga lho. Ya…. Bisa dibilang sebagai salah satu pesaing dari Kawasaki Binter AR 125 pada masanya kala itu. Bahkan ternyata motor ini pernah hadir di Indonesia entah itu dari YMMI yang memasukkan atau melalui Importir Umum alias IU, terbukti saat kemaren liat di salah satu postingan yang share motor ini. Karna secara sekilas dilihat mirip dengan Kawasaki Binter AR 125, ya bisa jadi kala itu antar pabrikan satu dengan yang lainnya membuat sepeda motor agak mirip dikarenakan selera pasar kala itu. Baiklah berikut akan warung ini sajikan tentang sejarah Yamaha RD 125 2 Tak berpendingin cairan, seri ini beda dengan Yamaha RD 125 Twin ya sobat bikerz.
Yapzz….. sepeda motor ini bernama Yamaha RD 125 LC 2 Stroke, sepeda motor yang mirik dengan geng ijo ini hadir di tahun 1981 sampe dengan tahun 1990. Sedangkan di Indonesia sendiri belum tau kapan masuknya??….. jika dibandingkan dengan Yamaha RD 125 Twin tentu berbeda karna Yamaha RD 125 LC ini punya spesifikasi mesin yang lebih baik dan yang jelas bersilinder tunggal. Pemasaran Yamaha RD 125 LC 2 langkah ini tak hanya di Asia saja namun juga sampe ke benua Eropa, tapi sayangnya untuk ada beberapa Negara di belahan Benua Eropa kala itu tidak mengijinkan sepeda motor ini mengaspal di jalan raya karna terkait dengan regulasi lalu lintas saat itu. apalagi di negara Eropa Yamaha RD 125 LC 2 Langkah ini menyasar segment pasar untuk kalangan pelajar kala itu, karna desainnya yang ramping, ringan dan mudah untuk selap selip di kemacetan.
Okee…… masuk ke area dapur pacu yang menggerakkan sepeda motor ini, berbekal mesin silinder tunggal 2 Tak berpendingin cairan 123 CC dan diawal kemunculannya tahun 1981 dan tahun 1984 Yamaha RD 125 LC/Liquid Cooled ini belum menganut sistem YPVS, namun masuk di tahun 1985 dan tahun 1986 sudah menganut sistem YPVS. Pengapiannya pun sudah menggunakan CDI merk HITACHI….. baru tau nie Hitachi juga pernah bikin CDI motor hehehehehe…… 😀 😀 mampu menyemburkan tenaga kuda sebesar 20 HP @ 9500 RPM dan Torsi puncak sebesar 1.6 kgf-m @ 9250 RPM dengan kecepatan puncak 130 KM/Jam. masih kurang lengkap???….. nie saya kasi spesifikasi lengkap dari Yamaha RD 125 2 Tak ini sobat bikerz :
Make Model |
Yamaha RD / RZ 125LC |
Year |
1981 – 1984 |
Engine |
Two stroke, single cylinder |
Capacity |
123 cc / 7.5 cu-in |
Bore x Stroke | 56 х 50 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 6.4:1 |
Lubrication | Autolube |
Oil Capacity | 1.1 L |
Induction |
24mm Mikuni carburetors |
Ignition |
Hitachi CDI |
Starting | Kick |
Max Power |
20 hp / 15.5 kW @ 9500 rpm |
Max Torque |
1.6 kgf-m / 16 Nm @ 9250 rpm |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
32mm Telescopic forks |
Rear Suspension |
Monocross linkage 6-way preload adjustment |
Front Brakes |
Single 245mm disc |
Rear Brakes |
130mm Drum |
Front Tyre |
2.75-18-4PR |
Rear Tyre |
3.00-18-6PR |
Dimensions | Length 1990 mm / 78.3 in Width 735 mm / 28.9 in Height 1190 mm / 46.8 in |
Wheelbase | 1295 mm / 50.9 in |
Seat Height | 775 mm / 30.5 in |
Ground Clearance | 185 mm / 7.2 in |
Dry Weight |
98 kg / 216 lbs |
Fuel Capacity |
13 Litres / 3.4 US gal |
Consumption Average |
64 mpg |
Standing ¼ Mile |
16.7 sec |
Top Speed |
81 mph / 130.3 km/h |
Baca Juga :
- Gilera SP 125 Series Biar Kata Mesin Imut Tenaga Menggila Sob!!!…….
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Kawasaki Binter AR125 Teknologi Yang Jauh Melampaui Jaman Pada Masanya
- Suzuki RC 100 Series Pesaing Berat Yamaha Alfa Series Di Era Bebek 2Tak Indonesia
- Astrea grand japstyle
- Suzuki RG 200 Gamma Motor Kencang Sayang Hadir Hanya Sekejap
- Yukzz…..Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi dan Sejarah Aprilia AF1 125 Series SportBike Idaman Asal Negeri Italia
- Spesifikasi Singkat Dan Perjalanan 2 Stroke Sportbike Suzuki RG 125 Gamma Series
Sedangkan di tahun 1985 dan tahun 1986 Yamaha RD 125 LC 2 Langkah ini sudah menganut sistem YPVS namun sayangnya hal ini malah memangkas power yangdihasilkan hanya menjadi 12 HP @ 7000 RPM dan Torsi sebesar 11.6 NM @ 7000 RPM namun kecepatan puncak tak serta merta dikebiri pula, terbukti untuk menggapai 130 KM/Jam masih gampang diraih apalagi berdasarkan hasil Diskusi dengan salah satu legenda hidup balap motor Indonesia jaman dulu dimana saya aja blom lahir dan kini jadi sesepuh dan Suhu/Master ahli 2 Tak om Yongi setiadi, Beliau ini Buka workshop/bengkel di jalan Lengkong kecil No. 44 bandung Jawa Barat. tak hanya 2 tak saja tapi segala merk motor boleh kesana. Selain itu Gigi Primer dan Sekunder seri Yamaha RD 125 LC tahun 85 ini lebih kecil dibandingkan dengan yang tahun 81, karna power main diputaran atas dan untuk mengatasi biar ndak melempem otomatis lubang exhaust transfernya lebih besar. Maka dari itu diperlukan sistem YPVS untuk mengatur bukaan Valve nya kalo ndak bisa melempem tenaganya di putaran bawah 🙂 Berikut ini Spesifikasi Yamaha RD 125 LC tahun 85-86 sobat bikerz :
Make Model |
Yamaha RD 125LC YPVS |
Year |
1985 – 86 |
Engine |
Two stroke, single cylinder |
Capacity |
123 cc / 7.5 cu-in |
Bore x Stroke | 56 х 50 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 6.4:1 |
Lubrication | Autolube |
Oil Capacity | 1.1 L |
Induction |
24mm Mikuni carburetors |
Ignition |
Hitachi CDI |
Starting | Kick |
Max Power |
12 hp / 12.2 PS @ 7500 rpm |
Max Torque |
11.6 Nm @ 7000 rpm |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
32mm Telescopic forks |
Rear Suspension |
Monocross linkage 6-way preload adjustment |
Front Brakes |
Single 245mm disc |
Rear Brakes |
130mm Drum |
Front Tyre |
2.75-18-4PR |
Rear Tyre |
3.00-18-6PR |
Dimensions | Length 1990 mm / 78.3 in Width 735 mm / 28.9 in Height 1190 mm / 46.8 in |
Wheelbase | 1295 mm / 50.9 in |
Seat Height | 775 mm / 30.5 in |
Ground Clearance | 185 mm / 7.2 in |
Dry Weight |
98 kg / 216 lbs |
Fuel Capacity |
13 Litres / 3.4 US gal |
Consumption Average |
64 mpg |
Standing ¼ Mile |
16.7 sec |
Top Speed |
81 mph / 130.3 km/h |
Naaah….. Untuk Yamaha RD 125 LC bermsein 2 Stroke ini ternyata di Indonesia ada pemiliknya lho, asli kalo Sultan mah jangan tanya dech, mantap banget dch. Tapi yang di Indonesia versi aslinya sudah menganut Disc Brake untuk menghentikan laju roda belakang dan itu merupakan bawaan asli motor bukan hasil modifikasi lho ya sobat bikerz. Bisa jadi terjadi beberapa perbedaan antara negara satu dengan yang lainnya, tergantung regulasi peraturan tiap negara tersebut. Bahkan Power dari sebuah sepeda motor pun bisa berbeda walaupun merk dan tipenya sama. okee….. sekian dulu ya 🙂 Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wasalamu’alaikum.

Wah nambah pengetahuan neh, maklum masih muda belum lahir saat itu 😁
halaaah….. mbah, ini memudakan umur aja hehehehehe……. 😀 😉
Loh memang masih muda, baru kepala 3, belum kepala 4 #eh 😂
untung saya baru kepala 2 mbah hahahahaha….. 😀
aaahhh……… si mbah mah kepala 5 skrg hayoo ngaku hehehehehe
Ternyata saya lupa kalau kepala saya cuma satu 😂
tuch kan bawaan umur hahahahaha
kena angin dikit lupa dech xixixixixixi….. 😀
Hahahahaaaaaaa
hahahahahaha….. 😀
jgn kbanyakan P*n*d*i mbah jd sering lupa hehehehehehe
Wah apa itu ? Hmmmm
obat sakit kepala mbah
waaah…. mbah ini sdh kronis penyakit lupa nya hehehehehehe…. 😀 😛
Lah huruf belakangnya i 😂
Itu L mbah bukan i hehehehehe….😁😁
Waaahh si mbah ini sdh saatnya minum obat hehehehehe
memang motor jadul itu sangar sangar sebelum negara regulasi menyerang …
cbr 250 rr buktinya… 4 silinder 20k rpm… ngiler
Kelas 125 sampe 250 di Beberapa negara eropa melakukan pembatasan power om
Makanya yg seri berikutnya jd cman 12HP😁
he eh… regulasi itu memang horror… biasanya pun cut power.. kayak moge untuk awalan .. hp nya di set ke regulasi 😅 walaupun itu motor power nya galak… dibikin jinak …
Nggih betul itu om
Soalnya mesin cman 125cc bobot ringan plus tenaga ganas bikin bergidig hehehehehe😁😁
oldiest tapi kok tetep ganteng…
Nggih om 😁😁
Indonesia ada sultan yg punya ternyata😊😊
Sama-sama 2 tak 125cc tapi overbore ya? gak seperti Touch yang kabarnya overstroke 🙂
nggih om