Assalamu’alaikum.
Haaaaaayyyyy………….. Sobat bikerz, kalo kmaren udah bahas Yamaha TZR 150 dan Yamaha VR 150 yang mana blok silindernya common part untuk menaikkan kapasitas isi silinder dari Yamaha Touch 125. Kini kita akan bahas tentang sang adik yang tak kalah fenomenal juga yaitu Yamaha TZR 125, dimana sepeda motor ini lahir dapat dikatakan sebagai rival dari Honda NSR 125. Berdasarkan sumber dari Yamaha Motor Co, Ltd., model Yamaha TZR125 keluaran tahun 1990 ini adalah untuk pasaran Eropah dan Asia Tenggara. Sama seperti model-model lain yang muncul pada era tersebut, Yamaha TZR 125 ini turut dilengkapi mesin 2 langkah satu silinder berkapasitas 125cc. Yamaha TZR125 diproduksi dari tahun 1987 dan membentang dua generasi sampai akhir 1992 masing-masing dengan sejumlah varian dan sub varian.Pada seri pertama Yamaha TZR 125 lampu masih berbentuk kotak, kemudian stang belom underyoke dan suspensi depan pun masih menggunakan Teleskopik. Dimana pada seri pertama memilik beberapa jumlah kode varian yaitu 2RH; 2RJ; 2RK; 2RL; 2RM; 2RN; 2TU; 2UT; 2VR; 3FN; 3PA; 3PB; 3PC; 3PD; 3PE; 3SY; 3TY. Ada pun spesifikasi Yamaha TZR 125 R seri pertama ini menggunakan mesin 2 Tak 124 CC memakai teknologi canggih YPVS, berpendingin cairan, dengan kompresi sebesar 5.9;1 dan ukuran Bore X stroke 56 X 50.0 mm disupport oleh karburator Mikuni VM26SS mampu memuntahkan daya sebesar 26 HP @ 10.200 RPM dan maksimum Torsi sebesar 1.8kgf-m @ 10.000 RPM. Pengereman depan menggunakan Disc brake sedangkan penghenti laju ban belakang masih mempercayakan Drum Brake alias rem Tromol, mampu meraih top speed 155 km/jam. Spesial untuk edisi perpisahannya di tahun 1993, Yamaha TZR125R juga dibekali dengan Livery Marlboro Red Rocket yang serupa dengan tunggangan Wayne Rainey di kejuaraan WorldGP 500cc. Pada Seri Yamaha TZR 125 R ini perangkat rem belakang sudah berganti jadi Disc brake. Berikut ini Spesifikasi dari Yamaha TZR 125 seri pertama sobat bikerz :
Tipe mesin | 2 Stroke, berpendingin air |
Diameter x Langkah | 56 x 50,7 |
Volume silinder | 124 cc |
Perbandingan kompresi | 5,9 : 1 |
Sistem pelumas | Pelumasan terpisah (Autolube Yamaha/YLCS) & YPVS |
Kopling | Manual, basah, multiplat |
Susunan silinder | satu |
Gigi transmisi | 6 Kecepatan |
Sistem starter | Elektrik |
Karburator | Mikuni VM26SS |
Sistem pengapian | CDI |
Busi | BR9ES/NGK, W2CC/BOSCH |
Rasio sproket | 47/18 (2,611) |
Rasio gearbox | 1. 34/42 (2,833) |
2. 29/16 (1,813) | |
3. 26/19 (1,368) | |
4. 24/21 (1,143) | |
5. 23/23 (1) | |
6. 22/24 (0,917) | |
SUSPENSI/RODA/REM | |
Suspensi depan | Telescopic fork 140mm wheel travel |
Suspensi belakang | Monocross 100mm wheel travel. |
Ukuran ban depan | 90/90-17 |
Ukuran ban belakang | 100/90-17 |
Rem depan | Cakram tunggal 320mm dengan 2 piston |
Rem belakang | Drum Brake/Tromol
namun seri pertama selanjut sudah menganut Cakram tunggal 210mm dengan 2 piston caliper |
CHASSIS | |
Berat kosong | 104 kg |
Panjang keseluruhan | 2025 mm |
Lebar keseluruhan | 740 mm |
Tinggi keseluruhan | 1110 mm |
Jarak sumbu roda | 1400 mm |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm |
Jarak tempat duduk | 790 mm |
Tipe rangka | aluminium twin spar |
PERFORMA | |
Daya maksimum | 26.hp @ 10200 rpm |
Torsi maksimum | 1.8 kg-m @ 10000 rpm |
Top speed | 155 Km/h |
Akselerasi 0-100 km/h | 7,0 detik |
SPESIFIKASI LAIN | |
Kapasitas tanki | 12 liter |
Tipe motor | 2-RH |
Tipe mesin | 2 langkah, berpendingin air |
Diameter x Langkah | 56 x 50,7 |
Volume silinder | 124 cc |
Perbandingan kompresi | 6,2 : 1 |
Sistem pelumas | Pelumasan terpisah (Autolube Yamaha/YLCS) & YPVS |
Kopling | Manual, basah, multiplat |
Susunan silinder | satu |
Gigi transmisi | 6 Kecepatan |
Sistem starter | Elektrik |
Karburator | Mikuni VM26SS |
Sistem pengapian | CDI |
Busi | BR9ES/NGK, W2CC/BOSCH |
Rasio sproket | 47/18 (2,611) |
Rasio gearbox | 1. 34/42 (2,833) |
2. 29/16 (1,813) | |
3. 26/19 (1,368) | |
4. 24/21 (1,143) | |
5. 23/23 (1) | |
6. 22/24 (0,917) | |
SUSPENSI/RODA/REM | |
Suspensi depan | 39mm upside-down forks, 120mm wheel travel |
Suspensi belakang | Monoshock adjustable preload |
Ukuran ban depan | 110/70-17 |
Ukuran ban belakang | 140/70-17 |
Rem depan | Cakram tunggal 320mm dengan 4 piston caliper |
Rem belakang | Cakram tunggal 210mm dengan 2 piston caliper |
CHASSIS | |
Berat kosong | 121 kg |
Panjang keseluruhan | 2025 mm |
Lebar keseluruhan | 740 mm |
Tinggi keseluruhan | 1110 mm |
Jarak sumbu roda | 1400 mm |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm |
Jarak tempat duduk | 790 mm |
Tipe rangka | aluminium twin spar |
PERFORMA | |
Daya maksimum | 30 HP @11.000 rpm |
Torsi maksimum | 24,05 kW
@10.300 rpm |
Top speed | 162,1 Km/h |
Akselerasi 0-100 km/h | 6,5 detik |
SPESIFIKASI LAIN | |
Kapasitas tanki | 15 liter |
Tipe Motor | 4DL-F8199-WO |
Baca Juga :
- Ulasan Ringkas Yamaha TZR 150 Yang Digemari Kawula Muda Negeri Thailand
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Generasi Yamaha Alfa Yang Digandrungi Kawula Muda Indonesia Tahun 90an
- Sejarah Suzuki Satria 120 Bebek Kencang Yang Jadi idola Remaja Awal Milenium
- Yamaha TZM 150 Sport Maskulin Yang Kini Makin Langka
- Yamaha RZR 135 Pionner Sport Fairing Yang Kini Makin Dicari Penghobi 2Tak
- Yamaha F1ZR Gacoan Para Pembalap Roadrace Era 90an Dan Tetap Jadi Idola Pecinta Bebek Kencang 2Tak
Tipe mesin | 2 Langkah Berpendingin cairan, Silinder Tunggal, Crankcase Reed Valve, “Gilardino” Nikasil Cylinder, |
Diameter x Langkah | 56 x 50,7 |
Volume silinder | 124 cc |
Perbandingan kompresi | 6,4 : 1 |
Sistem pelumas | Pelumasan terpisah (Autolube Yamaha/YLCS) & YPVS |
Kopling | Manual, basah, multiplat |
Susunan silinder | satu |
Gigi transmisi | 6 Kecepatan |
Sistem starter | Elektrik |
Karburator | VHSA 32 GS Dell’Orto |
Sistem pengapian | CDI |
Busi | BR9ES/NGK, W2CC/BOSCH |
Rasio sproket | 47/18 (2,611) |
Rasio gearbox | 1. 34/42 (2,833) |
2. 29/16 (1,813) | |
3. 26/19 (1,368) | |
4. 24/21 (1,143) | |
5. 23/23 (1) | |
6. 22/24 (0,917) | |
SUSPENSI/RODA/REM | |
Suspensi depan | 41mm Paioli Upside Down, Fully-Adjustable |
Suspensi belakang | Paioli Monoshock, Alumunium Banana Swingarm |
Ukuran ban depan | 110/70-17 |
Ukuran ban belakang | 140/70-17 |
Rem depan | Cakram Hidrolik, Floating 320mm Disc, Kaliper Brembo 2 Piston |
Rem belakang | Cakram Hidrolik, Disc 210mm, Kaliper Brembo 1 Piston |
CHASSIS | |
Berat kosong | 121 kg |
Panjang keseluruhan | 2025 mm |
Lebar keseluruhan | 740 mm |
Tinggi keseluruhan | 1110 mm |
Jarak sumbu roda | 1400 mm |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm |
Jarak tempat duduk | 790 mm |
Tipe rangka | aluminium twin spar |
PERFORMA | |
Daya maksimum | 33 HP @11.500 rpm |
Torsi maksimum | 20 N.m @ 11.000 RPM |
Top speed | 174 Km/h |
Akselerasi 0-100 km/h | 6,0 detik |
SPESIFIKASI LAIN | |
Kapasitas tanki | 15 liter |
Tipe motor | TZR125SP (4DL-00) |
Pertamaaaax,gan….
hahahahahahaha…… 😀
kalo gitu ane keduax pak Made 😀
😉
hehehehehe….. 😀
Cakep nih..
wuiiiih….. blogger kondyaang
sungkem suhu 😀