Assalamu’alaikum.
Haaaaaaaayyyy……….. Sobat bikerz, kalo sebelumnya udah ngebahas Yamaha VR 150 2 Stroke dari negeri Gajah putih sono sekarang giliran sodaranya yang pake jubah aka fairing yang akan kita bahas secara ringkas sobat bikerz. Yamaha TZR 150 2Tak dipasarkan khusus untuk regional ASEAN dan dirilis pertama kali pada tahun 1991 silam di Thailand yang kemudian terbagi dalam 2 generasi yaitu Yamaha TZR150 dan Yamaha TZR150R. Cukup susah juga nie nyari info tentang Yamaha TZR 150 2Langkah, karna search engine di mbah google lebih banyak ke index sang adik yaitu Yamaha TZM 150. Bila dilihat sekilas maka tampilannya mirip dengan Yamaha VR 150 dengan tambahan fairing, tapi apakah mesinnya juga sama???….. well, kita akan ulas yukz, sobat bikerz.
Dari sisi tampilan, Dapat diliat kalo desain Yamaha TZR150 2 langkah nggak berbeda jauh dari sosok saudaranya Yamaha TZR125 generasi pertama ataupun Yamaha TZR250 sobat bikerz yang identik dengan Fairing simpel, Dual headlamp bulet, serta Buritan yang landai dan bersahabat khas sepeda motor batangan era 80an. Tapi kalo orang Indonesia awam lihat sekilas dari samping malah mirip Yamaha RZR 135 yang dulu sempat beredar. Dibekali dengan frame ala motor trail jadul dengan konstruksi twin beam double cradle, plus velg spoke wheel alias velg jari-jari, dan minus cakram belakang pada edisi pertama dan di generasi kedua yang dirilis pada tahun 1993 hadirlah Yamaha TZR150R, sepeda motor 150cc 2tak Yamaha ini akhirnya disematkan Rear Disc Brake alias cakram belakang.
Baca Juga :
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Yamaha F1ZR Gacoan Para Pembalap Roadrace Era 90an Dan Tetap Jadi Idola Pecinta Bebek Kencang 2Tak
- Honda LS 125 Si Mungil Dengan Performa Garang
- Generasi Yamaha Alfa Yang Digandrungi Kawula Muda Indonesia Tahun 90an
Masuk ke sektor mesin, Yamaha TZR150 2Stroke menggunakan mesin yang bisa dikatakan sebagai pengembangan mesin Yamaha TZR125, dengan spesifikasi mesin 2Tak, 147cc, berpendingin cairan dengan ukuran Bore x Stroke 59.0 mm x 54.0 mm, kompresi 6.0:1, sektor pengabutan dipercayaka oleh karburator MIKUNI VM 26, tangki bahan bakar mampu menampung sebesar 85. liter, dan yang jelas Yamaha TZR 150 2 Langkah ini mampu memuntahkan day sebesar 32.7 HP @ 10.250 RPM dan maksimum torsi sebesar 21 N.m @ 9.250 RPM. Kalau memperhatikan dari konfigurasi mesinnya sih, akan nampak seperti versi Bore-up dari Yamaha TZR125 yang mana ukuran piston Yamaha TZR 125 adalah 54mm, sedangkan pada Yamaha TZR 150 ini ukuran piston menjadi 59mm. selain itu pada versi Yamaha TZR150R sudah dibekali dengan 2 teknologi yang terbilang sangat canggih dimasanya seperti hadirnya YLCS atau kepanjangan dari Yamaha Computerized Lubrication System dan YPVS alias Yamaha Powervalve System kedua perangkat canggih ini persis seperti yang bisa kita temui pada Yamaha TZR125. berikut ini spesifikasi dari Yamaha TZR 150 2Tak sobat bikerz :
Spesifikasi Yamaha TZR150
Manufaktur | Thai Yamaha Motor Co Ltd |
Model | TZR150 & TZR150R |
Tahun Pembuatan | 1991-1996 |
Mesin | 2-Stroke, Single-Cylinder, Liquid-Cooled, YCLS + YPVS, Crankcase Reed Valve |
Bore x Stroke | 59 x 54 mm |
Kapasitas Silinder | 147 cc |
Rasio Kompresi | 6.0 : 1 |
Sistem Penyuplai BBM | Mikuni VM26SS |
Transmisi | Manual, 6-Speed |
Sistem Starter | Kick Starter |
Max Power | 32,7 HP @ 10.250 RPM |
Max Torque | 21 N.m @ 9.250 RPM |
Power to Weight Ratio | 0.2702 HP/Kg |
Dimensi (PxLxT) | 1.960 x 700 x 1.130 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.325 mm |
Seat Height | 760 mm |
Ground Clearance | 150 mm |
Berat (Isi) | 121 Kg |
Frame | Steel Twin Beam Double-Cradle |
Suspensi Depan | Teleskopik Fork |
Suspensi Belakang | Monocross Monoshock |
Rem Depan | 267mm Floating Disc Brake, Kaliper 2-Piston |
Rem Belakang | Drum Brake (TZR150), 200mm Disc Brake, Kaliper 2-Piston (TZR150R) |
Ban Depan | 80/100 – 16 45S |
Ban Belakang | 90/90 – 18 51S |
Bahkan di masa sekarang ini, yang mana produk 2Tak sudah tidak dianggap lagi bagi sebagian orang karna sisa emisinya yang meninggalkan polusi. Namun buktinya masih ada sebagian lagi yang menggemari bahkan memburu sepeda motor 2 Langkah, entah untuk koleksi, bernostalgia, bahkan dicari karna sensasi kecepatan 2Tak single silinder tidak bisa didapatkan pada mesin 4Tak bersilinder tunggal. Sayangnya Produk Yamaha ini tidak masuk ke Indonesia ya??….. Tapi ndak tau juga kalo Indonesia wilayah perbatasan dengan negara-negara tetangga biasanya ada aja sepeda motor yang sejatinya tidak beredar di wilayah tertentu tapi di wilayah tersebut beredar dan resmi. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.