Assalamu’alaikum.

Haaaayy……… Sobat bikerz, kemaren udah bahas Yamaha Force one. setelah hadir Yamaha Force One, PT. YMKI mengeluarkan lagi bebek andalannya yaitu Yamaha Force one Z atau biasa disingkat F1Z. Pada tahun 1992 lahirlah Yamaha Force One dan pada tahun 1994 Yamaha Force one dipensiunkan dan digantikan dengan nama Yamaha F1Z. dari segi bentuk sih nggak banyak perubahan, yang bikin beda hanyalah penggunaan rem cakram alias disc brake sebagai piranti pengereman roda depan. F1Z masih bertahan dengan model yang ditawarkannya sampai dengan tahun 1996. Halnini didukung dengan beberapa variasi model spesial yang diluncurkan. Mulai dari behel yang dilengkapi lampu, serta penambahan krom dibeberapa komponennya. Generasi terakhir ini sudah mengadopsi transmisi “full clutch”. kalo dilihat-lihat seri Force One Z ini hanya peralihan sajakah??…. masa bakti terlalu singkat, namun menjadi tonggak sejarah bagi seri berikutnya yang merajai di arena roadrace kala itu.

Yamaha F1Z atau lebih sering disapa dengan sebutan “Posh One” atau dibaca “Poswan” oleh para pecintanya, merupakan cikal bakal lahirnya mesin dan transmisi Yamaha F1ZR, pada tahun 1997 inilah kemunculan atau waktu lahirnya generasi F1ZR yang sudah di bekali dengan “manual clutch” akan tetapi koplingnya masih semi otomatis pada waktu itu banyak orang bilang sebagai kopling banci, karena fungsinya tidak penuh layakanya kopling motor pada umumnya. Pada tahun 2000 yamaha YMKI berubah menjadi PT. YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) yang kemudian melakukan perombakan besar-besaran pada Yamaha F1ZR ini sobat bikerz. Kali ini velg sudah diberi enkei palang tiga. Selain itu, model terbaru ini sudah full cluth atau kopling manual bukan semi lagi. Slogan yang dipakai untuk Yamaha F1ZR adalah “Mantap Beraksi, Makin Berani”.

yamaha SS two versi negeri seberang

Sisi desain tampil lebih modern dengan di dukung oleh velg racing (palang) dan transmisi dengan tuas kopling yang sudah full manual atau kopling manual konvesnional. Tidak hanya desain yang menarik saat itu namun juga performa dan kehandalan serta ketangguhan Yamaha F1ZR membuatnya sering menjadi langganan juara di ajang balap nasional. Tercatat banyak juga pembalap indonesia terkenal yang pakai motor ini seperti Ahmad Jayadi, Harlan Fadhillah, bahkan hendriansyah pun pernah menunggangi motor tersebut dan kala itu terkenal dengan sebutan Dewa road race yang pada tahun 2000 bernaung di team Inter Biru CMS. Sayang sekali pada tahun 2004 motor ini harus di discontinue alias di stop produksinya dan di gantikan oleh Yamaha Vega dengan mesin 4 tak. Kemudian pada tahun 2015 Yamaha mencoba menghidupkan kembali nama force dengan nama Yamaha Vega Force. Sedangkan dinegeri sebrang lebih ngetop dengan nama Yamaha Sport SS 110, kalo nggak salah ada sebutan lain Yamaha SS Two (mohon koreksinya suhu semua), yang membedakan dengan produk lokal adalah model footstep boncenger.

Selain itu Yamaha cukup pintar hanya mengeluarkan beberapa versi special edition yang hanya dilepas setahun saja di tahun perilisannya dan tentunya unitnya pun sengaja bibuat secara terbatas saja, diantaranya F1ZR Daytona Edition di 97 namun tidak dijual bebas, kemudian ada F1ZR Millenium Edition di tahun 2000 dan ada pula Yamaha F1ZR Caltex Edition di tahun 2001, selanjutnya ada Yamaha F1ZR versi Marlboro di tahun 2003. Selain dari seri diatas sempat pula hadir Yamaha F1ZR Motorplus Edition di tahun 2001 yang merupakan Hadiah dari Motorplus di tahun tersebut, kalo nggak salah pemenangnya saat itu adalah Rahaji Santoso. Ada juga Yamaha Vega R versi motorplus sebagai hadiahnya selain Yamaha F1ZR versi motorplus, dijaman seperti itu sudah sangat bahagia sekali bisa dapat motor hadiah dengan livery yang orang lain tidak punya karna hanya satu-satunya di Indonesia. Kalo ada yang masih simpan bisa jadi harta karun tuch, mengingat versi tidak umum dan very very rarebike, kali aja pemilik F1ZR versi motorplus masih nyimpen dan kebetulan nongol dimari hehehehehehe……. 😆

Sedangkan utk sasisnya, motor Yamaha F1ZRr ini dirancang menggunakan jenis sasis pipa dengan suspensi depan yg digunakan adalah teleskopik. Sehingga para pengguna akan lebih merasa nyaman pada saat berkendara dengan sepeda motor yamaha F1ZR ini. Dan untuk sistem pengeremannya sendiri, motor yamaha yang satu ini telah dilengkapi dengan sistem rem cakram untuk pengereman roda depan. Sedangkan utk pengereman roda belakangnya masih menggunakan jenis rem tromol. Untuk berat dari motornya sendiri ialah berkisar antara 95 kg, sehingga motor yamaha FIZ R ini tergolong sangat ringan. Bahkan dpt melayang alias njengat-njengat pada saat digunakan pada kecepatan tinggi.

Keunggulan Motor Yamaha Fiz R
Kekurangan Motor Yamaha Fiz R
Desain body sudah sporty Bahan bakarnya sangat boros
Performa mesin sangat handal Biaya perawatan hariannya boros
Menggunakan velg racing Kerangkanya terlalu ringan

Untuk Versi Yamaha F1ZR Caltex Edition paling banyak menjadi buruan saat ini, menilik sejarahnya kenapa sih F1ZR Keluarkan Livery CALTEX… dan apa pula istimewanya?? Yamaha CALTEX Racing team itu dipimpin oleh beliau yang maestro balap Indonesia koh EDMOND CHO, kemudian ada tim balap Yamaha CALTEX tahun 2000 dimana pada waktu itu pembalapnya adalah Roy Adriyanto/Semarang & Ahmad Jayadi DKI.. jadi ini adalah tim balap tersohor di jamannya, tercata pula pembalap DKI Harlan Fadillah di tahun 2002 pernah menunggangi Yamaha F1ZR versi caltex ini, dibawah naungan team Caltex Yamaha Bio racing. Setahu dari yang saya baca kalo Yamaha F1ZR versi Caltex ini masih semi kopling alias bisa oper gigi tanpa tekan tuas kopling…… CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)

Sektor jantung pacu, berbekal mesin 2-stroke, silinder tunggal 110,4cc dengan ukuran Bore X Stroke 52,0 x 52,0 mm dan kompresi sebesar 7,1 : 1. Kemudian sisi pengabutan bahan bakar disokong oleh karburator VM 20 X 1 MIKUNI serta berat kosong hanya 95 kg, mampu memuntahkan daya kuda sebesar 11.8 hp@ 7500 rpm dan torsi sebesar 1,10 KGF.M@6500 rpm. Pantas saja Yamaha F1ZR ini menjadi andalan para pembalap roadrace yaang bahkan same sekarang pun masih menjadi idola balapan, dijamin nampol banget saat bejek gas tarikan spontan 2Tak bikin nagih lagi….lagi….lagi…dan….lagi hehehehehe….. 😆 dulu sempat nyobain motor tetangga sebelah rumah bawa ke jalan By Pass tengah malem bisa lari sampe 120km/h, saat itu rasanya ini motor kencang banget untuk ukuran bebek 2Tak standar rasanya mata sampe berair kena terpaan angin karna saking cepatnya nie motor. berikut ini spesifikasi lengkap dari Yamha F1ZR sobat bikerz :

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1.870 x 670 x 1.040 mm
Jarak Sumbu 1.190 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Berat Isi 95 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4.5 liter
Mesin
Tipe Mesin 2-stroke, silinder tunggal
Volume Silinder 110.4 cc
Daya Maksimal 11.8 dk / 7500 rpm
Torsi Maksimal 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar VM 20 X 1 MIKUNI
Gigi Transmisi Kopling manual, 4 speed
Rangka
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 2.50-17-4 PR
Ban Belakang 2.75-17-4 PR
Kelistrikan
Baterai GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Sistem Pengapian CDI

Setelah blusukan ke grup jual beli dan juga ke situs jual beli online tercatat Yamaha F1ZR ini rentang harganya masih berada diatas 4 jutaan sampe 8 juta untuk versi yang umum, sedangkan livery spceial edition tercatat diatas 8 juta rupiah harganya. Sungguh fantastis dan itu dalam kondisi yang sangat layak pake bahkan bisa dibilang like new, siap gaspoolll….. kalo kondisi bahan ya jelas bisa dibawah 4 jutaan harga second atau bekasnya sobat bikerz, cocock banget dirombak buat bahan balapan roadrace. Tapi ingat balapannya di sirkuit jangan di jalanan umum bisa mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lainnya juga ya. Bahkan lebih bagus lagi kalo bisa ikut balapan roadrace resmi nggak usah muluk-muluk ikut balpan pasar senggol aja sudah cukup sobat bikerz, selain bangga tentunya hobi bisa tersalurkan dengan benar.

Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemaari sobat bikerz dan suwun buat om suhu Anggi Josep untuk brosurnya yang sangat membantu sekali, semoga bermanfaat bagi sobat bikerz serta mohon maaf kalo masih banyak kekurangannya, maklum blog newbie masih butuh banyak bi,bingan bagi suhu-suhu yang mampir kemari eeiitzzz…….. satu lagi sobat bikerz jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements