Assalamu’alaikum.

Haaaayyy……… Sobat bikerz, keinget jaman masih kecil dulu sering liat motor bebek 2Tak mungil merk Yamaha nie sobat bikerz. setelah diingat-ingat ternyata Yamaha Alfa IIR nie sobat bikerz, kali ini pengen bahas Yamaha Alfa IIR sobat bikerz. Yamaha Alfa merupakan salah satu cikal bakal dari produksi bebek 2 tak milik Yamaha. Merupakan salah satu motor bebek 2 tak yang cukup populer kala itu, dan memiliki banyak peminat. Yamaha Alfa merupakan salah satu jenis motor bebek yang paling banyak digunakan di berbagai pelosok di Indonesia. Motor bebek yang boleh dikatakan saat itu paling merajai industri motor bebek di Indonesia kala itu. Yamaha Alfa muncul sekitar akhir dekade 80an atau sekitar tahun 1988 sobat bikerz. Untuk jenis sepeda motor Yamaha Alfa ini, terdapat beberapa varian seiring dengan perkembangannyapada masa itu. Seri Pertama adalah Yamaha Alfa, lalu Alfa II, lalu Alfa II R, Alfa II Z, dan ada pula Yamaha Alfa Champ yang lebih terkenal dengan nama Yamaha Champ, terakhir adalah Yamaha Sigma tahun 1997, namun yang muncul dengan bentuk yang jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Yamaha Alfa yang muncul kala itu, merupakan pelopor motor bebek Yamaha yang lebih modern. Juga pelopor motor plastik secara keseluruhan. Sobat bikerz nisa lihat pada sepeda  motor 102 cc ini telah menggunakan rangka pipa di dalam bodynya, kemudian ditutup dengan body plastik. Hal yang sama akhirnya menjadi standar motor bebek/cub baik Yamaha ataupun merk lainnya. Dalam masa edarnya saat itu tercatata Yamaha Alfa ini mengalami beberapa perubahan sobat bikerz :

Yamaha Alfa

  • Mesin 105 cc 2 tak, Air Scoop
  • Suspensi depan teleskopis berwarna silver
  • Suspensi belakang, swing arm silver dan shockbreaker bercover hitam-sillver.
  • Blok mesin berwarna Silver
  • Tulisan Alfa berupa Stripping berupa Simbol “α” dan tulisan Alfa
  • Stripping sederhana
  • Ada varian berbody merah
  • Sayap berwarna putih
  • Mika sein berwarna kuning
  • Rem tromol berwarna silver
  • Tutup rantai berwarna silver

Yamaha Alfa II

Serupa dengan Alfa seri pertama namun terdapat bebebrapa perbedaan

  • Shockbreaker ada yang bercover silver-silver.
  • Tulisan Alfa berupa Grafir atau timbul, berupa Simbol “α” dan angka romawi “II”
  • Mika sein berwarna gelap atau smoke

Yamaha Alfa II R

Ini adalah generasi yang paling banyak mengalami perubahan sobat bikerz, terutama dalam permainan warna dan striping yang makin atraktif. Mesin masih tetap 102cc

  • Blok mesin, fork, swing arm, teromol, tutup rantai dan sayap berwarna hitam.
  • shockbreaker belakang menampilkan pegas yang terbuka tanpa cover, ada pada varian Alfa II R generasi awal
  • Generasi awal muncul dengan stripping sederhana, tutup aki berwana merah, shock breaker belakang terlihat pernya dan berwana merah pula.
  • Generasi selanjutnya kembali menggunkan tutup aki berwarna hitam, shockbreaker belakang bercover, dengan stripping yang lebih bermacam-macam
  • Tulisan Alfa berupa stripping berupa Simbol “α” tulisan “Alfa” kecil dan angka romawi “II” serta huruf “R”
  • Mika sein berwarna gelap (smoke)

Yamaha Champ

Termaasuk dalam generasi Alfa karena menggunakan mesin yang sama, hanya modelnya ayam jago. Dikarenakn saat itu motor ini termasuk salah satu primadona selain, Suzuki Sprinter yang bertampang aym jago. Perbedaannya sebagai berikut

  • Body belakang sama
  • Tutup aki dan shockbreaker belakang berwarna merah, shockbreaker belakang juga menampilkan pegas yang terbuka tanpa cover, sama seperti Alfa II R generasi awal.
  • Garpu depan seperti motor sport
  • Rem depan cakram
  • Knalpot racing
  • Tutup rantai model separuh (tidak full)

Yamaha Alfa II Z

Sama persis dengan Yamaha Alfa II R terakhir, perbedaan ada di stripping dan menggunakan Knalpot Racing seperti milik Yamaha Champ.

Masuk ke sektor dapur pacu, berbekal mesin 102cc 2Tak 1 silinder dengan konstruksi bore x stroke 50 x 52mm mampu memuntahkan daya kuda sebesar 9,2PS (9HP) @7000RPM dan torsi sebesar 0.9kg-m@6000RPM, mampu berlari hingga 110km/h. penyuplai bahan bakar ke mesin dipercayakan pada karburator VM 16SC Mikuni, tangki bahan bakar sebesar 5liter dan yang jelas sudah menggunakan elektrik stater jadi nggak perlu cape ngengkol pake kaki, walaupun kicikstater masih tetap tersedia sebagai opsi apabila aki tekor plus transmisi 4 percepatan. Kemudian fitur-fiturnya sudah terbilang maju saat itu sebut saja, Yamaha Alfa sudah menggunakan metode pelumasan autolube, yaitu pencampuran otomatis antara bensin dan oli samping melalui pompa oli tersendiri, jadi gak perlu repot-repot bikin campuran bensin dan oli samping sendiri sobat bikerz. Kemudian ada yang namanya powerscoop adalah sebuah air scoop yang terletak di head silinder fungsinya untuk mengarahkan aliran udara ke mesin tentunya untuk membantu mempercepat pendinginan mesin biar ndak gampang overheat. Naaah…… satu lagi fitur unik pada Yamaha Alfa adalah, sein yang berbunyi “tit tit” kalo dinyalakan, sebenarnya cukup berguna lho, yaitu sebagai sinyal suara untuk pengendara lain, selain itu dijamin pengendara tidak akan lupa mematikan sein. Harusnya fitur ini kembali ada dimasa sekarang ini karna banyak banget emak-emak racing penguasa jalanan yang sein kiri tapi beloknya kanan. Berikut ini spesifikasi Yamaha Alfa series sobat bikerz :

Mesin

Mesin: Two Stroke / 2 Tak / 2 Langkah
Diameter x Langkah (Bore x Stroke): 50 x 52 mm
Kapasitas Mesin (Volume Silinder): 102,1 cc
Perbandingan Kompresi: Standar 7,0 : 1
Karburator: Standar Mikuni VM 16 (Venturi 16mm)
Pilot Jet: standar 17,5
Main Jet: standar 85
Gear Set: 14 – 37 (2,643)

KAPASITAS
Kapasitas Tangki : 5 L.
Kapasitas Oli samping : 1.0 L.

DIMENSI
P x L x T : 635 X 1,860 X 1,015 mm

Wheelbase : 1,190 mm
Jarak ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 740 mm
Berat Kosong : 82 kg
Suspensi Depan : Semi Telescopic
Suspensi Belakang : Dual Shock
Rem Depan : Disc Brake
Rem Belakang : Tromol
Ban Depan : 2.25-17-4PR
Ban Belakang : 2.50-17-4PR

kalo masih kurang saya sertakan juga tuch brosurnya sobat bikerz, brosur langka nie… dapetnya dari salah satu suhu 2Tak yang juga hobi koleksi brosur motor 2tak lawas siapa lagi kalo bukan om Anggi Josep hehehehehehe…… 😆 Untuk harga jualnya dimasa sekarang ini terbilang terjangkau nie sobat bikerz, saya cek di forum jual-beli maupun website yang menyediakan jual-beli motor ada pada kisaran 1.2juta sampe 7 jutaan bahkan kawan saya beberap minggu yang lalu meminang Yamaha Alfa hanya 950 ribuan surat lengkap hanya mati pajaknya aja. Bahkan sampe sekarang peminatnya pun masih sangat banyak dan ada grup nya juga bertebaran di sosial media. Ada beberapa part mesin yang bisa pake punya Yamha Force 1.contohnya kampas kopling, kopling ganda, pompa oli samping, teromol, setang seher, paking blok kanan & kiri, paking head silinder, reedvalve. Kelebihan motor ini ada pada desainnya yang sporty di masanya. Perawatan mesinnya tergolong mudah karena memakai mesin 2 tak yang sederhana. Konsumsi bensin dan oli sampingnya termasuk irit untuk kelas 2 tak. Sayangnya, penyakit motor ini seringkali terjadi pada baut kepala silinder yang sering kendur dan copot. Biasanya karena air scoop yang tidak maksimal ini membuat mesin gampang overheat kala diajak jalan jarak jauh yang mengakibatkan mesinnya sering mati. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sibat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements