Assalamu’alaikum.

Haayyy……. Sobat Bikerz, pabrikan Honda yang terkenal dengan 4 Tak nya ternyata juga memiliki varian 2tak dan salah satu varian yang sudah sangat terkenal adalah Honda NSR Series, walaupun kid jaman now ndak semuanya tau bahwa honda juga ada varian 2tak. Bahkan seri-seri yang nyeleneh pun juga ada lho sobat bikerz, contohnya motor 250cc di awal era tahun 90-an terutama 250cc 2tak, memang punya spesifikasi yang sangat menggiurkan ditambah power yang mampu membungkam motor dengan kubikasi lebih besar… Bahkan beberapa dari mereka diklaim mampu memuntahkan power lebih dari 40 HP, contohnya NSR250 MC series yang diklaim bisa mencapai 45hp itu pun sudah di restricted karna versi sebelumnya gosipnya bisa tembus 55hp untuk motor dengan kubikasi 250cc 2tak sungguh besar power yang dihasilkan.

Naaah…… Kali ini saya pengen sedikit ngebahas salah satu motor 2tak unik buatan Honda, yaitu Honda MVX250, motor ini hadir di tahun 1983 dan hanya setahun saja yang akhirnya diganti dengan Honda NSR250 series yang mulai muncul pada tahun 1984. kenapa dibilang unik karna mesin V series lazimnya V twin V4, V6 dan seterusnya bisa dibilang genap itungannya, beda dengan versi protoype tentu lain cerita untuk itu. Honda MVX250 merupakan motor V3 2tak yang sempat diproduksi Honda, namun sayangnya sangat singkat sekali penjualannya hanya setahun. Jika dilihat sekilas tampilannya mirip dengan Honda VF750F Interceptor yang sempat mengguncang jagad roda 2 pada saat itu Meskipun motor ini jadul alias motor tuwa bangka, tapi sudah dibekali frame double-cradle, velg Allumunium Casting dan sudah Dual-Disc Brake untuk perangkat ciet bagian depan. Kemudian discbrake depan motor ini ditutup oleh cover-disc, Honda sengaja ngumpetin cakram depannya, sekilas akan tampak seperti rem Tromol sobat bikerz, nama sistemnya disebut inboard ventilated disc. Plus dibekali ukuran velg yang benar-benar tak lazim ring 16inch untuk depan dan 18 inch untuk belakang.

sisi sektor mesin Motor 250cc ini dibekali mesin 2-Tak, Liquid-Cooled, berkonfigurasi V3 yaapzz……. Betul Sekali, mesinnya berkonfigurasi V3 dimana 2 silinder dibagian depan dan 1 silinder dibelakang, konfigurasi persis dengan Honda Ns400R. aera pengabutan udara menggunakan 3 Karburator Keihin TA01. Motor unik ini pernah saya lihat di salah satu postingan media sosial dalam kondisi teronggok dan butuh banyak restorasi….. untuk menstater Honda MVX250 bisa dengan dua cara yaitu kickstater dan elektrikstater lho sobat bikerz, NSR aja kudu diengkol dulu pake kaki baru nyala hehehehehe……

Awalnya hanya dipasarkan di Jepang (JDM alias Japan Domestic Market), serta sempat pula diekspor ke Selandia Baru dan beberapa Negara Asia lainnya sobat bikerz. Dari sisi tenaga yang dihasilkan Honda MVX250 ini diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga mencapai 45 HP dan torsi 31 N.m. Kemudian dengan bobot kosong yang hanya seberat 138 kg saja, tentu bisa menghasilkan sensasi yang menakjubkan bagi para pecinta speedfreak. DAri sedi desain bodi sengaja dibikin half naked tentu tujuannya untuk memamerkan mesinnya yang unik dan pastinya banayak bikin orang melirik takjub sobat bikerz. Bagi Saya pribadi sebagai enthusiast 2 stroke tentu pengen banget liat langsung nie motor, syukur…syukur boleh nyobain hehehehehehe….. oiyaaa….. spesifikasi untuk MVX250 sebagai berikut sobat bikerz:

Manufaktur : Honda Motor Company

Model : MVX250 F (Road-Bike)

Tahun Pembuatan : 1983

 

Engine : 2-Tak, Liquid-Cooled, 90º V-3 (3 Silinder), Crankcase Reed Valve

Bore x Stroke : 47 x 48 mm

Kapasitas Silinder : 249 cc

Sistem Penyuplai BBM : 3 x Karburator Keihin TA01

Rasio Kompresi :  8, 0  :  1

Starter : Elektrik & Kick Starter

Transmisi : 6-Speed Gearbox, Constant Mesh

Max Power : 45 HP @ 9.000 RPM

Max Torsi : 31 N.m @ 8.500 RPM

 

Frame : Steel Double-Cradle Frame

P x L x T : 2.010 x 735 x 1.155 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.370 mm

Berat Kosong : 138 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 17 Liter

 

Suspensi Depan : Air-Assisted Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Swing Arm, Monoshock with Pro-Link

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Disc 256 mm, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Tromol (Drum Brake)

Ban Depan : 100/90/16inch

Ban Belakang : 110/80/18inch

Kehadiran NSR Series membuat motor ini haru discontinue sangat singkat, karna secara market saat itu tentu nama NSR lebih menjual, apalagi NSR series diriset oleh team HRC langsung, tapi Honda MVX250 ini sangat layak jadi barang koleksi. lumayanlah….kalo masih ada yang punya dengan kondisi ciamik pasti bangga banget apalagi pas dibawa jalan-jalan sore keliling kota, bakal jadi artis jalanan. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.