imageAssalamu’alaikum.

alhamdulillah kemarin sabtu tanggal 6 mei 2017 masih bisa menghadiri undangan launching Honda CMX500Rebel. Bertempat di Deus Ex Machina Canggu-Bali sebagai tempat diadakannya launching. Acaranya berlangsung meriah dan dihadiri pula oleh kalangan klub-klub motor besar. Bertempat di Deus Ex Machina Canggu Utara, hari ini tanggal 6 Mei 2017 Astra Motor Bali dengan resmi melaunching line up terbaru di jajaran big bike yakni Honda CMX 500 alias Honda Rebel 500.
Saat peluncuran turut hadir komunitas big bike antara lain DK Rider, Super Riders Bali (SRB) HOAX, HOBI, MedDocs dan CBR250RR.

image

Honda CMX500 Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Millenium Red, Mat Armored Silver Metallic, dan Graphite Black. Model ini dipasarkan secara eksklusif di 10 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia dan dapat dimiliki sejak akhir Maret 2017. Target untuk Honda CMX500Rebel ini adalah sebesar 5 unit saja perbulan, namun Astra Motor Bali telah mencapai 8 unit sejak awal masuk di Indonesia. Pada kesempatan itu pula dilakukan penyerahan Jaket rider exlusive sebagai bentuk apresiasi kepada 8 konsumen pertama yang telah melakukan pemesanan Honda CMX500 Rebel yaitu : Indra Santana Boesono, I Gusti Ngurah Andri , Putu Witsen Widjaya, Drs I Made Suambara, Mitra Jaya Persada, Jhony dan Iswati Tri Rahayu dan di sematkan oleh management Astra Motor Bali.

Harga OTR di Bali Honda CMX500 Rebel di pasarkan dengan harga Rp.155.150.000. Dan unit akan terdistribusi pada akhir bulan Mei ini. Bagi konsumen yang ingin secara eksklusif melihat model ini, dapat mengunjungi showroom Big Wing Astra Motor Cokroaminoto, dan Big Bike Consultant akan membantu menjawab segala pertanyaan seputar motor ini. Arti dari CMX 500 ini adalah C merupakan singkatan dari Custom Kemudian M adalah Motorcycle dan X adalah generasi tahun 70an dan 500 adalah besaran cc dari motor ini, sedangkan arti Rebel merupakan bentuk perlawanan dari era motor-motor yang hadir pada jaman perang dahulu.

mesin yang diusung sepintas orang akan mengira sama seperti mesin bigbike Honda 500 series namun sebenarnya ada perbedaan signifikan dimana pastinya rasio gear dan mapping ECU, TMA dan TMB, serta final gear. Honda CMX500 Rebel ini beraliran Touring jadi torsi lebih diutamakan daripada topspeed. Tentu jeroan mesin sudah pasti berbeda dengan seri 500 yang disematkan pada mesin CBR 500, CB500X dan CB500. Selain itu pada mesin CMX500 Rebel ini telah disempurnakan diantaranya

Pin crankshaft dengan sudut 180 ° dan primary couple-balancer diletakkan di belakang silinder, dekat dengan pusat gravitasi motor. Gigi primer dan balancer menggunakan scissor gears, mengurangi noise. Poros Engkol penyeimbang secara khusus dibentuk untuk pasangan-keseimbangan yang ringan memungkinkan mesin berputar bebas dengan mengurangi inersia.

Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm.
Gesekan dapat diminimalkan dengan penambahan alur pada permukaan (lapisan akhir ini dapat meningkatkan luas permukaan, untuk memberikan celah dimana oli dapat mengalir untuk pelumasan yang lebih baik). Proses AB 1 salt bath, dilakukan setelah isonite nitriding, membentuk pelindung membran oksidasi.

Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.

image

di Bali sendiri yang memilih Honda CMX500 Rebel bukan pemain baru di dunia motor besar, mereka menginginkan suatu kendaraan yang out of the box atau bisa dikatakan anti mainstream, sehingga peluang inj pun tidak disia-siakan oleh AHM untuk menghadirkan Honda CMX500 Rebel mengaspal di jalanan Indonesia. Sudah barang tentu bukan suatu gambling, namun telah melalui survey yang panjang dimana kita ketahui bahwa konsumen di Indonesia ini unik beda dengan negara-negara lainnya.

terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Iklan