jump to navigation

Honda CB500X sensasi kebebasan menjelajah “feel the adventure.” Juni 13, 2016

Posted by balimotorider in honda, Motor.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum.
Sekedar lanjutan dari artikel sebelumnya, sekalian nunggu Adzan magrib berkumandang, bagi sobat bikers yang belum baca bisa mampir DISINI dan artikel kali ini adalah Honda CB500X varian 500cc dual cilynder memberikan sensasi kebebasan menjelajah dengan konsep “feel the adventure.” Tampilan baru dari Honda CB500X ini lebih terlihat bagai motor penjelajah segala medan berikut ulasannya sobat bikers

Honda CB500X mengusung mesin 500cc DOHC – menghasilkan power 35kW dan konsumsi BBM 26,8km/liter (mode WMTC) – menggunakan rangka baja diamond tube yang kokoh. Penyegaran pada tampilan Honda CB500X versi 2016 kini hadir dengan windscreen lebih panjang dan sentuhan fitur lampu LED pada headlight dan taillight.
Perubahan pada ukuran tangki bahan bakar lebih besar dan detail perubahan pada tutup tangki hinged fuel cap, jangkauan tuas rem yang kini dapat diatur, ubahan desain tempat duduk dan alur kunci kontak berdesain baru mampu menumbuhkan pengalaman berkendara yang berbeda. Kenyamanan berkendara pada model ini juga semakin baik dengan aplikasi tambahan adjustable spring preload pada bagian depan dan daya redam shock belakang yang lebih baik, serta peningkatan mekanisme perpindahan gigi yang semakin halus.
Honda CB500X menyuguhkan keseimbangan antara bentuk yang compact, ukuran yang mudah dikendalikan, dan kemampuan menginspirasi untuk penjelajahan yang nyaman. Pada tahap lanjutan ini, engineer Honda ingin meningkatkan sensasi kebebasan menjelajah dengan konsep “feel the adventure.”
Lampu LED pada headlight terlihat kecil tapi powerful. Garis tegas menyudut dimahkotai dengan lampu senja ganda dan sentuhan warna perak di bawah windscreen yang membuat tampilan CB500X mirip dengan big bike Honda dengan kapasitas mesin yang lebih besar seperti NC750X, VFR800X Crossrunner and VFR1200X Crosstourer. Dua tutup panel samping menyatukan desain belakang dan depan dengan aplikasi cat pada bagian atasnya. Cover mesin berwarna hitam menyempurnakan desain baru ini.
Memiliki ukuran lebih panjang 100mm dibandingkan dengan model sebelumnya, model windscreen baru mampu memberikan perlindungan lebih maksimal, terutama bagian atas tubuh pengendara. Saluran udara di posisi tengah mampu menyeimbangkan tekanan dan mengurangi turbulensi di sekitar helm. Windscreen memiliki dua pilihan ketinggian yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.
Kapasitas tangki BBM Honda CB500X versi 2016 yang bertambah menjadi 17,5 liter. Detail upgrade yang bermanfaat bagi pengendaranya antara lain berupa tutup tangki BBM berengsel dan 5-pilihan rentang tuas rem yang bisa disesuaikan. Alur kunci kontak bergelombang atau wave juga dibuat lebih halus sehingga memberikan rasa mewah saat digunakan, dan perangkat tempat duduk juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian belakang.
Tampilan baru dasbor dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar. HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak. Tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan dan pelat pengamanan disiapkan untuk mengamankan sisi bawah mesin dan pipa knalpot dari permukaan kasar dan berbatu. Sementara itu Honda CB500X ABS dipasarkan dengan pilihan warna Pearl Horizon White dan Millenium Red. CBR500X dilengkapi dengan mesin 8-valve parallel twin berpendingin cairan mampu menghasilkan keseimbangan sempurna untuk dimensi yang lebih padat dan performa yang fleksibel. Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.
Ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini. Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara. Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan bobot ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

image

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 35kW saat di putaran 8.500 rpm di torsi 43Nm pada putaran 7.000 rpm. Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head. Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan. Cam chain tanpa suara (SV Chain) dengan permukaan dari pins yang telah dilapisi dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu. Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.
Diameter piston berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR. Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi. Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal berproses). Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan beberapa jarak diameter piston sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan. Desain internal mengurangi kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian. Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli sesaat belokan tajam dan pengereman. Kapasitas oli adalah 3.2 liter.
Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan. Perubahan di 2016 shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat. Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah. CB500X memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan derajat batas yang memberikan hasil berlimpah atau umpan balik bagi pengendara saat perbedaan permukaan jalan. Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.
Jarak sumbu roda 1420mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/108mm menghasilkan kelincahan yang menghasilkan berkendara prima. Sentralisasi massa dengan mesin sangat dekat dengan titik pivot swingarm memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 196 kg.
Ketinggian jok 810mm, membuat CB500X sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi. Dimensi keseluruhan adalah 2098mm x 826mm x 1358mm dengan jarak terendah ke permukaan tanah 167mm. Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm (140mm swingarm) mengaplikasikan pengaturan tingkat redaman suspensi bersamaan dengan suspensi belakang Pro-Link yang telah menerapkan 5 langkah penyesuaian dan penyesuaian tingkat redaman menghadirkan fleksibilitas saat berkendara sesuai dengan beban motor. Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.
Velg terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan. Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17. Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal. Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.
Honda CB500X ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 155.000.000,-
Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikers semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia.
Waasalamu’alaikum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: