image

Assalamu’alaikum.
Hallooo….sobat bikers gimana liburan hari ini??. . . . Pada kemana aja nie??. . . Maaf baru sempat ngetik artikel maklum sedang ada kesibukan dikit hehehehehe. . . . ๐Ÿ˜€ Alhamdulilah BMR dapat pinjeman unit NSR 150 RR tahun 2000 milik Mas Indra. Proyek restorasi sudah sampe tahap 80% dan sudah layak jalan, untuk itu BMR diperkenankan untuk nyobain selama beberapa hari.

Naah…..pas banget hari Jumat sore kemaren BMR maen ke bengkel dan NSR 150 RR Astranya sudah bisa dibawa. Kemudian motor dianter ama rekan BMR Si Jhonie dari bengkel ke kost. Abis itu pulangin lagi orangnya ke bengkel karna motornya ada di bengkel, penasaran pengen nyoba performa sang legendaris.
Selepas sholat isya BMR puter-puter keliling kota, berhubung malamnya pas purnama jadi banyak muda-mudi yang pada sembahyang ke Pura jadi jalanan rame. Alhasil BMR cuman nyobain jalan normal sekalian ngecek tempraturnya masih normal atau tidak. Alhamdulilah hasil dari riding jumat malam motor oke tempratur normal, indikator bahan bakar hidup, dan speedometer serta RPM berfungsi normal.
Pengetesan berlanjut esok harinya selepas BMR pulang kerja, kena macet di jalan Soetomo karna ada proyek pelebaran kanal U atau Boulevard otomatis jalanan macet ditambah lagi sabtu kemarin Umat Hindu Bali sedang rame merayakan Hari Raya Saraswati. Diperjalanan motor mendadak dibawah jok rider mengeluarkan banyak air radiator, langsung BMR mlipir ke pinggir jalan buka jok dan ternyata tutup tabung radiator yang dibawah jok belum tertutup rapat.
Sesampainya di bengkel BMR nanya ke mekaniknya ternyata masih aman dan tidak ada masalah kelar ngobrol ngalor ngidul di bengkel BMR tancap gas ke daerah Sidakarya. Karna jalanan rame dan macet ya akhirnya berpegal ria dengan sang NSR ๐Ÿ˜€ ketika pas di jalan Sidakarya motor mendadak tempraturnya naek sampe diposisi H. Langsung BMR berhenti dipinggir jalan, awalnya BMR mengira mesin overheat setelah mesin adem diselah pakai stater kaki kok nggak nyala ya, klakson, sein juga nggak hidup alamaak!!!. . . . . Ada apa ini?? BMR nanya ke rekan-rekan DNC (Dewata NSR Club), beruntung banget banyak yang kasih pengarahan maklum BMR masih newbie maslah ginian ๐Ÿ™‚ sekalian BMR telepon pemilik motornya karna motor yang baru saja direstorasi ini kok malah mogok, BMR jadi nggak enak hati padahal dipake jalan normal bukan kebut-kebutan.
Beruntung banget rekan-rekan DNC perhatian banget kalo ada motor rekannya yang trouble malah pada sigap bantuin bahkan yang jauh-jauh dari Kuta pun sampe datang bantuin yaitu Bli Janna ama Bli Putu, padahal kalo kopdar susah banget rekan-rekan DNC diajak ngumpul, tapi tetep salut disaat darurat pada siap membantu.

image

Akhirnya motor dibongkar keroyokan termasuk mendatangkan mekanik mas Yuda yang datang bareng dengan Mas Indra dan setelah 2 jam lebih bongkar motor ketemu penyakitnya yaitu jebolnya salah satu fuse/sekring pada NSR tersebut, selain itu aki kering yang dibenamkan menggantikan aki basah bawaan asli NSR malah koit/mati. Ini yang lebih bahaya, pemilik NSR series harus bisa menjaga agar tegangan aki tetap stabil karna RC Valve otak dari NSR tersebut merupakan hal yang vital.
Aki mati BISA MERUSAK komponen elektronik NSR, jadi jangan sampe gara-gara aki mati chip, servo, cdi ikutan rusak. Karna komponen yang BMR sebutkan tadi kalo sampe rusak ya siap-siap merogoh kocek dalam-dalam untuk nebus partnya ya. . . . Syukur-syukur ada yang jual kondisi second layak pakai harga murah meriah. Begitu motor nyala langsung dibawa ke bengkel untuk diurut atau dipijet kabel kelistrikannya sekalian ngecek kali aja ada kabel yang terbuka. Maklum motor tua mogok itu wajar dan kalo dipikir-pikir kayaknya emang benar jargonnya rata-rata pemilik kendaraan klasik itu orangnya lebih sabar dan kreatif, selain itu ada kepuasan tersendiri apabila kendaraan yang dimiliki bisa berjalan dengan sangat layak. Oiya. . . Pas lagi bongkar NSR 150 RR ternyata ada juga rekan yang lain motornya mogok karna kehujanan pas mau disamperin, alhamdulilah NSR 150 SP nya mas Yudi Oz Radio sudah teratasi troublenya.
Terima kasih sobat bikers sudah meluangkan waktu mampir kemari, maaf telat seharian di bengkel, semoga bermanfaat.
Wasalamu’alaikum.

Iklan