jump to navigation

Jalan-jalan ke Goa gajah Oktober 17, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum.
Happy saturday sobat bikers, maaf blog kosong dikarenakan akhir-akhir ini BMR ada suatu kerjaan sambilan yang menuntut untuk agar bisa fokus pada kerjaan tersebut selian itu pekerjaan tersebut banyak menghabiskan waktu di jalan sehingga agak keteteran juga atur waktu. Alhamdulilah hari ini sempat untuk kembali mengisi blog pinggiran milik BMR sendiri.

Jalan-jalan di akhir pekan memang mengasyikkan, apalagi ke tempat-tempat wisata yang ada di kota kalian sobat bikers. Selain sebagai sarana pelepas penat bisa juga menambaha wawasan, kali ini BMR jalan-jalan ke Goa Gajah. Mendengar kata Goa Gajah pasti banyak yang berpikir sebuah Goa yang berukuran besar dan luas tempat tinggal gajah, padahal sebenarnya bukan lho. . . . . Goa Gajah sebenarnya berasal dari kata “Lwa Gajah”, dimana kata “Lwa” pernah ditemukan pada lontar Negarakertagama yang memiliki arti ‘sebuah sungai’. Jadi istilah Lwa Gajah ini bisa diartikan menjadi Pertapaan yang ada di tepi sungai.
Pada mulut Goa di Goa gajah ini, terdapat 2 buah patung di kiri dan di kanan bagaikan seorang penjaga Di tepian mulut goa terdapat ukiran patung kepala raksasa yang oleh masyarakat hindu bali menyebutnya dengan nama ‘Bomha’, sebuah ukiran relief yang wajib ada pada candi-candi di depan pura. Fungsinya tiada lain adalah untuk mensucikan pikiran bagi orang-orang yang ingi masuk ke pelataran sebuah Pura. Goa ini terletak di Desa Bedulu , Kecamatan Blahbatu , Kabupaten Gianyar , Bali . Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar.

image

UNESCO mencatat goa ini sebagai warisan dunia dalam daftar tentatif (menunggu kepastian) pada tanggal 19 Oktober 1995 dalam bidang kebudayaan.
Berdasarkan sejarah Penemuan Goa Gajah berawal dari laporan pejabat Hindia Belanda, bernama LC. Heyting pada tahun 1923 yang menemukan arca Ganesha, Trilingga serta arca Hariti kepada pemerintah Hindia Belanda. Hal tersebut di tindak lanjuti oleh Dr. WF. Stuterhiem untuk mengadakan penelitian lanjut pada tahun 1925. Pada tahun 1950 Dinas Purbakala RI melalui seksi-seksi bangunan purbakala di Bali yang dipimpin oleh J.L Krijgman melakukan penelitian dan penggalian pada tahun 1954 sampai tahun 1979 dan ditemukanlah tempat petirtaan kuno dengan 6 buah patung wanita dengan pancuran air di dada dan sampai sekarang keberadaanya bisa dipercaya bisa memberikan vibrasi penyucian aura bagi pengunjung.
Di kolam pemandian atau pentirtaan terdapat arca Widyadara dan Widyadhari. Arca Widyadhari pancuran ini terdapat enam buah. Tiga berjejer di bagian utara dan tiga di bagian selatan. Arca bidadari ini diletakkan di atas lapik teratai atau padma. Padma adalah simbol alam semesta stana Hyang Widhi. Sedangkan arca Widyadara berada di tengah keenam Widyadhari. Hal ini berdasarkan konsep Sapta Nadi yaitu tujuh sungai suci Gangga, Sindhu, Saraswati, Yamuna, Godawari, Serayu dan Narmada.

image

Kompleks Goa Gajah terdiri atas 2 bagian utama, yaitu kompleks bagian utara merupakan warisan ajaran Siwa, dengan bukti adanya Trilingga dan patung Ganesha di dalam goa, merupakan tempat umat Hindu melakukan persembahyangan. Komplek sebebelah selatan Goa Gajah yakni area Tukad Pangkung, berupa stupa Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha bersusun 13 stupa dan stupa bercabang 3 yang dipahat dibatu besar. Di bagian depan terdapat arca Hariti, arca Ganesha , arca Raksasa. Patung Ratu Brayut atau Hariti ( bahasa Avesta Harauhuti ) dipercaya sebagai tokoh yang memiliki karakter jahat namun setelah belajar agama Buddha ia berubah menjadi penyayang anak, sebagaimana yang terlihat dalam patung tersebut.

image

image

Goa ini dipahatkan pada batu padas keras yang menjorok keluar sejauh 5,75 meter dari dinding batu tersebut, berukuran tinggi 6,75 meter dan lebar 8,6 meter. Permukaan goa berhiaskan motif daun daunan, batu karang, raksaasa, kera, dan babi. Ditengah tengah relief tersebut terdapat relief mulut goa dengan ukuran lebar 1 meter dan tinggi 2 meter. Di ambang mulut goa terdapat pahatan muka raksasa yang menyeramkan dengan mata bulat besar melirik kearah kanan, rambut dan alis tampak kasar, hidung besar, bibir atas dengan sederetan gigi tepat berada diatas lubang goa. Pada dinding timur goa terdapat dua baris tulisan berbunyi ‘Kumon’ dan baris bawah ‘Sahy(w)angsa’ menilik bentuk hurufnya berasal dari abad ke-11.
Setelah memasuki goa terdapat lowongan bercabang dua, satu ke timur dan satu ke barat sehingga denah menyerupai huruf ‘t’. Lorong yang membentang dari timur-barat itu berukuran panjang 13.5 meter, lebar 2.75 meter dan tinggi 2 meter. Pada dinding utara dari lorong yang melintang kearah barat terdapat 7 buah ceruk, salah satu dari 7 buah ceruk itu berhadapan dengan jalan masuk goa dan merupakan ceruk yang terbesar dengan ukuran tinggi 1,26 meter, kedalaman 1,35 meter, terletak 0.7 meter dari permukaan tanah. Di dalamnya terdapat fragmen arca raksasa dan fragmen arca siwa. Pada kedua ujung lorong yang melintang ke arah timur-barat juga terdapat ceruk. Ceruk di ujung timur terdapat trilingga dan ceruk di ujung barat terdapat arca Ganesha.

image

Bagi sobat bikers perjalanan mencapai Goa Gajah tersebut tidaklah sulit mencari lokasinya karena berada pada jalur searah dari Denpasar – Tampaksiring – Danau Batur – Kintamani. Kalo BMR sich patokannya begitu masuk kota Gianyar nanti akan menemui persimpangan jalan, dimana bila belok ke kanan melewati jalan Baru yang langsung tembus ke kota sedangkan bila lurus setelah traffic lights melewati jalan lama menuju ke kota gianyar. Nanti lurus saja melewati jalan lama tersebut sekitar ± 2 km dari lampu merah tersebut ada jalan kecil belok ke kanan ke arah blahbatuh ikuti jalan tersebut maka akan sampai ke Goa Gajah. Bisa pula saat melintas di pertigaan patung bayi, sobat bikers ambil jalan yang lurus jangan belok ke kanan maka akan sampai juga ke arah Goa Gajah tersebut. Demikian sesikit informasi tang BMR Bisa berikan, mohon maaf bila ada kekurangan dan terima kaaih sudah mampir ke warung yang nggak jelas isinya ini, bahan artikel BMR dapatkan DISINI dan DISINI

Iklan

Komentar»

1. Mas Sayur - Oktober 17, 2015

Absen..,Pak Gojek… 😀

balimotorider - Oktober 17, 2015

Monggo silahkan 🙂

2. macantua.com - Oktober 17, 2015
balimotorider - Oktober 17, 2015

Yach…..udh ane info katanya gak bisa xixixixixixi…….. 😆

macantua.com - Oktober 17, 2015
balimotorider - Oktober 17, 2015

Tuch……pantes aja diajakin gak dtg ternyata nonton final piala presiden

macantua.com - Oktober 17, 2015

Wkwkwkwkwkkwwwkwk

balimotorider - Oktober 17, 2015

Ngoahahahahahahaha………

SuRyA - Oktober 18, 2015

macantua ni posisi di bali ya bro??

macantua.com - Oktober 18, 2015

Ora pak de… saya di Bandung. Pengen ksana tapi blm ada kesempatan #hiks

SuRyA - Oktober 18, 2015

hehehee.. kirain di bali mas.. ke bali enaknya jgn pas peak season biar puas nikmatin bali tanpa harus berdesakan hehehehe

macantua.com - Oktober 18, 2015

Sayangnya mungkin saya hanya bisa main ke sana saat peak season pak de…

SuRyA - Oktober 18, 2015

jiahhh…. hahahahha.. ya mau gimana lagi klo gitu mas.. klo ke bali ditunggu kabarnya mas..

macantua.com - Oktober 18, 2015

Nanti dkabari. Nabung dulu sama cr waktu yg pas buat ksana…. soalnya hrs bawa nyonya juga hahhahaha

SuRyA - Oktober 18, 2015

siapppp mas.. btw salam kenal mas. saya dengan surya.

macantua.com - Oktober 18, 2015

Salam kenal kembali pak de… saya siap yah? Aku siapa? Aku siapa? Hahahahhaa…. ada kontaknya semua di blog kok pak de…. biar bisa lbh akrab…. seperti saya dengan papih jona xixixixixixi

SuRyA - Oktober 18, 2015

siapp mas raza…

macantua.com - Oktober 18, 2015

Laksanakan pak de surya….

balimotorider - Oktober 18, 2015

Iiiihhh……mlh disebar dimari
Wakaakakaakakakakak…… 😆

macantua.com - Oktober 18, 2015

Promosi hahahha

balimotorider - Oktober 18, 2015

Ngoahahahahahaha…….. 😆
Kurang bnyk atuh promosi na 🙂

balimotorider - Oktober 18, 2015

Bos Hino mah jalan-jalannya ke thailand ama nonton motogp di sepang xixixixixi……. 😀

macantua.com - Oktober 18, 2015

Asem. Itu mah gratis semua… klo ke bali harus pake biaya pribadi #hiks

balimotorider - Oktober 18, 2015

Bos hino mah bukan masalah duitnya yg jd masalah mah waktunya 😀

macantua.com - Oktober 18, 2015

Sial…. gw mah rahayat biasa… sanes boss hiks

balimotorider - Oktober 18, 2015

Tuch……. kan mulai down to earth xixixixixi…:D
Kapan nie mau kamari??

macantua.com - Oktober 18, 2015

Dikondisikan dulu dana dan waktunya papih jona…

http://macantua.com/2015/10/18/headlamp-dan-aturan-hukumnya/

balimotorider - Oktober 18, 2015

Oke….ditunggu kedatangannya
Dari bujang ampe udh punya bini, planingnya blm bisa terealisasi 😀

macantua.com - Oktober 18, 2015

Maklum.kroco mumet, jd ga bisa seenaknya kabir dr kantor

balimotorider - Oktober 18, 2015

Aaahh…..klo om Wan yg ngomong saya percaya
Lain hal kalo juragan HINO

macantua.com - Oktober 18, 2015

Halahhhh

balimotorider - Oktober 18, 2015

Hahahahaha…… 😆

balimotorider - Oktober 18, 2015

Bukan Bli…..
Itu juragan pabrik
Hino

SuRyA - Oktober 18, 2015

Owalahh.. itu dah tadi tak kira posisi di bali juga.

balimotorider - Oktober 18, 2015

Hehehehehehe……. 😀
Kalo Bli butuh sparepart bus/ truk Hino maka om macantua adl org yg tepat

SuRyA - Oktober 18, 2015

siaaappp.. btw udah beli camilan blm utk race hari ini?? hehehehe

balimotorider - Oktober 18, 2015

Klo itu tentu sdh Bli, cukup kacang ama kopi hehehhehe

SuRyA - Oktober 18, 2015

ayo siap2.. moto2 dah selesai. bentar lagi ni..

balimotorider - Oktober 18, 2015

Iya…..skrg mlh udh selsai semua Bli

3. Azis Karim - Oktober 17, 2015

Mantep tempatnya Mas……Gojeknya lancar nih 🙂

balimotorider - Oktober 17, 2015

Hehehehehe….. 😀
Alhamdulilah lancar
Gmn udh dpt nsr nya??

4. ekoandriyan - Oktober 17, 2015

ini tuh yg ga jauh2 amat dari jalan yg kawasan rute pesisir bukan?
jadi inget turing sama papa skitar 98-99, dulu pake vespa super, skalian balik nama ke samsat klungkung,
maih jarang biro jasa,
dan itu skalian hadiah berhubung ane juara kelas,
perginya sampe 2 kali, yg kali kedua trus mampir pasar gianyar
:v

balimotorider - Oktober 18, 2015

Bukan di pesisir, ini di jalur lama yg menuju ke arah kota gianyar, klo dari denpasar melewati pasar seni sukawati. Bisa juga lewat patung bayi lurus ke arah ubud

5. ekoandriyan - Oktober 17, 2015

goa lawah beda lagi kah?

balimotorider - Oktober 18, 2015

Beda dong…….. 🙂
Kalo goa lawah memang dihuni kelelawar dan saya blm sempat kesana lagi

6. Azis Karim - Oktober 17, 2015

Belum Mas, mungkin belum jodoh 😀

balimotorider - Oktober 18, 2015

Nie saya ada nsr 150 rr astra lampu bulet mau saya jual, minat???? 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: