image

Assalamu’alaikum.
Melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini BMR sudah berada di Kota Jember, kota yang berada di bagian selatan Jawa Timur ini ternyata menawarkan banyak keindahan wisata yang tentunya tak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya. Hanya diperlukan penanganan yang tepat agar makin tereksplore keindahan yang ada di Jember, tentunya sarana dan prasarana penunjang juga harus mengalami pembaharuan.
selama beberapa hari di Jember BMR merasa masih banyak tempat yang belum dikunjungi, karna disibukkan pula oleh beberapa kegiatan lainnya. Alhasil BMR hanya sempat mengunjungi pantai Payangan dan juga menikmati eksotisnya kota Jember di waktu malam hari dari Rembangan serta jalan-jalan ke alun-alun kota.

image

Pertama yang sempat BMR kunjungi adalah pantai Payangan, pantai berpasir hitam seperti pantai Watu ulo yang lokasinya berada di kecamatan Ambulu Jember. Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap. Pantai Payangan ini cukup unik. Terdapat 3 buah bukit dan sebuah pulau yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi semakin cantik dan indah.
Patokan jalan untuk menuju pantai ini ialah pada pertigaan terakhir sebelum masuk ke Watu Ulo sobat bikers ambil jalan yang arah lurus saja dan terus ikuti jalan itu sampai di Pantai Payangan. Sayangnya akses jalan masih perlu perhatian dari pemerintah setempat, dimana jalan yang dilalui banyak yang rusak, berdebu kalo bawa motor trial mah ngga masalah tinggal libas aja. BMR pake bebek supri ya jadinya ajrut-ajrutan dech. Apalagi saat musim liburan makin semrawut padahal ini jalan pedesaan.
Pemerintah dan kelompok masyarakat setempat perlu sedini mungkin memikirkan tentang pengelolaan lokasi wisata yang baik.

image

Pembangunan sarana prasarana seperti ditambahnya tempat sampah, pengelompokan warung-warung penjual makanan penataan yang baik agar tidak terkesan kumuh, serta penyuluhan kepada masyarakat terutama mengenai tata cara pembagian lahan parkir mungkin bisa disegerakan. Mengingat hal-hal sedikit saja yang membuat pengunjung tidak nyaman bisa menurunkan antusias mereka untuk kembali ke sebuah lokasi wisata.

image

Sayangnya saat BMR kesana bukit sabana yang biasanya terlihat indah sedang kering diterpa musim kemarau padahal pemandangan paling asiek ya dari atas bukit gunung Sembojo sobat bikers dapat menikmati keindahan pantai payangan secara utuh.
Sobat bikers disana tidak perlu bingung bila mencari makanan karna banyak pedagang yang menjajakan makanan maupun minuman ringan, bahkan saking banyaknya terutama musim libur lebaran jadi penuh sesak dan terkesan kumuh. Kata kawan-kawan “nek rioyoan ngene iki wong sing dagang karo sing plesiran tumpek blek ndek kini koyok iwak”. Selepas Ashar BMR  beserta beberapa rekan yang ikut ke pantai Payangan akhirnya kembali balik ke rumah, oiyaa…..mengunjungi pantai Payangan ini sobat bikers cukup merogoh kocek 5 ribu rupiah untuk biaya parkir sepeda motor.
Oke sobat bikers terima kasih sudah menyempatkan mampir ke warung yang nggak jelas isinya ini semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum.

Iklan