image

Assalamu’alaikum.
Setelah sebelumnya BMR diajakin kopdar dengan rekan-rekan bligger senior di Malang, kemudian udah nyamperin mas Tommy salah satu mekanik handal yang menangani problem NSR artikel ada DISINI. Kali ini perjalanan berlanjut ke Kota Jember, masih dalam rangka turing silaturahmi perjalanan berlanjut dari kota Malang via jalur Utara menuju Jember. Yupzzz…..kenapa BMR milih jalur Utara karna ingin tau rute tempuh jauh mana jalur utara dengan jalur selatan. Selain itu untuk pembekalan diri apabila suatu hari nanti akan kembali ke Malang BMR setidaknya ingat jalurnya.
Sebelum berangkat BMR liat di peta kok jalur Utara jarak tempuhnya lebih pendek dibanding jalur selatan, dimanaย  via jalur selatan sudah pernah BMR bahas DISINI. Berbekal rasa penasaran dan ingin sesuatu yang beda maka BMR tempuh jalur Utara atau biasa disebut jalur Pantura. Start dari Malang melewati Lawang kemudian Purwodadi (jawa timur) lanjut purwosari sampe dipercabangan jalan arus lalu lintas mulai padat merayap, maklum musim libur lebaran BMR ambil yang lurus arah Pasuruan. Baru masuk Pohjentrek-Pasuruan adzan sholat jumat telah berkumandang, sebagai orang Muslim BMR tentu mampir ke Masjid untuk menunaikan sholat Jumat sembari istirahat sejenak, alhamdulilah selama Turing Silaturahmi ini BMR selalu sempatkan untuk sholat tepat waktu bahkan tidak menjamak atau mengghasar sholat. Karna BMR berpikir berjalan menunggangi jaran wesi alias sepeda motor selama 3-4 jam tentunya butuh istirahat sejenak dan waktu tersebut pas dengan jam nya sholat jadi buat apa menjamak atau mengQhasar sholat toh tidak diburu waktu ataupun Hal lain. Maaf bukan bermaksud sombong, bila ada yang menjamak atau mengQhasar sholat tentunya mereka ada pertimbangan tersendiri toh dalam agama tidak melarang, bahkan memberikan kemudahan bagi umatnya.
Lanjut selepas jumatan BMR leyeh-leyeh ampe lupa waktu alhasil molor dan ingat perjalanan masih jauh hehehehehehe….. ๐Ÿ˜† gas lagi sob!!! Sebelumnya sempat nanya ke salah seorang yang ada di masjid agar tidak sampe masuk muter-muter ke dalam kota istilahnya potong kompas biar cepat, setelah diberikan arahan perjalanan melewati Nguling kemudian Tongas berhenti sejenak di Indomaret karna kehausan butuh Air dan sekotak biskuit untuk mengganjal perut, disitu BMR sempat tanya juga jalurnya kemana bila ingin kearah kademangan, klakah atau Lumajang.
Lanjut sob!!! Ternyata sebelum masuk Kota Probolinggo tepatnya pertigaan yang ada pos Polisi dan sebuah tugu sebagai tanda ada Tulisan dari Papan dadakan Lumajang kearah kanan yo wes….belok wae toh si supri tangki masih full pertamax dan ternyata selama turing pake pertamax jauh lebih terasa iritnya dibanding premium itu pun kecepatan tertinggi si supri paling tinggi 90kpj walaupun bisa lebih lagi, tapi lebih baik utamakan keselamatan daripada ngebut di jalan cuman buat pamer ke teman-teman kalo bisa nempuh waktu lebih cepat dari yang lain, toh si supri motor tua ๐Ÿ™‚
Ternyata jalur yang BMR lalui termasuk sepi jadi ashar sudah sampe di Klakah dan mampir lagi ke jembatan Timbang yang disulap jadi rest area selama lebaran, ternyata BMR ketemu lagi dengan pemuda yang kemaren kasih arahan ketika BMR ingin ke Malang via Dampit. Ternyata di rest area jembatan Timbang ini isi buku tamu dengan nama, asal pengendara kemudian tujuan setelah itu ambil kupon lumayan dapat makan mie ama minuman gratis Alhamdulilah rejeki anak sholeh ๐Ÿ˜†

image

image

Sembari nunggu ternyata si pemuda yang tempo hari ketemu sedang bertugas menyiapkan makanan bagi pemudik yang ingin menukar kupon makan. Dasarnya abis lebaran slepan anyar jadi ngeliat makan segini kok kurang, liat dagang cilok jadi pengen beli. Sempat pula berpikir harga normal yang diberikan atau harga nembak nie??? Pernah kejadian beberapa kali di Cirebon pas makan kena harga ditembak ama yang jualan. Ternyata TIDAK sobat bikers harga masih wajar untuk lokalan daerah tersebut, bahkan dari obrolan sejenak dengan bapak penjual cilok ternyata sudah banyak merantau ke berbagai pulau di Indonesia dan berbagau profesi sudah pernah dilakoni tentunya pekerjaan yang halal.

image

image

Oiya……sobat bikers di rest area ini pun disediakan meja bahkan kalo yang doyan karaoke disediakan juga lho. Bahkan di daerah Pantura ada yang diisi dengan hiburan orkes dangdutan, bahkan saat akan melanjutkan perjalanan BMR ditanya dengan salah seorang Petinggi Dinas Perhubungan setempat karna mengetahui kendaraan BMR paling jauh dari Bali bisa nyasar sampe Klakah tentunya bikin penasaran hahahahaha……. ๐Ÿ˜† setelah BMR jelaskan, maka pamit melanjurkan perjalanan.

image

Pas magrib nyampe juga di Jember dengan selamat dan BMR lupa karna pake helm KBC Euro Pinlock otomatis buka kaca helm agar tidak terlewat tempat bertemu dengan kawan di Jember, alhasil mata banyak kemasukan abu dari gunung Raung yang ternyata pas BMR ksana sedang kencang bertiup debunya. Untung buru-buru BMR tutup kaca sembari mlipir dipinggiran jalan. Akhirnya bertemu juga dengan kawan yang sudah menanti sedari tadi, tempat yang BMR tuju bila dari arah Lumajang pas pertigaan rowo tantu belok kanan ambil arah Puger.
Oke sobat bikers trima kasih sudah meluangkan waktu mampir ke warung yang nggak jelas isinya ini, sekedar bacaan dikala senggang, semoga menghibur.
Wassalamu’alaikum.

Iklan