jump to navigation

Pengalaman ngurus sendiri ganti kepemilikan BPKB di kantor SAMSAT April 15, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum
SAMSAT atau kepanjangan dari Satuan Manunggal Satu Atap, pastinya sobat bikers kalo mau perpanjang STNK atau Balik Nama Kendaraan bermotor tujuannya ksana. Bisa jadi beberapa dari sobat bikers yang karna saking sibuknya memberikan tugas tersebut kepada biro jasa ya istilahnya terima beres aja toh sibuk dengan kerjaan atau hal lain yang sama pentingnya. Kalo itu terserah sobat bikers mau pake biro jasa mau datang langsung urus sendiri toh yang ingin BMR share atau bagikan adalah pengalaman mengurus sendiri Balik Nama Kendaraan adik BMR.

image

Kebetulan saat balik nama sekalian sama ganti plat nopol soale wes expired lagipula biar nggak dua kali kerja. BMR pergi ke kantor SAMSAT jam setengah 8 pagi sudah di lokasi, jujur tiap daerah pasti punya penanganan tersendiri dalam prosesnya ada yang simple atau mudah dan adapula yang ribet. Sebenarnya tahun 2013 saat itu masih sebagai silent reader di blog-blog kondang. BMR sengaja datang pagi niat hati biar cepat selesai tapi apa daya baru selesai sampe jam 4 sore, untungnya di tempat kerja sudah mengajukan libur atau minta cuti sehari sebagai antisipasi. Lhaa…..butuh extra effort ternyata untuk urus bea balik nama kendaraan bermotor, pantes aja pada banyak yang memberikannya ke biro jasa.
Langkah awal yang BMR lakukan adalah mempersiapkan berkasnya yaitu membawa BPKB asli, STNK asli plus kopiannya, KTP adik BMR, surat kuasa (bisa dibeli di kantin SAMSAT), kwitansi plus materai. Kemudian langkah selanjutnya BMR ke tempat gosok nomor rangkaย  dan nomor mesin letaknya berada dekat pintu masuk kantor SAMSAT. Beres urus gosok menggosok lanjut ke ke dalam untuk menyerahkan berkasnya pertama kasih ke loket 1 untuk cabut berkas yang lama setelah itu bayar di bank BRI (kalo nggak salah ingat) yang ada di lokasi SAMSAT sebesar 80 ribu rupiah, kemudian masukkan bukti pembayaran cabut berkas tadi ke loket selanjutnya untuk pengajuan berkas baru setelah itu bayar lagi ke BRI sebesar 80 ribu untuk pengajuan berkas. Lalu setor ke loket selanjutnya untuk di proses, dikarenakan rame jadi harus extra sabar menunggu ya sobat bikers. Begitu dipanggil diberikan semacam kertas yang nantinya dipergunakan untuk menukar ke loket yang ada diluar dekat pencetakan plat nopol untuk mendapatkan STNK baru. Setor. Taruh buktinya di loket tersebut setelah dipanggil BMR pada saat itu hanya mensapatkab lembar pajaknya aja dikarenakan sedang terjadi kekosongan bahan pada saat itu lagipula dibalik kertas tersebut ada stempel kapan bisa diambil lembar satunya lagi.

image

Selain itu BMR juga belum mendapatkan BPKB yang baru jadi harus menunggu sekitar 8 bulanan pada saat itu, hanya mendapatkan selembar kertas yang berisi kapan bisa diambil BPKB yang sudah dibalik nama dibubuhi stempel plus tanda tangan petugas SAMSAT. Penantian berikutnya yang lama adalah menunggu plat nopol selesai, maklum saja yang antri juga bejibun untungnya di dalam ada kantin dan ada juga pedagang bakso, tipat tahu, mie ayam yang diperbolehkan jualan. Sampe BMR tinggal makan, keluar bentar sholat ternyata belum kelar nggak masalah sich toh sudah ijin saat itu. Akhirnya dapat juga plat nopolnya setelah penantian panjang hehehehehehehe……. ๐Ÿ˜†
Saat urus Balik Nama kendaraan bermotor sebenarnya banyak mendapatkan kemudahan seperti contohnya KTP pemilik awal tidal wajib melampirkan kemudian kwitansi bukti jual-beli merupakan hal yang wajib akan tetapi setelah menjelaskan kepada pegawai SAMSAT karna si Supri dibeli secara kredit di dealer motor bekas, maka tetap wajib melampirkan tapi tenang aja bisa diatur hehehehehehe……. ๐Ÿ˜†
Ya…..pas tahun 2013 kemaren kan masih santer kelangkaan bahan mulai plat nopol sampe pengadaan kertasnya jadi ya wajarlah kalo saat itu masih banyak yang tertunda.
Oke sobat bikers trima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, kalo liat ruwet dan lamanya birokrasi pantas saja banyak yang memberikan kepada agen biro jasa untuk ngurus ke SAMSAT semoga kedepannya lebih dipermudah lagi agar praktek percaloan bisa hilang dan warga yang ingin mengurus surat-menyurat kendaraannya. Hanya sekedar opini yang membangun bukan bermaksud menjatuhkan.
Wassalamu’alaikum

Iklan

Komentar»

1. Azis Karim - April 15, 2015

Ribet ternyata, seharian lagi nunggunya

balimotorider - April 15, 2015

Ho’oh banyak yang ngantri selain itu di SAMSAT nya bnyk Calo klo di kantor SAMSAT pembantu malah gak ada calo

2. warungasep - April 15, 2015

kalo saya sih karena calonya dh kenal jadi sama aja hihi murah gitu plus cepat tingal telepon ntar dianterin kerumah hihihi

http://warungasep.net/2015/04/15/ketika-motor-terkentjang-di-dunia-dibuat-versi-ayago-concept/

balimotorider - April 15, 2015

Yo enak klo udh kenal apalagi sodara sendiri
Lhaa….dimari pukul rata klo balik nama pake biro jasa/calo mlh njengat bayarnya

3. remisetiawan - April 15, 2015

wah ribet bgt kelihatannya, kebetulan mau balik nama + mutasi juga nih…

balimotorider - April 15, 2015

waaah……klo itu mending langsung ke kantor samsatnya aja om nanya disana apa aja dokument yg harus dilengkapi kemudian kemana aja loket penyerahan berkas dll
biasanya kan ada bagian informasi di kantor samsat selain itu kebijakan tiap daerah beda-beda ada yg cpt gak pake ribet dan ada juga yg msh ribet seperti yg saya alami

4. macantua.com - April 15, 2015
balimotorider - April 15, 2015

Gak om maung sengaja biar tau gmn prosesnya sekaligus melihat seberapa besar kenyataan di lapangan serta sistemnya. Klo pake calo/biro jasa kan gak tau real nya

macantua.com - April 15, 2015

Mantap.

Kapan ya bisa bgtu. Kudu cuti kyanya hanaahhha

balimotorider - April 15, 2015

Ya kan lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya
Siapa tau aja di tmpt om maung mlh lbh mudah utk urus bea balik nama dan bayar pajak STNK. Tiap tmpt biasanya punya sistem yg berbeda-beda om dan kebetulan tmpt saya birokrasinya masih njlimet ditambah lagi bnyk calo yg berkeliaran, selain itu tmpt juga kurang diperluas lagi agar lbh nyaman

5. Kluban.net - April 15, 2015

BPKB di tempatku 1 tahun nunggunya

balimotorider - April 15, 2015

Waaah……sampe skrg msh gitu om?…..
Dimari 8 bulanan nunggu BPKB asli jadi

6. st3v4nt - April 16, 2015

Kalau cuma ganti alamat dan pemilik sama mesti pake cek fisik juga gak?

balimotorider - April 16, 2015

Klo disini tetep aja harus cek fisik gak tau klo daerah lain mas bro

7. Mase - April 16, 2015

ribet memang…jadinya memakan waktu lama

balimotorider - April 16, 2015

Extra effort juga nie
Yg jelas seharian om


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WARUNG BIKER

Motorcycle Blog

Ninja150ss

Berbagi Informasi Otomotif dan Berita Lainnya

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

%d blogger menyukai ini: