image
Ilustrasi

Assalamu’alaikum
Bon mecredi, espรฉrons toujours saine et beaucoup de chance hehehehehehe…… ๐Ÿ˜€ dibeberapa artikel sebelumnya BMR pernah janji pengen mengcompare data AISI dari kedua pabrikan yaitu Honda dan Yamaha. Kira-kira sisi mana aja ya dari tiap pabrikan yang menguntungkan dan yang kurang???….. who’s loser and who’s winner
Bagi sobat bikers yang belum sempat mampir untuk data AISI Honda bisa mampir KESINI dan untuk yang Yamaha bisa mampir KESINI. Oke….sekarang bisa dilihat untuk segment Matic dari kedua pabrikan terlihat jelas Honda sebagai jawara nya matic penjualannya jauh melampaui kompetitornya lihat saja contohnya Honda Scoopy FI bulan februari terdistribusi sebanyak 25.072 unit sedangkan Yamaha Fino FI hanya terdistribusi sebanyak 9.033 unit. Kemudian Vario series, disini Honda hanya menyebut vario series anggaplah vario FI 110 dan Varioย  FI 125 digabung didapatkan hasil sebesar 119.877unit. Sedangkan di kubu Yamaha anggap pula digabung data MIO GT sebesarย  3.166 unit ditambah Xeon RC sebanyak 872 unit dan GT 125 sebanyak 9.893 unit didapatkan total hanya 13.931 unit wow…. ๐Ÿ˜ฏ jauh sekali untuk penjualan maticnya. Gawat nie bisa terjadi kesenjangan dan monopoli ayoo…..Yamaha semangat!!! Patahkan dominasi Honda di segment Matic
Lanjut ke segment sport atau kelas 150cc. Kali ini Honda yang tidak dapat berkutik terlihat dari Yamaha Vixion atau NVL masih menguasai dengan perolehan sebesar 26.546 unit, sedangkan CB150 Street Fire yang dulu digadang-gadang sebagai vixion killer??? Nampaknya belum bisa mengalahkan. Hal ini terbukti dengan hanya terjual 7.234 unit saja untuk bulan februari nampaknya vixion masih belum bisa terpatahkan nie.

image
ilustrasi

Eeiitss……jangan senang dulu ๐Ÿ˜€ kita tahu pada saat itu konsumen merindukan sport fairing dengan harga yang terjangkau dimana pada saat itu Honda masih dengan produk CBR Series CBU dan Yamaha merespon tanggapan konsumen dengan melokalkan Yamaha R15 dan terbukti sukses tapi semua itu berubah saat negra api menyerang saat AHM ikut melokalkan pula CBR 150 nya, kini terlihat Yamaha dengan R15 nya hanya laku 3.883 unit di bulan februari sedangkan CBR series laku sebanyak 4.795. Seperti yang kita ketahui CBR 250 CBU penjualaannya 0 (nol). Lumayan juga nie Hinda unggul sementara ini dengan CBR 150 lokalnya.
Selanjutnya di kelas 150 entry levelnya antara Yamaha Byson dengan Honda Verza. Lagi-lagi AHM mengungguli Yamaha dengan perolehan bulan februari sebesar 5.683 unit sedangkan Yamaha Byson hanya 1.246 unit. Sedangkan kelas skutik 150cc nya jelas beda jauh banget AHM dengan PCX 150 nya yang bertitel CBU sedangkan Yamaha N-Max 155 merupakan produk lokal tentunya harga juga jauh berbeda kalo dikomparasi pun jelas jauh banget datanya terlihat PCX 150 CBU hanya sebesar 632 unit di bulan februari sedangkan N-Max 155 lokal sebesar 1.916. Lagipula buat BMR nggak bisa disamakan karna kan ini yang dibahas juga produk lokal dan untuk pasar nasional bukan eksport.
Jadi sobat bikers bisa menilai sekarang antara kedua pabrikan mana saja yang unggul produknya. Toh…..BMR juga mengkomparasi berdasarkan data yang ada. Disini yang BMR takutkan nantinya malah terjadi lagi, dimana era tutup tangki stupa merajai dan minim inovasi hanya facelift body dan striping aja. Pihak kompetitor harus lebih melihat lagi potensi mana yang belum digali dan menyamakan kedudukan dengan kompetitor.
Terima kasih sudah meluangkan waktunya dan mampir kemari, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum

Iklan