jump to navigation

Keunikan dan keistimewaan Nyepi Maret 22, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum
Tahukah sobat bikers hari raya nyepi adalah hari yang banyak memiliki keuntungan dan keunikan. Nggak percaya????…… nie BMR jabarin apa saja keuntungan dan keunikan dari perayaan Nyepi:
1. Berdasarkan perhitungan PLN realisasi KWH yang berhasil dihemat selama 24 jam di Bali saja mencapai 1.125.719 KWH, setara dengan 4.71 miliar Rupiah. Jika mau dihitung secara nasional, tinggal berapa penggunaan listrik rata-rata per satu kepala keluarga lalu dikalikan dengan total keluarga Hindu di seluruh Indonesia.
2. Mendekatkan Hubungan Keluarga Sudah menjadi pemandangan umum, saat ini, bahwa mendapati seluruh anggota keluarga (ayah, ibu, anak-anak) berkumpul bersama adalah sesuatu yang mahal, precious; selalu ada anggota keluarga yang tidak berada di rumah. Dengan Nyepi, seluruh anggota keluarga niscaya bisa berkumpul bersama selama 24 jam. Dan dengan amati karya, anggota keluarga bisa berkomunikasi sekaligus mendekatkan hubungan antara yang satu dengan lainnya. Nyepi bisa menjadi momentum untuk mendekatkan hubungan keluarga.
3. Pelaksanaan Nyepi di bali telah menghemat lebih dari 3,000,000 liter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Bali. Hal ini mengacu pada rata-rata konsumsi BBM di Bali untuk premium 2,300,000 liter dan solar 700,000 liter. Tak hanya BBM, Pertamina juga menghentikan pasokan 80,000 liter avtur, karena aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai juga dihentikan saat Nyepi. Dimana hari-hari biasa penggunaan BBM sangat terasa konsumtif liat aja cman ke mini market yg cman 200meteran aja lebih milih pake motor.
4. Menurunkan polusi, tahukah sobat bikers disaat nyepi udara di pulau Bali bersih, segar dan menenangkan pikiran. Nggak percaya???…..ย  ambil contoh aja ya….sekitar lebih dari 3 juta kendaraan tidak beroperasi di Bali. Secara teori, jika satu liter BBM memproduksi 2,4 kilogram CO2 dan per hari rata-rata sepeda motor butuh empat liter dan mobil 10 liter, maka sekitar 28,000 ton CO2 tereduksi. Angka itu belum termasuk penghematan dari pesawat dan kapal laut. Jika ditotal keseluruhan diperkirakan sekitar 30,000 ton CO2 yang tereduksi dari pelaksanaan Nyepi di Bali. Tuch…..bayangin aja sobat bikers disaat tempat lainnya masih berdenyut aktivitasnya maka di Bali benar-benar istirahat total.
5. Menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Tiap hari entah hari kerja atau pun hari libur kendaraan berseliweran lalu lalang di jalanan, tapi di Bali saat nyepi kendaraan berhenti total paling yang memiliki ijin hanya Ambulance untuk menjemput pasien dan mobil patroli Polisi. Otomatis kecelakaan benar-benar terminimalisir selama satu hari penuh.
6. Menurunkan daya konsumtif penduduk yang ada di Bali, selama satu hari penuh aktivitas perdagangan dan niaga berhenti total. Menikmati ketenangan dan kesunyian nyepi.
7. Mengistirahatkan anggota tubuh, tahukah sobat bikers di era sekarang ini istirahat menjadi suatu hal yang sangat istimewa. Dimana seluruh anggota tubuh beristirahat tidak bekerja, penyegaran tubuh, mata dan otak serta pikiran. Nyepi adalah saat yang tepat untuk beristirahat ataupun meditasi menenangkan pikiran sebagai sarana revolusi mental.
8. Selain mengistirahatkan total tubuh juga mengistirahatkan kendaraan yang dimiliki, setiap kendaraan pastinya memiliki masa pakai setidaknya disaat nyepi kendaraan ikut istirahat dan memperpanjang lifetime nya ๐Ÿ™‚
Keunikan di saat nyepi yaitu:
1. Kebanyakan pada saat pangerupukan atau sehari sebelum hari nyepi banyak yang berbondong-bondong ke pasar tradisional, mini market ataupun pasar swalayan untuk membeli bahan makanan maupun jajanan sebagai persediaan selama nyepi.
2. Selama sehari penuh perayaan Nyepi bandara internasional ditutup dan 6 pelabuhan Bali juga ditutup benar-benar tidak ada yang datang maupun pergi. Ajee…..gile bandara sob ditutup only in Bali nie tiap tahun bandara internasional disuruh tutup.
3. Terjadi penghematan besar-besaran sob!!!! Penghematan listrik dan BBM. Sehari penuh tidak ada kendaraan lalu lalang kecuali mobil patroli dan ambulance. Penghematan listrik juga terjadi karna disaat nyepi lampu penerangan jalan pun tidak nyala apalagi lampu di rumah masing-masing warga. Hal ini berkaitan dengan Amati Geni. Dalam sehari penuh benar-benar car and bike free day, go green no polution.
4. Saat sehari penuh dalam perayaan Nyepi udara benar-benar terasa segar sobat bikers. Jauh dari polusi udara
5. Banjar Kaja Sesetan adalah satu-satunya penyelenggara acara omed-omedan sobat bikers. Biasanya pas ngembak geni atau sehari setelah nyepi acara tersebut dilaksanakan dan pastinya rame wisatawan lokal maupun manca negara yang berbondong-bondong melihat acara omed-omedan.
6. Sobat bikers tahu tidak gerakan World Silent Day yang selalu dilaksanakan oleh PBB setiap tanggal 21 maret yang kebetulan nyepi juga jatuh pada tanggal tersebut, terinspirasi dari perayaan nyepi. Bahkan diakui dunia lho mantaap!!!
7. Apalagi ya???…….mungkin sobat bikers bisa bantu nambahin hehehehhe……. ๐Ÿ™‚
Oke sobat bikers terima kasih sudah mampir kemari, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum

Iklan

Komentar»

1. suwar81 - Maret 22, 2015

Bali yg unik…

balimotorider - Maret 22, 2015

Betul juragan

2. rayman95 - Maret 22, 2015

loh kok itu boleh keluar? btw di jatim kalo gak salah lagi nyepi ada orang ngebut pas di tangkep dia bilang mau beli rokok…. ๐Ÿ˜€
—————————————————————————————
http://rayzspeed.com/jenis-jenis-mobil-di-dunia/

balimotorider - Maret 22, 2015

Lhaaa…..kosan dpn jln besar sekalian merangkap jd pecalang hahahahha….. ๐Ÿ˜€
Di jatim mana bro??? Bukannya dsana nyepi mlh rame

Red Satellite - Maret 22, 2015

Nah ini dia yg jadi pecalang jadi”an :p

balimotorider - Maret 22, 2015

Wakakakakakakak……. ๐Ÿ˜€
Waaseemb……

rayman95 - Maret 23, 2015

lah makanya, saling menghormati aja sob, toh kita nikmatin juga liburnya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

balimotorider - Maret 23, 2015

Joozzzz

3. Azis Karim - Maret 22, 2015

Para pelaku kejahatan dan begal di Bali jadi berkurang pendapatannya ๐Ÿ™‚

balimotorider - Maret 22, 2015

Waaah….betul juragan, begal pada gak brani nongol lagipula ada pecalang tapi jaman saya kecil dulu katanya mesin ATM ada yg kerampokan gara2 security juga diliburin+blm ada cctv jaman itu

4. Che Widya - Maret 22, 2015
balimotorider - Maret 22, 2015

Yupzz……monggo silahkan ๐Ÿ™‚

5. Mase - Maret 22, 2015
balimotorider - Maret 22, 2015

Iyo mas….piye sido sing bunder2 ???……

Mase - Maret 23, 2015

Atoh

balimotorider - Maret 23, 2015

Xiixixixixixixi

6. toretto - Maret 23, 2015

ente gak ikut omed2an bro…???klo ikut sekali2 ajakin ane bro,btw kangen nih ma cipoannya cewek bali…..nagahahahahahahahah

balimotorider - Maret 23, 2015

Wakakakakakakakakakak…….. ๐Ÿ˜€
Walaupun saya lahir dan besar di bali tetep aja pendatang om kan acaranya diperuntukkan untuk org2 lokal asli dari banjar kaja selain itu ya gak bisa om walaupun sama2 lokal

7. Galery foto ogoh-ogoh 2015 | balimotorider Blog - Maret 23, 2015

[…] kudu ngetik ulang euy gegara error nie aplikasi. Kalo kemaren sudah bahas tentang keunikan dan keistimewaan Nyepi dan juga dulu sempat sedikit bahas tentang apa itu Nyepi rasanya kurang klop kalo nggak ada bahas […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WARUNG BIKER

Motorcycle Blog

Ninja150ss

Berbagi Informasi Otomotif dan Berita Lainnya

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

%d blogger menyukai ini: