image

Assalamu’alaikum
Tahukah sobat bikers hari raya nyepi adalah hari yang banyak memiliki keuntungan dan keunikan. Nggak percaya????…… nie BMR jabarin apa saja keuntungan dan keunikan dari perayaan Nyepi:
1. Berdasarkan perhitungan PLN realisasi KWH yang berhasil dihemat selama 24 jam di Bali saja mencapai 1.125.719 KWH, setara dengan 4.71 miliar Rupiah. Jika mau dihitung secara nasional, tinggal berapa penggunaan listrik rata-rata per satu kepala keluarga lalu dikalikan dengan total keluarga Hindu di seluruh Indonesia.
2. Mendekatkan Hubungan Keluarga Sudah menjadi pemandangan umum, saat ini, bahwa mendapati seluruh anggota keluarga (ayah, ibu, anak-anak) berkumpul bersama adalah sesuatu yang mahal, precious; selalu ada anggota keluarga yang tidak berada di rumah. Dengan Nyepi, seluruh anggota keluarga niscaya bisa berkumpul bersama selama 24 jam. Dan dengan amati karya, anggota keluarga bisa berkomunikasi sekaligus mendekatkan hubungan antara yang satu dengan lainnya. Nyepi bisa menjadi momentum untuk mendekatkan hubungan keluarga.
3. Pelaksanaan Nyepi di bali telah menghemat lebih dari 3,000,000 liter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Bali. Hal ini mengacu pada rata-rata konsumsi BBM di Bali untuk premium 2,300,000 liter dan solar 700,000 liter. Tak hanya BBM, Pertamina juga menghentikan pasokan 80,000 liter avtur, karena aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai juga dihentikan saat Nyepi. Dimana hari-hari biasa penggunaan BBM sangat terasa konsumtif liat aja cman ke mini market yg cman 200meteran aja lebih milih pake motor.
4. Menurunkan polusi, tahukah sobat bikers disaat nyepi udara di pulau Bali bersih, segar dan menenangkan pikiran. Nggak percaya???…..ย  ambil contoh aja ya….sekitar lebih dari 3 juta kendaraan tidak beroperasi di Bali. Secara teori, jika satu liter BBM memproduksi 2,4 kilogram CO2 dan per hari rata-rata sepeda motor butuh empat liter dan mobil 10 liter, maka sekitar 28,000 ton CO2 tereduksi. Angka itu belum termasuk penghematan dari pesawat dan kapal laut. Jika ditotal keseluruhan diperkirakan sekitar 30,000 ton CO2 yang tereduksi dari pelaksanaan Nyepi di Bali. Tuch…..bayangin aja sobat bikers disaat tempat lainnya masih berdenyut aktivitasnya maka di Bali benar-benar istirahat total.
5. Menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Tiap hari entah hari kerja atau pun hari libur kendaraan berseliweran lalu lalang di jalanan, tapi di Bali saat nyepi kendaraan berhenti total paling yang memiliki ijin hanya Ambulance untuk menjemput pasien dan mobil patroli Polisi. Otomatis kecelakaan benar-benar terminimalisir selama satu hari penuh.
6. Menurunkan daya konsumtif penduduk yang ada di Bali, selama satu hari penuh aktivitas perdagangan dan niaga berhenti total. Menikmati ketenangan dan kesunyian nyepi.
7. Mengistirahatkan anggota tubuh, tahukah sobat bikers di era sekarang ini istirahat menjadi suatu hal yang sangat istimewa. Dimana seluruh anggota tubuh beristirahat tidak bekerja, penyegaran tubuh, mata dan otak serta pikiran. Nyepi adalah saat yang tepat untuk beristirahat ataupun meditasi menenangkan pikiran sebagai sarana revolusi mental.
8. Selain mengistirahatkan total tubuh juga mengistirahatkan kendaraan yang dimiliki, setiap kendaraan pastinya memiliki masa pakai setidaknya disaat nyepi kendaraan ikut istirahat dan memperpanjang lifetime nya ๐Ÿ™‚
Keunikan di saat nyepi yaitu:
1. Kebanyakan pada saat pangerupukan atau sehari sebelum hari nyepi banyak yang berbondong-bondong ke pasar tradisional, mini market ataupun pasar swalayan untuk membeli bahan makanan maupun jajanan sebagai persediaan selama nyepi.
2. Selama sehari penuh perayaan Nyepi bandara internasional ditutup dan 6 pelabuhan Bali juga ditutup benar-benar tidak ada yang datang maupun pergi. Ajee…..gile bandara sob ditutup only in Bali nie tiap tahun bandara internasional disuruh tutup.
3. Terjadi penghematan besar-besaran sob!!!! Penghematan listrik dan BBM. Sehari penuh tidak ada kendaraan lalu lalang kecuali mobil patroli dan ambulance. Penghematan listrik juga terjadi karna disaat nyepi lampu penerangan jalan pun tidak nyala apalagi lampu di rumah masing-masing warga. Hal ini berkaitan dengan Amati Geni. Dalam sehari penuh benar-benar car and bike free day, go green no polution.
4. Saat sehari penuh dalam perayaan Nyepi udara benar-benar terasa segar sobat bikers. Jauh dari polusi udara
5. Banjar Kaja Sesetan adalah satu-satunya penyelenggara acara omed-omedan sobat bikers. Biasanya pas ngembak geni atau sehari setelah nyepi acara tersebut dilaksanakan dan pastinya rame wisatawan lokal maupun manca negara yang berbondong-bondong melihat acara omed-omedan.
6. Sobat bikers tahu tidak gerakan World Silent Day yang selalu dilaksanakan oleh PBB setiap tanggal 21 maret yang kebetulan nyepi juga jatuh pada tanggal tersebut, terinspirasi dari perayaan nyepi. Bahkan diakui dunia lho mantaap!!!
7. Apalagi ya???…….mungkin sobat bikers bisa bantu nambahin hehehehhe……. ๐Ÿ™‚
Oke sobat bikers terima kasih sudah mampir kemari, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum

Iklan