jump to navigation

Es puter langganan balimotorider Maret 19, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum
Siang hari yang terik gini emang paling enak makan yang adem-adem nie. Pas banget kebetulan dagang es langganan semasa kecil dulu lewat. BMR sudah lama banget langganan es ama bapak yang satu ini. Dari jaman BMR masih SD sampe sekarang, udah seperti keluarga sendiri. Sedikit kilas balik tentang sejarah es puter atau lebih dikenal dengan es dung-dung. Sejarah es dung-dung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk bisa menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter atau biasa dikenal dengan es dung-dung, es tung-tung atau es tong-tong.
Beliau ini aslinya dari kota Banyuwangi awalnya bekerja sebagai guru di salah satu sekolah negeri di kotanya entah mengapa akhirnya banting setir dan berjualan es dung-dung keliling kampung di daerah seputaran denpasar. Sempat BMR menanyakan perihal keputusannya dan beliau menjawab lebih sreg hatinya untuk berdikari berjualan saja, karna bekerja dengan gaji yang sudah ditetapkan per bulan terasa kurang greget bagi beliau. Alhamdulilah keputusan tersebut tepat dan tentunya dilakukan dengan istiqomah membuahkan hasil yang tak sia-sia anak-anak beliau  bisa sampe lulus perguruan tinggi dan bisa mencapai cita-cita yang diinginkan. Beliau ini pas BMR mau foto nggak mau alasannya malu mas kayak artis aja di foto-foto, alhasil cuman foto es dung-dung nya doang.

image

image

Lumayan segelas gini cuman 5 rebu cukuplah buat ganjal perut dan penghilang dahaga sejenak. Es nya pun sedari saya kecil rasa es tidak berubah, kualitas tetap terjaga selain berjualan keliling menggunakan sepeda motor Beliau juga menitipkan dagangannya dibeberapa sekolah dasar. Pilihan rasanya ada pandan, strawberry, coklat, nangka dan BMR biasanya dicampur aja biar maknyuzz……..Tak terasa dari BMR SD sampe sekarang ini beliau masih sehat dan tidak banyak perubahan yang berubah paling beberapa tahun belakangan ini mengganti gerobaknya dengan motor dikarenakan anaknya kurang berkenaan bila melihat bapaknya harus mendorong gerobak terus-menerus, selain itu bisa dikatakan sudah tidak ada tanggungan anak yang bersekolah lagi. Lagipula dengan menggunakan motor kan nggak cape dorong gerobak. Waaah…..bahagia sekali ya punya orang tua seperti itu dan orang tua nya pun pasti lebih bahagia lagi punya anak seperti itu.
Sekedar bacaan ringan sobat bikers semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari.
Wassalamu’alaikum

Iklan

Komentar»

1. Alki Rahmatullah - Maret 19, 2015

Josss enak

balimotorider - Maret 19, 2015

Yo…..jelas panas2 makan yg dingin2 dulu

macantua.com - Maret 19, 2015
balimotorider - Maret 20, 2015

gampang mau pake kresek apa pake daun pisang xixixixixiixi……

2. agoey - Maret 19, 2015

woh.. pas ini… siang2.. habis makan siang.. sueger…

Menerawang Posisi SAtria J115 Alias Satria Young Star.. 🙂

http://agoey.com/2013/12/06/menerawang-posisi-suzuki-raider-j-115-fi/

balimotorider - Maret 19, 2015

Jelaas….dunkzz sueegeerrr 😀

3. danisubject - Maret 19, 2015

apa itu 😀 . lum pernah nyoba …. jadi pengen

balimotorider - Maret 19, 2015

Weeeh….mosok es dung-dung belom pernah nyoba???

danisubject - Maret 19, 2015

es dung dung mah pernah yang itu belum warna warni . ala pelangi 😀

balimotorider - Maret 19, 2015

Hehehehehe….. 😀
Yg ini dri saya kecil ya warna warni begini es dung dungnya

4. Mase - Maret 19, 2015

Seger bener

balimotorider - Maret 19, 2015

Apanya om???…..
Rumput tetangga tah??? 😛

Mase - Maret 19, 2015

Athoh…. Es puternya atuh….

balimotorider - Maret 19, 2015

Ya kan es puternya pas beehenti di tetangga sblh 😀

Mase - Maret 19, 2015

Wakakak

balimotorider - Maret 19, 2015

Hahahahahahaha…… 😀

5. toretto - Maret 19, 2015

kata orang bondowoso itu namanya es tong tong😀

balimotorider - Maret 19, 2015

Betul om toretto dimari macem2 nyebutnya ada es tung tung, es dung dung, es tong tong, es dong dong tapi sama aja beda nama doang 🙂

6. Mas Sayur - Maret 19, 2015

iyo…es thong-thong…

balimotorider - Maret 19, 2015

Iyo mas es tong-tong sing dodolan soko banyuwangi wes langganan mulai jaman ne kulo jik cilik

7. white widow auto - Maret 24, 2015

But the reality is that feminized seeds have not
been created for breeders they have been designed for growers.

8. AquariuZ Aquaristik - April 30, 2015

wah mantap deh Suhu BMR… Kapan2 kalo ke bali, mampir dan minta info soal es puter yang kayaknya mantap… Thanks ya Suhu

balimotorider - April 30, 2015

Hehehehehehe….. 🙂
Saya msh belajar juga kok
Waaah…..klo es puter yg saya muat dimari karna sdh langganan dari saya kecil klo yg lainnya ada rumah es krim tuch rasanya enak juga 😉

AquariuZ Aquaristik - April 30, 2015

lebih enak yg tradisional Suhu… lebih mantap… nanti deh kalo pas ke bali minta di ajak kesana… hehehehehe

balimotorider - April 30, 2015

Monggo silahkan 😉
Rumah es krim juga bahan dan pengerjaannya masih tradisional

9. Toni - Oktober 10, 2015

Mohon maaf gan, numpang lewat… http://www.google.com/m?q=Es+tung+tung+banyuwangi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WARUNG BIKER

Motorcycle Blog

Ninja150ss

Berbagi Informasi Otomotif dan Berita Lainnya

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

%d blogger menyukai ini: