jump to navigation

Perkembangan teknologi wearpack Moto GP Maret 6, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum
Wearpack atau racing suit yang digunakan pembalap moto gp tentunya bukan sembarang wearpack dan yang pasti teknologi yang disematkan bukan teknologi ala kadarnya. Bayangkan saja dalam suhu atmosfir yang tinggi dan tingkat tekanan stress yang tinggi memaksa pembalap untuk memacu motornya semakin cepat dan cepat meliuk-liuk dengan kecepatan tinggi di tikungan. Hingga dalam kondisi seperti ini tentunya sang pembalap akan rentan dengan kecelakaan baik itu crash saat menaklukan tikungan ataupun saat aksi saling overtake dan lain-lain. Pastinya para pembalap bukanlah manusia bodoh, mereka hanya manusia biasa dengan skill dewa yang berusaha meminimalkan risiko-risiko yang ada. Dengan hanya berjarak beberapa centimeter dari aspal diman badan dan kepala pembalap harus terlindung secara “sempurna”. Wearpack atau racing suit haruslah didesain sedemikian rupa agar bisa menahan benturan atau gesekan yang timbul saat pembalap menghantam aspal sirkuit. Begitu juga dengan helm, yang melindungi bagian vital manusia-manusia dengan skill dewa tersebut. Perkembangan racing gear gak bisa dilepaskan dari peran para pembalap yang banyak memberikan kontribusi masukan kepada industri racing gear.

image

Geoff Duke

Generasi awal masih menggunakan racing suit terpisah berupa jaket dan celana pada masa ini sisi keselamatan pembalap belum menjadi prioritas yang penting ngebut dan ngebut menjadi yang tercepat. Kemudian berkembanglah wearpack model one piece dan yang menjadi pertama kali pemakainya adalah pembalap asal Inggris Geoff Duke dan bahan yang digunakan menggunakan kulit kangguru karna lentur, kuat dan ringan dibandingkan jenis kulit yang lainnya. Setelah itu berlanjut ke era para 
pembalap seperti Kenny Roberts Sr. Kemudian Gary Nixon, Giacomo Agostini dan Barry Sheene juga ikut menyumbangkan kontribusi yang besar dalam perkembangan wearpack pembalap motor. Pada masa Kenny Robert Sr. Dengan teknik balap rear wheel steering serta gaya balapnya menurunkan lutut sebagai penyeimbang kala menikung dipandang sebagai gaya balap extrem hingga menuntut pabrikan wearpack untuk menambahkan  knee slider sebagai bantalan pelindung lutut saat gasruk aspal. Selanjutnya sobat bikers tentu saja familiar dengan punuk yang ada di punggung atas para pembalap moto gp. Punuk aerodinamis atau dikenal sebagai aerodinamics humps ini dipelopori oleh Barry Sheene. Cuman cara Barry Sheene kala itu memang termasuk ekstrem. Banyangin aja Barry Sheene menggunakan kaca helm yang sudah nggak kepake untuk diselipkan di punggung atas baju balapnya.
Inovasi pun terus berlanjut dan berkembang hingga sekarang ini dan tentunya para pembalap di era sekarang juga banyak memberi kontribusi untuk perkembangan wearpack. Bayangkan balapan di lintasan dengan wearpack kulit melintasi sekitar 20an Lap dalam sekali balapan apa gak gerah ya???….
Teknologi wearpack moto gp saat ini pada bagian dada, tulang belakang dan punuk dilengkapi dengan bahan carbon kevlar kemudian bagian pundak lengan, tulang kering, siku dan lutut juga menggunakan pelindung berbahan carbon kevlar adapula yang menggunakan bahan titanium contohnya pada wearpack Dainese.
Pada wearpack dilengkapi pula dengan AC sebagai pendingin disaat balapan. Sistem pendingin berupa sirkuit pengatur suhu tubuh yang bersentuhan langsung dengan kulit pembalap. Teknologi ini menggunakan aliran gel-cooled water dengan tenaga baterai dan pompa ukuran mikro yang lagi-lagi diletakkan di dalam punuk. Permukaan rompi itu sendiri dilengkapi sensor untuk merekam data informasi fisik saat pembalap beraktifitas seperti titik tekan, beban gravitasi, denyut jantung, sampai dampak kecelakaan, yang berguna untuk pengembangan wearpack di masa depan.

image

image

Pada tahun 2007 dikembangkan airbag system pada wearpack para pembalap moto gp dan terus berkembang hingga sekarang ini. Airbag pada Wearpack sudah barang tentu untuk meminimalisir pembalap moto gp saat crash di lintasan. Airbag system pada wearpack moto gp sudah dilengkapi dengan sensor tipikal tiap pembalap. Teknologi ini sama logikanya dengan airbag system pada mobil. Pada mobil, airbag otomatis akan mengembang ketika terjadi kecelakaan untuk melindungi pengendara mobil benturan. Cara kerja teknologi airbag yang dimiliki wearpack balap mirip seperti pada mobil, akan tetapi kelebihan dari airbag pada wearpack pembalap moto gp akan mengembang ketika chip sensoriknya mendeteksi crash. Pada wearpack pembalap moto gp letak airbag ini utamanya  berada di bagian pangkal leher untuk melindungi pembalap dari cedera tulang leher dan benturan langsung pada kepala. Ada 3 bagian tubuh utama yang mendapatkan perlindungan ekstra dari wearpack dan airbag.Bahu, leher, dan tulang selangka (collarbone) merupakan bagian tubuh dari pembalap yang rentan cedera saat terjatuh dari motor. Namun demikian, sejumlah produsen juga ada yang membuat airbag sampai ke punggung untuk mengamankan tulang belakang.
Sebagai contoh produk wearpack Dainese mengklaim bahwa teknologi D-Air mereka mampu bereaksi dalam waktu hanya 0.015 detik dengan waktu pengembangan sempurna 0.030 detik. Contoh selanjutnya saat Lorenzo jatuh di Laguna Seca 2011 lalu, data dari Alphinestars menunjukkan bahwa airbag mereka
mengembang sempurna 0.050 detik setelah Lorenzo terlempar dari M1nya, dan ada sisa waktu 0.605 detik sebelum Lorenzo terhempas ke tanah.

image

Data airbag Lorenzo saat crash di Laguna Seca 2011

image

Airbag saat mengembang

Well……..dengan pesatnya perkembangan teknologi balap motor prototype tentu aspek keselamatan menjadi hal yang penting. Yupzz…….mohon maaf informasi yang BMR dapatkan baru segitu, bila ada sobat bikers yang lebih paham dan ingin menambahkan silahkan. Untuk sumbernya BMR dapatkan DISINI ada yang DISINI dan juga DISINI. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikers.
Wassalamu’alaikum

Iklan

Komentar»

1. Rideralam - Maret 6, 2015

jossss…safety is a must

sama kayak di sini ya, pembalap jalanan pada pake skinpack hahahaha

balimotorider - Maret 6, 2015

Wakakakakka…… 😀
Skinpack lbh syeerrrem dong om

2. SANSINNO.COM - Maret 6, 2015

wowww….keren kayak airbag pada mobil

balimotorider - Maret 6, 2015

Yupzz…..logikanya sam kyk airbag mobil

3. orong-orong - Maret 6, 2015
balimotorider - Maret 6, 2015

Yupzz…..makasih om atas kunjungannya 🙂

4. paimin - Maret 6, 2015

Kirain situ ikut beli 😂

balimotorider - Maret 6, 2015

Waduuuh…….harganya kagak nahan sekitar 90jutaan sama airbagnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: