jump to navigation

Sejarah Honda NSR 150 di Indonesia Maret 26, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , , , , ,
66 comments

image

Assalamu’alaikum
Bonne Jeudi, tak terasa sudah hari kamis nie. Kali ini BMR akan ngebahas secara garis besar produk Honda yang merupakan impian BMR juga. Yupzz….pasti sebagian sudah pada tahu apa yang akan BMR bahas nanti. Selain itu lagi kekurangan bahan ndelalah…..ada komentator yang nanyain jadi keingetan mau bikin artikel NSR, padahal BMR dulu pengen nulis sejarah NSR 150 Series di Indonesia.
Sebelumnya siapkan dulu kopi atau teh ama gorengannya karna nampaknya penjelasannya bakal panjang lebar nie. Bagi sebagian rider indonesia terutama penyuka kecepatan alias speedfreak dan lahir di era 80an serta pernah menikmati manisnya era adu kebut 2tak tahun 90an sampe awal tahun 2000an pasti kenal sama produk yang satu ini. Sedangkan bagi yang lahir atau saat era setelah itu pasti bingung dengan NSR 150 dan mahfum saja karna sampai sekarang yang masih bertahan di kelas 150cc 2tak hanya menyisakan ninja 150cc yang akhirnya sekarang pun juga sudah diputuskan discontinue. Bahkan banyak pengalaman unik para penunggang rarebike NSR ini ketika di lampu merah atau di parkiran dikira ninja 150rr modif honda hahahahahahahaha……… 😆
Bahas NSR 150 kok Perasaan tua amat ya BMR hehehehehehe…… 😆
Oke…..sekarang mulai pelajaran sejarahnya sobat bikers NSR merupakan motorsport hasil garapan dari HRC alias Honda Racing Corporation. Saat itu pengembangan dilakukan dari kelas 500cc untuk moto gp hingga yang terimut yaitu NSR 50cc. Selain diajang balapan moto gp 500cc 2tak sang legenda NSR juga merajai di kelas 250cc. Lewat tangan dingin sang pendiri yaitu; Soichiro Honda, telah lahir sebuah kuda besi yang membuat bengong dunia balap motor, tidak lain dan tidak bukan dialah NSR series. Lewat berbagai penyempurnaan, NSR menjelma menjadi sebuah motor prototype menakutkan pada era 2 stroke engine.  Sejarah Motogp mencatat, NSR250 merebut 8 kali juara dunia. Lewat tangan Freddy Spencer pada tahun 1985 kemudian Anton Mang pada tahun 1987 lalu Sito Pons pada tahun1988 dan 1989, Luca Cadalora pada tahun 1991 dan 1992,  selanjutnya Max Biaggi juga menorehkan tinta emas pada tahun 1997 dan yang terakhir mendiang Daijiro Katoh pada tahun 2001.
Kemudian di kelas para raja saat itu yaitu kelas 500cc 2tak pioner masih ditangan dingin Freddy Spencer menorehkan juara tahun 1985. Kemudian disusul oleh Wayne Gardner pada tahun 1987, Eddie Lawson pada tahun 1989, Mick Doohan pada tahun 1994 sampai 1998, Alex Criville pada tahun 1999 dan yang terakhir ditutup dengan manis oleh Valentino Rossi pada tahun 2001. Total 10 mahkota juara dunia diraih Honda lewat NSR500.

image

Untuk pasar Indonesia saat itu yang masuk adalah NSR 150cc dimulai dari NSR 150 R pada tahun 1994 ada juga yang bilang awal masuk tahun 1993 didatangkan secara CBU oleh Astra Honda Motor. Pada saat itu yang beredar variannya berwarna merah puti, merah hitam dan biru putih dan lain-lain. Kemudian karna meningkatnya permintaan pada masa itu maka dibuatlah versi CKD dari NSR 150 R seperti warna ungu kuning, hijau ungu dan warna lainnya. Pada masa itu NSR 150 R adalah motor termahal dan tercanggih, bayangin aja motor bebek pada saat itu harganya masih berkisar 2 juta rupiah dan Honda Tiger masih 6 juta rupiah, sedangkan NSR 150 R sudah dibanderol seharga 8 juta rupiah. Untuk versi NSR 150 R yang awal dan kedua terdapat beberapa perbedaan yaitu: versi NSR 150 R CBU behel boncenger besi bulat, rangka deltaboxnya berwarna silver serta bak mesin dan shock depan berwarna hitam, warna dasar speedometer putih, sedangkan versi NSR 150 R CKD Behel belakang menjadi kotak tidak lagi bulat, rangka deltabox berwarna smoke silver sedangkan bak mesin berwarna smoke silver/dark silver dan warna dasar speedo biru tua, kemudian untuk produksi terakhir tahun 1998 dan terhenti karna krisis moneter menghantam Indonesia. Sistem pengapian masih AC dan output tenaga yang dihasilkan sebesar 28hp. Dikatakan sebagai motor sport produksi masall tercanggih pada masanya dikarenakan NSR 150 R sudah dilengkapi dengan pendingin cairan pada mesin atau biasa disebut radiator yang tentunya pada masa itu belum diadopsi motor sport lokal. Selain itu juga mengusung teknologi pembukaan valve otomatis yang diatur oleh komponen elektronik yaitu sistem katup RC Valve, sehingga dapat membuka dan menutup sesuai dengan kebutuhan mesin pada RPM tertentu tanpa membebani kerja mesin. RC Valve merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang. Kerja katup ini dikontrol langsung oleh CDI. Katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka secara penuh ketika RPM mulai meninggi. Cara kerjanya hampir sama dengan KIPS pada kawasaki akan tetapi KIPS masih manual. Berikut spesifikasi dari NSR 150 R:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Compression: 6.8 : 1
Power: 28hp @ 10.500rpm
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width :  685 mm
Tyre size : (F) 90/80-17 (R) 100/90-18

image

Harga rondo NSR 150 R di pasaran berkisar antara 7 juta sampai 16 juta tergantung kondisi mesin terutama RC Valvenya bila mati motor servo atau terbakar elektroniknya maka berpengaruh pada harga jual. Padahal di tahun terakhir produksinya pada tahun 1998 motor ini dijual seharga 12 juta. Seri NSR 150 R antara velg depan dan belakang aslinya mengalami perbedaan dimana velg depan dengan lingkar 17″ inch sedangkan velg belakang 18″ inch.

image

Lanjut ke seri NSR berikutnya yaitu Honda NSR 150 RR atau biasa disebut Honda NSR 150 RR Astra karna yang memasukkan ke indonesia pada awal tahun 2000an hingga tahun 2001 adalah Astra Honda Motor secara CBU. Konon katanya NSR 150 RR Astra ini Michael Doohan ikut terlibat dalam risetnya. Sebenarnya NSR 150 RR Astra ini merupakan barang sisa produksi di Thailand. Berhubung tidak lolos uji emisi EURO 2 di Thailand maka dikirimlah ke Indonesia. Dikarenakan indonesia pada saat itu belum menggunakan standar EURO 2. Model dan bentuk NSR 150 RR sedikit banyak mencontek design sang kakaknya yang dikenal dengan MC28 alias NSR 250. Tak hanya body saja yang berubah sobat bikers, NSR 150 RR juga mengalami perubahan pada bagian elektrikal yang semula AC menjadi DC. Sedangkan sektor tenaga juga mengalami peningkatan dibandingkan NSR 150 R, selain itu untuk seri ini memiliki handling yang terbaik dibanding seri lainnya. Pada saat itu Honda NSR 150 RR dijual di pasar Indonesia seharga 28 juta dan terakhir kali pada tahun 2001 seharga 30 jutaan. Berikut sepesifikasi dari Honda NSR 150 RR:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Horse Power : 30 hp at 10.500rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Tyre size : (F) 90/80-17 (R) 110/80-17
Honda NSR 150 RR memiliki ciri-ciri utama 2 lampu bulat sebagai penerangan jalan. Masuk ke indonesia rencananya 1600 unit dan dipecah menjadi 2 yaitu 800 dan 800 tapi entah mengapa akhirnya hanya 800 unit saja yang masuk ke indonesia. Harga rondo atau second dari Honda NSR 150 RR di pasaran sekarang ini berkisar antara 18 juta hingga 28juta itu pun tegantung kondisi, terutama RC Valvenya.

image

Tahun 2001 pihak Astra Honda Motor (AHM) tidak memasukkan lagi seri NSR ke indonesia dan yang bermain berikutnya adalah para Importir Umum yang memasukkan ke Indonesia. Tahun itu masuklah Honda NSR 150 New RR. Perbedaan yang terlihat antara NSR 150 RR dengan NSR 150 New RR adalah pada NSR 150 New RR merupakan perpaduan antara NSR 150 RR dengan NSR 150 SP, dimana pada sektor kaki-kaki disumbang oleh NSR 150RR sedangkan fairing dan rangka menggunakan NSR 150 SP. Selain itu untuk dapur pacunya pun mengalami peningkatan menjadi 37hp. Berikut spesifikasi NSR 150 New RR:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Compression : 6.8 : 1
Horsepower : 37 hp at 10,000 rpm
Torque : 2.74 kg-m at 9,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 120.9 kg
Tire size : (F) 90/80-17, (R) 110/80-17
Masuk ke indonesia pada saat itu seharga 35jutaan sedangkan sekarang harga secondnya nggak beda jauh dengan NSR 150 RR tapi barangnya lebih sulit daripada NSR 150 RR.

image

Terakhir adalah Honda NSR 150 SP, motor idaman yang paling banyak diburu oleh collector item. Tampilannya yang fashionable/eye catching dan everlasting belum lagi pro arm nya itu lho…..bikin makin keren aja serta jadi buruan untuk limbah modif. Motor ini dirakit di thailand di awal tahun 2000 yang merupakan turunan langsung dari Legenda Motor Balap Honda NSR 250 MC 21 jepang. Motor ini merupakan Produk Hasil dari kolaborasi Honda Thailand dengan HRC (Honda Racing Corporation) selain itu adapula yang mengatakan bahwa Mick Doohan ikut ambil bagian dalam riset NSR 150 SP serta didukung oleh desainer Itali untuk pengembangan fairingnya dan terciptalah Honda NSR 150 SP. Masuk ke indonesia di pasarkan oleh para IU (Importir Umum) seharga 40 juta pada tahun 2000. Berikut spesifikasi dar Honda NSR 150 SP:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Compression: 6.8 : 1
Horsepower : 39.5 hp at 10,500 rpm
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 122.4 kg
Tyre size : (F) 90/80-17 (R) 130/80-17
Seri NSR 150 SP ini yang harga pasarannya masih tinggi sampai sekarang. Harga terendah masih dikisaran 30 juta keatas sedangkan untuk kondisi yang benar-benar sehat dan spesial harganya bisa diatas ninja 250 RR Mono ya…..kira-kira diatas 40 jutaan.

image

Selain semua seri NSR diatas sebenarnya masih ada 1 seri NSR lagi yang beredar di Indonesia yaitu Honda NSR 150 FSX. Bila melihat spesifikasinya sejatinya motor ini setara dengan NSR 150 New RR memuntahkan 37 hp. Akan tetapi versi NSR 150 FSX ini bergenre sport touring. Dapat dilihat pada penggunaan stang yang lebih tinggi berada diatas yoke layaknya CBR 150. Dapat dikatakan mirip dengan NSR 150 New RR dikarenakan kaki merupakan sumbangan dari NSR 150 RR dan rangka menggunakan NSR 150 SP. Perbedaan yang paing terlihat jelas adalah fairing yang menutupi sekujur tubuh NSR 150 FSX. Fairing NSR 150 FSX memiliki bentuk depan seperti paruh burung kemudian jok pengendara menyatu dengan boncenger layaknya Honda NSR 150 R. Versi NSR 150 FSX untuk penggunaan harian lebih nyaman cuman ya gitu….bentuknya terlihat kurang greget bagi sebagian orang. Rumornya motor ini masuk melalui Importir Umum hanya sebanyak 30 unit di Indonesia. Sedangkan harga second sekarang ini berkisar antara 20 juta hingga 25juta. Untuk spesifikasinya sama dengan NSR 150 New RR:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Compression : 6.8 : 1
Horsepower : 37 hp at 10,000 rpm
Torque : 2.74 kg-m at 9,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 120.9 kg
Tire size : (F) 90/80-17, (R) 110/80-17
Untuk seri NSR lainnya nanti akan BMR bahas lagi. Artikel ini BMR rangkum dari berbagai sumber contohnya BMR dapatkan dari forum Kaskus kemudian ada juga dariSINI lalu DISINI dan yang terakhir DISINI. Ternyata capek juga ya ngerangkum Historical bike sang NSR 150 Series ini. Nggak kebayang gimana mumetnya om Eno yany selalu garap historical bike, salut buat om Eno hehehehehehe……. 😆
Oke sobat bikers terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari semoga apa yang BMR sajikan bermanfaat bagi sobat bikers.
Wassalamu’alaikum

Perbandingan data AISI Honda dan Yamaha di pasar nasional Maret 25, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , , ,
35 comments
image

Ilustrasi

Assalamu’alaikum
Bon mecredi, espérons toujours saine et beaucoup de chance hehehehehehe…… 😀 dibeberapa artikel sebelumnya BMR pernah janji pengen mengcompare data AISI dari kedua pabrikan yaitu Honda dan Yamaha. Kira-kira sisi mana aja ya dari tiap pabrikan yang menguntungkan dan yang kurang???….. who’s loser and who’s winner (lebih…)

Usaha baru dari Suzuki kah???…. Maret 24, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , ,
34 comments

image

Assalamu’alaikum
Suzuki motor apa kabar???….. kok nggak ada update kendaraannya nie masa cuman addres doang. Bijimane nie kok yang terlihat persaingan sengitnya kubu Honda dan Yamaha. Apakah Suzuki inovasi sudah terhenti???….
(lebih…)

Galery foto ogoh-ogoh 2015 Maret 23, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: ,
26 comments

image

Assalamu’alaikum
Bon Lundi, journée fatigante et occupé semoga nggak salah penulisan hehehehehe….. 😀 buuzzeeeett……dach kudu ngetik ulang euy gegara error nie aplikasi. Kalo kemaren sudah bahas tentang keunikan dan keistimewaan Nyepi dan juga dulu sempat sedikit bahas tentang apa itu Nyepi rasanya kurang klop kalo nggak ada bahas tentang ogoh-ogoh.

(lebih…)

Nyicipin pedaznya nasi goreng mafia Maret 22, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , ,
24 comments

image

Asslamu’alaikum
Sore di hari minggu gini setelah menikmati libur nyepi seharian dan bersantai bersama orang yang kita cintai sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Sore ini BMR bersama kedua sodara perempuan dan juga Bro Andy nyicipin pedas nya nasi goreng mafia. Untuk di denpasar sobat bikers bisa nyamperin markas Mafia di jalan Mahendradata Selatan No. 9B. Bila dari lampu merah jalan Teuku Umar Barat atau jalan Marlboro di perempatan lampu merah belok ke kiri kearah jalan gunung Soputan posisinya disebelah kanan jalan bersebelahan dengan soerabi bandung.
Nyampe di markas Mafia BMR pesan nasi goreng Brandal adek BMR dan Bro Andy pesan nasi goreng godfather, preman dan nasi goreng gangster. BMR jelas penasaran ama rasanya katanya enak dan pedeznya nggak bisa dianggap enteng, jadi makin penasaran nie ama keganasan rasanya.

image

image

image

Begitu datang Nasi gorengnya wow…… 😯 mantap nie nasi gorengnya berhiaskan toping irisan cabenya yang menggoda dan ternyatan ulalaaa……. Pokoke pecinta kuliner terutama nasi goreng wajib nyobain nie…..dijamin pedezz nya nendang. BMR pesan yang level 3 buuzzyeeett…….dach ampe keringat membasahi wajah maknyuzz…… apalagi bagi penyuka pedazz kudu wajib coba beneran nyesel kalo nggak nyobain, nie BMR bagi alamatnya dimana aja buat sobat bikers pecinta kuliner.
Nasi Goreng Rempah Pertama di Indonesia Alamat:
Bandung
Jl. Dipati Ukur 51
Jl. Jalaprang 24
Jl. Purwakarta 28 – Antapani
Jl. Tjikoetra 198KrangKring Movieroom:
Jl. Ciliwung no. 1-3Food Court Bandung Indah Plaza (BIP):
Jl. Merdeka no. 56
Jl. Raya Jatinangor no. 149, Jatinangor
Jl. Setiabudi no. 171B
Cimahi:
Jl.Amir Mahmud no. 250
Jakarta:
Jl. Tebet Raya no. 27D
Jl. Muwardi 1 no. 18E, Grogol, Jakarta Barat (Coming Soon)
Ceger Raya, Bintaro (Coming Soon)
Depok:
Cerita perut Food District:
Jl. Cinere Raya no. 12A
Jl. Margonda Raya no. 250
Garut:
Jl.Merdeka 92D
Pekanbaru:
Jl. Ronggowarsito no. 4
Yogyakarta:
Jl.Kaliurang KM 5,2 no. A20
Bali:
Jl. Mahendradata Selatan no. 9B, Denpasar
Bogor:
Komp. Ruko VIP Pajajaran, Jl. Bangbarung Raya no. 2 blok AP (Coming Soon)
Madiun:
Jl. Kapuas no. 45 (Coming Soon)
Lampung:
Jl. Zaenal Abidin, Pagar Alam  (Coming Soon)
Bekasi:(Coming Soon)
Jl. Galaxy Raya kav. B 300B RT/RW 006/10 Kel. Jaka Setia Kec. Bekasi Selatan
Jl. Raya Jatiwaringin no. 234C, Pondok Gede
Medan:
Jl. Asia no. 111E
Malang:
Jl. Grand Soekarno-Hatta Kav 3 (Komplek Ruko Grand Soekarno Hatta)= Borobudur – Blimbing Malang
Masih kurang jelas alamatnya nie BMR kasih lagi biar lebih jelas di kota mana aja Nasi Goreng Mafia sudah menjajah.

image

Seporsinya lumayan buat kantong cekak macam BMR ya sesekali nggak masalah sich hehehehehe…… 😀 Nasi goreng yang BMR pesan seharga 19ribu. Minumannya juga lumayan sich paling murah 3.500 rupiah. Nie….menu yang tersedia di nasi goreng mafia dijamin dech hehehehehe……. 😆 nie BMR share juga daftar menu makanan dan minumannya.

image

image

Kelar makan yo…..jelas bayar abis itu pulang hehehehehehe……. 😆 terima kasih sobat bikers sudah mampir kemari, bukan bermaksud promosi lho……tapi beneran kudu wajib nyobain bakalan nyesal lho…… 🙂 semoga bermanfaat
Wassalamu’alaikum

Keunikan dan keistimewaan Nyepi Maret 22, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , ,
19 comments

image

Assalamu’alaikum
Tahukah sobat bikers hari raya nyepi adalah hari yang banyak memiliki keuntungan dan keunikan. Nggak percaya????…… nie BMR jabarin apa saja keuntungan dan keunikan dari perayaan Nyepi:
1. Berdasarkan perhitungan PLN realisasi KWH yang berhasil dihemat selama 24 jam di Bali saja mencapai 1.125.719 KWH, setara dengan 4.71 miliar Rupiah. Jika mau dihitung secara nasional, tinggal berapa penggunaan listrik rata-rata per satu kepala keluarga lalu dikalikan dengan total keluarga Hindu di seluruh Indonesia.
2. Mendekatkan Hubungan Keluarga Sudah menjadi pemandangan umum, saat ini, bahwa mendapati seluruh anggota keluarga (ayah, ibu, anak-anak) berkumpul bersama adalah sesuatu yang mahal, precious; selalu ada anggota keluarga yang tidak berada di rumah. Dengan Nyepi, seluruh anggota keluarga niscaya bisa berkumpul bersama selama 24 jam. Dan dengan amati karya, anggota keluarga bisa berkomunikasi sekaligus mendekatkan hubungan antara yang satu dengan lainnya. Nyepi bisa menjadi momentum untuk mendekatkan hubungan keluarga.
3. Pelaksanaan Nyepi di bali telah menghemat lebih dari 3,000,000 liter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Bali. Hal ini mengacu pada rata-rata konsumsi BBM di Bali untuk premium 2,300,000 liter dan solar 700,000 liter. Tak hanya BBM, Pertamina juga menghentikan pasokan 80,000 liter avtur, karena aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai juga dihentikan saat Nyepi. Dimana hari-hari biasa penggunaan BBM sangat terasa konsumtif liat aja cman ke mini market yg cman 200meteran aja lebih milih pake motor.
4. Menurunkan polusi, tahukah sobat bikers disaat nyepi udara di pulau Bali bersih, segar dan menenangkan pikiran. Nggak percaya???…..  ambil contoh aja ya….sekitar lebih dari 3 juta kendaraan tidak beroperasi di Bali. Secara teori, jika satu liter BBM memproduksi 2,4 kilogram CO2 dan per hari rata-rata sepeda motor butuh empat liter dan mobil 10 liter, maka sekitar 28,000 ton CO2 tereduksi. Angka itu belum termasuk penghematan dari pesawat dan kapal laut. Jika ditotal keseluruhan diperkirakan sekitar 30,000 ton CO2 yang tereduksi dari pelaksanaan Nyepi di Bali. Tuch…..bayangin aja sobat bikers disaat tempat lainnya masih berdenyut aktivitasnya maka di Bali benar-benar istirahat total.
5. Menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Tiap hari entah hari kerja atau pun hari libur kendaraan berseliweran lalu lalang di jalanan, tapi di Bali saat nyepi kendaraan berhenti total paling yang memiliki ijin hanya Ambulance untuk menjemput pasien dan mobil patroli Polisi. Otomatis kecelakaan benar-benar terminimalisir selama satu hari penuh.
6. Menurunkan daya konsumtif penduduk yang ada di Bali, selama satu hari penuh aktivitas perdagangan dan niaga berhenti total. Menikmati ketenangan dan kesunyian nyepi.
7. Mengistirahatkan anggota tubuh, tahukah sobat bikers di era sekarang ini istirahat menjadi suatu hal yang sangat istimewa. Dimana seluruh anggota tubuh beristirahat tidak bekerja, penyegaran tubuh, mata dan otak serta pikiran. Nyepi adalah saat yang tepat untuk beristirahat ataupun meditasi menenangkan pikiran sebagai sarana revolusi mental.
8. Selain mengistirahatkan total tubuh juga mengistirahatkan kendaraan yang dimiliki, setiap kendaraan pastinya memiliki masa pakai setidaknya disaat nyepi kendaraan ikut istirahat dan memperpanjang lifetime nya 🙂
Keunikan di saat nyepi yaitu:
1. Kebanyakan pada saat pangerupukan atau sehari sebelum hari nyepi banyak yang berbondong-bondong ke pasar tradisional, mini market ataupun pasar swalayan untuk membeli bahan makanan maupun jajanan sebagai persediaan selama nyepi.
2. Selama sehari penuh perayaan Nyepi bandara internasional ditutup dan 6 pelabuhan Bali juga ditutup benar-benar tidak ada yang datang maupun pergi. Ajee…..gile bandara sob ditutup only in Bali nie tiap tahun bandara internasional disuruh tutup.
3. Terjadi penghematan besar-besaran sob!!!! Penghematan listrik dan BBM. Sehari penuh tidak ada kendaraan lalu lalang kecuali mobil patroli dan ambulance. Penghematan listrik juga terjadi karna disaat nyepi lampu penerangan jalan pun tidak nyala apalagi lampu di rumah masing-masing warga. Hal ini berkaitan dengan Amati Geni. Dalam sehari penuh benar-benar car and bike free day, go green no polution.
4. Saat sehari penuh dalam perayaan Nyepi udara benar-benar terasa segar sobat bikers. Jauh dari polusi udara
5. Banjar Kaja Sesetan adalah satu-satunya penyelenggara acara omed-omedan sobat bikers. Biasanya pas ngembak geni atau sehari setelah nyepi acara tersebut dilaksanakan dan pastinya rame wisatawan lokal maupun manca negara yang berbondong-bondong melihat acara omed-omedan.
6. Sobat bikers tahu tidak gerakan World Silent Day yang selalu dilaksanakan oleh PBB setiap tanggal 21 maret yang kebetulan nyepi juga jatuh pada tanggal tersebut, terinspirasi dari perayaan nyepi. Bahkan diakui dunia lho mantaap!!!
7. Apalagi ya???…….mungkin sobat bikers bisa bantu nambahin hehehehhe……. 🙂
Oke sobat bikers terima kasih sudah mampir kemari, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum

Day of Silence 1937 Çaka Maret 21, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , ,
add a comment

image

Assalamu’alaikum
BMR mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi keluarga, kawan-kawan, rekan dan sahabat yang melaksanakannya.

OM Suwastiastu Rahajang nyangra Rahina Jagat NYEPI tahun çaka 1937 dumogi Ida Sang Hyang Widi Wasa ngicen panugrahan mangde Buana Agung Buana Alit setata trepti tur Shanti, Rahajeng ngelaksanayang bratha penyepian,, OM Santi Santi Santi OM.

Trima kasih sudah mampir kemari sobat bikers
Wassalamu’alaikum

Seputar data AISI Yamaha bulan februari 2015 Maret 20, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
7 comments

image

Assalamu’alaikum
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas penjualan yamaha R25 yang merosot, naaah……bagi yang belum baca bisa mampir KESINI. Kali ini BMR dapat info tentang penjualan sepeda motor Yamaha berdasarkan data AISI yang BMR dapatkan dari rekan Blogger yaitu om Tarom. Maturnuwun om atas infonya. Oke…..Berikut revisi rilis penjualan Yamaha pada bulan Februari berdasarkan data AISI:
Bulan Februari 2015 ditandai dengan mulai dipasarkannyaYamaha NMAX. Di bulan pertamanya mendulang penjualan sebanyak 1.916 unit. Penyebaran terbanyak di Jakarta yang mencatat penjualan sebanyak 669 unit dan yang kedua di Jawa Timur sebanyak 289 unit, lalu  disusul Jawa Barat dengan penjualan sebanyak 271 unit. Motor Ultimate Sports Matic 155 cc itu berhasil memikat konsumen dengan teknologi Blue Core, teknologi VVA (Variable Valves Actuation), sistem ABS (Anti-lock Brake System) dan fitur-fitur menarik lainnya.
Sementara itu, penjualan matik juga disumbang oleh Mio GT yang penjualannya naik tajam sebesar 1.319% dibandingkan Januari 2015 atau terjual 3.166 unit. Segmen matik Yamaha yang kian menguat juga ditandai dengan meningkatnya penjualan Mio M3 sebesar 14,33%. Xeon RC pun ikut naik 38,63% (872 unit), GT125 11,29% (9.893 unit), Fino FI 10,20% (9.033 unit). Kemudian pada segmen moped, Jupiter MX 135 cc sebagai penyumbang yang laris terjual 13.672 unit (nasional).
Sedangkan di segment sport Yamaha masih memimpin penjualan motor sport Tanah Air. Tercatat pada bulan Februari 2015 menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia), motor sport Yamaha terjual 32.275 unit (tanpa ekspor).
dimana penjualan terbesar diperoleh dari Yamaha V-Ixion sebanyak 26.546 unit dan masih menjadikannya sebagai motor sport terlaris di bulan Februari. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 27,83% dibandingkan bulan Januari 2015. Selain Yamaha V-Ixion penyumbang penjualan produk sport lainnya
didapatkan dari R15 (3.883 unit –nasional tanpa ekspor), R25 (515 unit – nasional tanpa eksport), Byson (1.246 unit), Scorpio (85 unit). Bila di total maka penjualan Yamaha di bulan Februari 2015 ini sebanyak 150.840 unit (nasional tanpa ekspor) atau naik sebesar 8% dibandingkan Januari 2015. Jika dengan ekspor total 159.835 unit (naik 8 % dibandingkan Januari 2015
Kemudian kinerja eksport Yamaha Indonesia pun cukup menggembirakan, di bulan Februari 2015 ini total 8.995 unit yaitu dari Jupiter MX CW 135 cc (800 unit), R15 (2.900 unit), R25 (5.295 unit)

”Dominasi Yamaha di kategori sport terus stabil dan paling banyak terjual. Kami optimis akan tetap mempertahankannya karena kualitas produk-produknya yang hanya bisa dihasilkan oleh Yamaha. Karena itulah konsumen loyal memilih produk Yamaha yang sesuai inovasi terbaru dan high quality,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Well……sobat bikers sepertinya para raksasa pabrikan jepang lagi pada senang sharing data AISI, sepertinya asieek….nie di compare sama data AISI pabrikan sebelah jadi kelihatan segment mana saja yang memimpin dan segment yang penjualannya melempem, jadi peta persaingannya bisa terlihat jelas. Trima kasih sudah mampir kemari semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum

Makjegleerrrr!!!!!! Penjualan YZF R25 bulan februari 2015 sebanyak 515 unit di pasar nasional Maret 19, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , , ,
18 comments
image

Pict nyomot dari mbah ridertua

Assalamu’alaikum
Kehadiran Yamaha R25 yang digadang-gadang untuk meruntuhkan dominasi singgasana Kawasaki Ninja 250 FI ternyata masih belum bisa meruntuhkannya hal ini terlihat pada bulan februari kemarin berdasarkan data AISI ternyata penjualan Yamaha R25 merosot nie, bijimane mau bikin tsunami….. 😦 Ninja 250_”FI aja masih diatas 1600an unit per bulan. Bila berdasarkan pada data AISI yang beredar selama ini Yamaha selalu mengumbar data AISI penjualan Yamaha R25 dengan angka yang cukup fantastis. Contohnya saja sepanjang bulan Januari sampe bulan Februari 2015, Yamaha berhasil mendistribusikan sebanyak 11.572 unit Yamaha R25. Angka yang cukup fantastis tentunya untuk sebuah motor sport full fairing 250 cc. Sayangnya, data AISI merupakan data keseluruhan penjualan yang berarti, jumlah itu nggak cuma untuk pasar nasional, tapi juga pasar eksport. Beberapa hari yang lalu jagat blogsphere juga ramai mengulas diskon R25 sebesar 7 juta. Kemudian yang lebih mencengangkan lagi ternyata penjualan Yamaha R25 malah mengalami penurunan bila melihat penjualan untuk pasar lokal tanpa menghitung untuk eksport. Beberapa rekan blogger senior yang mengulas hal serupa ada kang Tyo KLX, om Madev, Kang Rio motorrio, mas Joe motoblast.
Berikut petikan dari rekan-rekan blogger yang mendapatkan Press Realese dari Yamaha:
Yamaha tetap memimpin penjualan segmen motor sport Tanah Air. Tercatat di bulan Februari 2015 menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia), motor sport Yamaha terjual 40.470 unit.Itu diperoleh dari penjualan V-Ixion 26.546 unit yang menjadikannya sebagai motor sport terlaris di bulan Februari. Angka itu naik 27,83% dibandingkan bulan Januari 2015. Selain V-Ixion, kontribusi sport didapatkan dari R15 (3.883 unit-nasional tanpa ekspor), R25 (515 unit–nasional tanpa ekspor), Byson (1.246 unit), Scorpio (85 unit). Kinerja ekspor Yamaha Indonesia pun cukup menggembirakan, di bulan Februari 2015 ini total 8.995 unit yaitu dari Jupiter MX CW 135 cc (800 unit), R15 (2.900 unit), R25 (5.295 unit).
Bila….flashback diawal kemunculannya  Pak Eko Prabowo tidak muluk-muluk hanya menargetkan penjualan Yamaha R25 sebesar 1000 unit per bulannya, sekarang sich beliau udah pensiun. Lhaaa…..kok bulan februari untuk pasar lokal atau nasional cuman laku 515 unit piye iki sobat bikers??…..
Ayooo….Yamaha tunjukin dong ancaman Tsunami dari Yamaha R25 jangan sampe kayak pabrikan sebelah tuch inovasi terhenti dan masih asiek ama jualan ayago nya, katanya mau memporak-porandakan dominasi geng ijo…..
Banyak hal juga yang menyebabkan penurunan penjualan bisa dari daya beli masyarakat yang menurun atau kualitas suatu produk yang dijual kurang memilliki nilai lebih dibanding kompetitor, selain itu harga yang dibanderol pun juga ikut ambil bagian dimana produk lokal kok harga malah setara yang CBU tentunya mempengaruhi pemikiran calon buyer.
Oke terima kasih sudah mampir kemari semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum

Es puter langganan balimotorider Maret 19, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , ,
26 comments

image

Assalamu’alaikum
Siang hari yang terik gini emang paling enak makan yang adem-adem nie. Pas banget kebetulan dagang es langganan semasa kecil dulu lewat. BMR sudah lama banget langganan es ama bapak yang satu ini. Dari jaman BMR masih SD sampe sekarang, udah seperti keluarga sendiri. Sedikit kilas balik tentang sejarah es puter atau lebih dikenal dengan es dung-dung. Sejarah es dung-dung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk bisa menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter atau biasa dikenal dengan es dung-dung, es tung-tung atau es tong-tong.
Beliau ini aslinya dari kota Banyuwangi awalnya bekerja sebagai guru di salah satu sekolah negeri di kotanya entah mengapa akhirnya banting setir dan berjualan es dung-dung keliling kampung di daerah seputaran denpasar. Sempat BMR menanyakan perihal keputusannya dan beliau menjawab lebih sreg hatinya untuk berdikari berjualan saja, karna bekerja dengan gaji yang sudah ditetapkan per bulan terasa kurang greget bagi beliau. Alhamdulilah keputusan tersebut tepat dan tentunya dilakukan dengan istiqomah membuahkan hasil yang tak sia-sia anak-anak beliau  bisa sampe lulus perguruan tinggi dan bisa mencapai cita-cita yang diinginkan. Beliau ini pas BMR mau foto nggak mau alasannya malu mas kayak artis aja di foto-foto, alhasil cuman foto es dung-dung nya doang.

image

image

Lumayan segelas gini cuman 5 rebu cukuplah buat ganjal perut dan penghilang dahaga sejenak. Es nya pun sedari saya kecil rasa es tidak berubah, kualitas tetap terjaga selain berjualan keliling menggunakan sepeda motor Beliau juga menitipkan dagangannya dibeberapa sekolah dasar. Pilihan rasanya ada pandan, strawberry, coklat, nangka dan BMR biasanya dicampur aja biar maknyuzz……..Tak terasa dari BMR SD sampe sekarang ini beliau masih sehat dan tidak banyak perubahan yang berubah paling beberapa tahun belakangan ini mengganti gerobaknya dengan motor dikarenakan anaknya kurang berkenaan bila melihat bapaknya harus mendorong gerobak terus-menerus, selain itu bisa dikatakan sudah tidak ada tanggungan anak yang bersekolah lagi. Lagipula dengan menggunakan motor kan nggak cape dorong gerobak. Waaah…..bahagia sekali ya punya orang tua seperti itu dan orang tua nya pun pasti lebih bahagia lagi punya anak seperti itu.
Sekedar bacaan ringan sobat bikers semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari.
Wassalamu’alaikum

WARUNG BIKER

Motorcycle Blog

Ninja150ss

Berbagi Informasi Otomotif dan Berita Lainnya

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan