jump to navigation

Kuliner Pecel madiun di denpasar Februari 13, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum wr.wb
Selain terkenal dengan Brem Kabupaten Madiun memiliki makanan  khas lainnya yang tak kalah nikmat sekaligus sehat yaitu pecel. Sobat bikers semua pastinya sudah tidak asing lagi mendengar kata pecel Madiun. BMR pun tidak begitu tahu terhadap asal-usul nasi pecel ini, karena serasa menyebar begitu saja dikalangan masyarakat terutama Madiun.
Pecel merupakan makanan sejenis salad yaitu berupa campuran beberapa jenis sayuran yang kemudian diberi topping, bedanya kalau salad toppingnya menggunakan mayonnaise sedangkan pecel sendiri menggunakan sambel pecel. Disebut nasi pecel karena umumnya dihidangkan dengan nasi putih. Apabila sobat bikers sedang menjalani program diet tertentu maka nasi putih dapat digantikan dengan nasi merah. Jika yang disajikan hanya berupa sayuran dan sambel pecel maka disebut pecelan saja. Cara penyajian bisa menggunakan piring atau memakai pincuk yaitu daunpisang yang dilipat. Sambel pecel merupakan bagian utama yang memegang peranan penting dalam menentukan enak atau tidaknya rasa seporsi nasi pecel Madiun. Banyak juga yang menyebut sambel pecel ini dengan sebutan sambel kacang karena berbahan dasar kacang tanah. Sambel pecel sendiri terbuat dari beberapa bahan diantaranya kacang tanah, cabe rawit, daun jerut purut, bawang, asam jawa, kencur, lada, gula dan garam. Sebelum digunakan untuk membuat sambel, terlebih dahulu kacang tanah digoreng atau disangrai. Aroma daun jeruk purut merupakan ciri khas yang terdapat pada sambel pecel Madiun.

image

Dulu ada salah satu pedagang nasi pecel yang beberapa kali pernah BMR kunjungi. Ya harga saat itu masih termasuk murah sepiringnya seharga 6 ribu sudah dapat nasi pecel isi tempe sama bergedel jagung nggak tau sekarang naik jadi berapa. Warung ini biasa buka sore hari menjelang magrib hingga malam terkadang karna larisnya sebelum jam 11 malam sudah tutup karna sudah abis pecel yang dijual. Untuk rasanya ya seperti nasi pecel pada umumnya cman lebih berasa bumbunya dan pedasnya pas di lidah ya termasuk enaklah nasi pecelnya, karna pengalaman beberapa kali singgah ke warung nasi pecel nama doang yang nasi pecel rasanya buat BMR kurang enak entah itu campuran bumbunya yang asal bikin atau sayurnya yang kurang sesuai. Oiya…..lupa lokasi warung ini berada di sebelah Polsek monang-maning kalo dari pertigaan lewat jalan gunung batukaru arah ke Tiara monang-maning sebelum tiara monang maning ada Polsek naah…..pas disebelah Polsek itu lokasinya kalo nggak salah masuk ke jalan Gunung Muliawan atau gang senggol blok III lokasinya gampang dicari karna dideretan gang tersebut rame orang jualan mulai sate padang, nasi lemak, nasi goreng, gorengan pokoknya nggak sulit kok menemukan lokasinya. Lagipula jualannya pake gerobak atau rombong di cat warna hijau jadi terlihat ciri khasnya.
Pesan nasi pecel isi telur ceplok atau pake ayam goreng juga bisa. Bagi yang pengen porsi portugal alias porsi tukang gali  juga boleh yang jelas harga menyesuaikan hehehehehehe…… 😆 Kalo nggak salah ingat pake telur ceplok jadi 8 ribu seporsinya sedangkan pake ayam goreng jadi 9 ribu ya lumayan juga harganya itu belum termasuk minumnya lho…….. tapi buat yang diperantauan dan kangen masakan jawa terutama jawa timuran apalagi yang sekampung alias sama-sama dari madiun monggo bisa mampir ke warung tersebut. Oke sobat bikers terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk mampir.
Wassalamu’alaikum

buat nambah silaturahmi dan nambah paseduluran bisa melalui:
email: balimotorider@gmail.com
whatsapp: 081236333973
bbm: 7DBC60FE
twitter: johanajah
path: johan adiwena

Iklan

Komentar»

1. agoey - Februari 13, 2015

wagh…bikin lapar..malam2 bgini…

balimotorider - Februari 13, 2015

Hehehehehe……. 😀

2. Sing Indo - Februari 13, 2015
balimotorider - Februari 13, 2015

Hehehehehehehe……… 😀
Waaah…..sama nie sayang dimari harga segitu tergolong lumayan bagi pemuda rantauan kyk saya klo di kampung mah 5rb udh kumplit pake ayam ama telur

3. Rudy SouL - Februari 13, 2015

dulu pas jamnas dibali aku sarapan pecel madiun tapi lupa tempatnya.

balimotorider - Februari 13, 2015

Bnyk om ada di renon, di jln teuku umar, di daerah kuta juga bnyk yg jual

4. mas huda - Februari 13, 2015

Saya pernah waktu ke Madiun dulu nyicipin pecel itu… khas banget ya pake telor mata sapi

Klik tanda LOVE di foto Huda El Marhoum http://tinyurl.com/vote-benelli

balimotorider - Februari 13, 2015

Iya om Huda tiap daerah punya ciri khas masing2 utk nasi pecelnya.
Maturnuwin om sdh mampir 🙂

mas huda - Februari 13, 2015

Kalo ditempat ane pecel gambringan.. je he

balimotorider - Februari 13, 2015

Waaah…..boleh juga tuch
Bedanya apa om??

mas huda - Februari 13, 2015

Kalo dulu sih ada jamurnya g tahu namanya jamur apa.. sekarang udah g ada kayaknya

balimotorider - Februari 13, 2015

Walaaah…..enak tuch pecel ada jamurnya
Mungkin petani jamurnya terbentur ama biaya produksi jd susah utk dpt profitnya 😦

5. PotretBikers - Februari 13, 2015
balimotorider - Februari 14, 2015
PotretBikers - Februari 14, 2015

Lah…diwarung sendiri njemur??

balimotorider - Februari 14, 2015

Eeeh……lupa hahahahahha 😀
Maklum mata udh gak kuat

PotretBikers - Februari 14, 2015

Kalau gak kuat, lambaikan tangan pada kamera….#team Kami akan segera menjemput 😉

balimotorider - Februari 14, 2015

Wakakakakakkaakak……. 😀
Blh asal espegeh yg jemput dan bukan espegeh minyak angin ya 😀

PotretBikers - Februari 14, 2015

Hahahaaa….yg ada kalau malam-malam ya SPG minyak angin 😉

balimotorider - Februari 14, 2015

Haadeeeh…….ntar mlh pijat urut dan kerokan wakakakakakakakakak……… 😀

PotretBikers - Februari 14, 2015

gapopo 😀

balimotorider - Februari 15, 2015

Hahahahhaha

6. toretto - Februari 13, 2015

coba tak k sana klo lagi ke bali…….

balimotorider - Februari 14, 2015

Siaaap……om toretto
Klo kemari kabarin om biar bisa kopdar 🙂

7. jildhuz - Februari 14, 2015

Pecelnya kayanya perlu di coba nih, pas touring lewat madiun cari ah,

Awas kena tipu om

https://jildhuz.wordpress.com/2015/02/14/syarat-mlm-halal-poin-keempat-tidak-ada-mark-up-harga/

balimotorider - Februari 14, 2015

Monggo om 🙂

8. orong-orong - Februari 14, 2015
9. joni - Maret 18, 2015

mantab bener dah pecel nya

balimotorider - Maret 18, 2015

Joozzzzz


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: