image

Assalamu’alaikum wr.wb
Maaf blog rada lama kosong maklum nyari bahan artikel dulu selain itu ada kerjaan yang numpuk biasalah akhir bulan hehehehehehe…….. πŸ˜€
Oke kali ini tentang cilok yang asal katanya dari aci dicolok, siapa yang tidak kenal dengan jajanan olahan satu ini. Jajanan yang berbahan dasar aci atau tepung tapioca ini begitu digemari karna teksturnya yang kenyal dan bentuknya yang bulat seperti bakso.

image

image

Saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar belum ada pedagang cilok yang ada pedagang pentol dan akan rame diserbu saat jam pulang sekolah ataupun saat jam istirahat. Karna saat saya kecil belum mengenal adanya cilok di kota saya yang ada hanya pentol dan itu pun nggak beda jauh dengan cilok baik itu dari bentuknya maupun bahannya yang membedakan kalo pentol disini biasanya tidak menggunakan bumbu kacang sedangkan cilok untuk bumbunya menggunakan bumbu kacang.

image

image

Cilok sendiri disini baru ngetrend beberapa tahun belakangan ini, dimana sebelumnya juga sempat ngetrend jamur crispy, maklumlah di Bali khususnya denpasar usaha di bidang kuliner murah meriah gini paling cepat laris dan cepat ngtrend nya padahal kadang cman ganti nama doang. Berbicara soal cilok dan nostalgia jaman SD dulu ada salah satu yang menjadi langganan saya yaitu ciloknya mang Rano, beliau masih ikut orang dan belum ada setahun tinggal di denpasar di kota asalnya majalengka pun beliau juga berjualan jajanan yang sama. Untuk pendapatan bersih jangan dipandang sebelah mata atau dianggap remeh sobat bikers. Meskipun mang Rano ini kerjanya masih ikut orang tapi untung bersih yang didapatkan dari dia mangkal gak pernah kurang dari 150 ribu per harinya. Tinggal diitung aja tuch sebulan dapet berapa penghasilannya. Saya aja keder dengernya πŸ™‚ mantaaap bukan penghasilannya. Dari hasil tersebut bisa untuk menyekolahkan anak di kampung dan dapur keluarga bisa tetap ngebul. Alasannya hijrah ke Bali pun demi mengangkat kehidupan ekonomi walaupun sebenarnya dimari untuk makanan dan bahan-bahan pokok harganya juga mahal dan dampak yang paling terasa malah buruh kantoran seperti saya ini dimana UMK kota Denpasar hanya 1.8 juta whaaat………are U kidding me??? No it’s true UMK disini lebih rendah daripada di pulau Jawa sobat bikers bisa cek disini. Saya liat beliau jualannya bersih kagak blepotan, cekatan dan ramah serta lokasinya pun strategis di pinggir jalan dan dekat dengan sekolahan sehingga memudahkan pembeli untuk mampir ke tempatnya mangkal.
Nah……kalo di kota sobat bikers apa nie jajanan murah meriah yang sedang trend atau kembali ngetrend sekarang ini???……
Oke sobat bikers artikel ringannya, trima kasih udah menyempatkan waktunya mampir ke warung saya.
Wassalamu’alaikum wr.wb

image
Man Rano juragan cilok
Iklan