image

Assalamu’alaikum wr.wb
Lagi asiek blogwalking ternyata pada sibuk bahas launching yamaha N-Max sama rame masalah merekam perbuatan Polisi yang tidak benar saat bertugas di lapangan. Disini yang menjadi sorotan utama saya adalah aksi merekam perbuatan Polisi tersebut. Untuk link videonya sobat bikers bisa lihat Disini.
Oke sebagai ilustrasi untuk memudahkan begini ceritanya suatu ketika si Bejo terkena razia rutin yang biasa diadakan di jalan umum tersebut untungnya si Bejo kelengkapan berkendara lengkap. Saat akan jalan si Bejo melihat gelagat kurang baik dari salah seorang anggota yang menilang seseorang di depannya. Dimana sang korban merasa tidak memliki kesalahan tapi sang oknum mencari celah agar bisa menilang sang korban. Sejurus kemudian si Bejo mengeluarkan ponselnya dan menyalakan mode rekam dengan kamera ponselnya. Kemudian anggota yang lain melihat aksi si Bejo tersebut kemudian melarang si Bejo untuk merekam bahkan menggertak dan mengancam atas perbuatan si Bejo tersebut. Sang oknum mengatakan harus ijin klo ingin merekam apa yang dilakukan oleh aparat kalo gak ijin bakal dipenjarakan tapi si Bejo gak kalah akal dalihnya adalah demi penegakan hukum di indonesia. Dimana dari Kepolisian pun meminta masyarakat untuk aktiv turut serta demi memperbaiki citra Polisi.

image

Naah……dari ilustrasi tersebut kita bicara dalam konteks merekam polisi nakal aja ya. Sobat bikers bisa lihat dalam UU ITE No. 11 Th. 2008 pasal 31 yang berbunyi yaitu:
Pasal 31ayat 1: Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain.
Pasal 31 ayat 2: Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan, dan atau penghentian Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik yang sedang ditransmisikan.
Bila merujuk pada Pasal tersebut maka tindakan si Bejo melanggar hukum dan dapat kenakan sanksi pidana dengan ancaman penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan atau denda paling banyak Rp800 juta rupiah dapat dilihat pada Pasal 47 UU ITE. Tapi si Bejo masih bisa melakukan pembelaan diri atas perbuatannya hal ini tertuang dalam Pasal 31 ayat 3: Kecuali intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat1 dan ayat 2, intersepsi yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejaksaan, dan atau institusi penegak hukum lainnya yang ditetapkan berdasarkan undang-undang.
Pasal 31 ayat 4: Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat 3 diatur dengan Peraturan Pemerintah.
Pasal 31 ayat 3 di atas emang nggak secara explicit mendukung orang-orang biasa atau sipil untuk melakukan perekaman dalam bentuk video, tapi itu bisa dijadikan dasar hukum yg kuat kalo kita emang mau merekam kegiatan razia oknum polisi yg menyimpang. Seperti yg sudah dikatakan, razia itu bersifat umum alias tidak ada yg dirahasiakan, jadi ‘seharusnya’ tdk ada yg dirugikan kalo ada yang mendokumentasikannya dalam bentuk video atau pun gambar.
Mengenai ijin ke institusi penegak hukum seperti kepolisian ataupun kejaksaan sebelum merekam. Di ayat 3 tidak disebutkan harus meminta ijin dulu. Lebih tepatnya “permintaan”……Kalo dibahas secara harfiah jelas sudah banyak permintaan dari institusi penegak hukum, salah satunya ya dari instansi Kepolisian itu sendiri yang menghimbau masyarakat untuk turut serta bersikap aktif melapor jika menemukan ‘Polisi nakal’. Lagipula perekaman dilakukan di tempat umum dan tidak menyangkut privasi sang oknum Polisi. Toh kan sebagai warga negara yang baik kita juga diminta untuk berperan aktiv bila ada oknum Polisi yang nakal.
Oke sobat bikers terima kasih sudah menyempatkan waktunya mampir ke warung saya bila ada yang ingin menambahkan ataupun mengkoreksi silahkan saja karna saya pun masih belajar juga.
Wassalamu’alaikum wr.wb

image

Iklan