jump to navigation

beda denda tilang apabila kita ikut sidang dengan titipan denda tilang bila tidak bisa menghadiri sidang dan mengapa denda tilang tiap daerah bisa beda??….. …. Desember 23, 2014

Posted by balimotorider in Uncategorized.
trackback

image

Assalamu’alaikum wr.wb
Lama gak ngisi warung nie……. 😦 maap buat pengunjung setia kalo saya lama gak update. Oke kali ini saya ingin coba membantu jawab pertanyaan seorang rekan di group tentang beda denda tilang apabila kita ikut sidang dengan titipan denda tilang bila tidak bisa menghadiri sidang dan mengapa denda tilang tiap daerah bisa beda??….. Oke sebelum lebih jauh melangkah alangkah baiknya kita tahu dulu fungsi tiap formulirnya dari pelanggaran lalu lintas jalan, seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri No Pol: SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998. Kita akan diberi surat Tilang. Surat tilang tersebut memiliki lima lembar dengan warna yang berbeda, yaitu:
1. Lembar Merah : Diberikan kepada pelanggar yang akan melaksanakan
sidang perkara pelanggarannya dilaksanakan di pengadilan;
2. Lembar Biru : Diberikan kepada pelanggar yang menyatakan setuju atas dakwaan Penyidik/Penyidik pembantu dan bersedia membayar denda maksimal yang ditentukan UU LLAJ dan disetorkan ke bank yang ditentukan;
3. Lembar Hijau : Diberikan kepada pengadilan negeri setempat;
4. Lembar Kuning Diberikan kepada kesatuan Polri setempat;
5. Lembar Putih : Diberikan kepada kejaksaan negeri setempat.
Oke balik ke pertanyaan diatas kenapa bisa lebih mahal denda titipan yang disetor ke bank daripada mengikuti sidang. Hal ini bila pihak pelanggar memilih form biru dikarenakan tidak bisa ikut sidang ataupun berasal dari luar kota atau merasa lebih baik setor di bank daripada nitip ke polantas. Sbebenarnya sah-sah aja. Tapi perlu di ingat baik-baik dengan memilih slip biru maka kita Mengakui kesalahan dan dikenakan denda maksimal sesuai UU NO.22 Tahun 2009. Jadi bila memilih slip/form biru maka siapkan dana extra karna akan dikenakan denda maksimal sesuai UU yang berlaku. Keuntungan dari slip biru adalah kita tidak perlu repot menghadiri sidang dan jelas uang yang disetor masuk kas negara.
Sedangkan Slip merah artinya bahwa kita tidak menerima kesalahan dan masih ingin berargumen atau melakukan pembelaan dimana argumen itu kita lakukan nanti melalui
sidang. Sesuai tanggal & waktu sidang yang telah ditentukan oleh polisi dan tempat sidang biasanya di pengadilan tempat kita ditilang. Jadi dengan memilih form/slip merah maka kita masih ingin melakukan pembelaan dimuka pengadilan. Kekurangannya jelas harus menyediakan waktu luang untuk mengikuti jalannya sidang dan keuntungannya dikenakan biaya lebih murah daripada slip biru.

image

Ilustrasi sidang

Lanjut kenapa bisa terjadi perbedaan denda tilang antara daerah yang satu dengan yang lain saat teman saya mengikuti sidang?…..
Sebelum itu saya coba sedikit menjelaskan berdasarkan
Dalam operasionalnya hukum upaya penegakan hukum, maka tugas pokok dari penegakan hukum (agent of implementation) adalah menerapkan hukum apa adanya sesuai dengan apa yang dicantumkan dalam peraturan perundang-undangan. Dalam kapasitas ini hakim lazim disebut sebagai “corongnya undang-undang”. Hukum dipandang sebagai komando yang memerintahkan kepada setiap orang untuk mentaatinya. Karena itu Darji Darmodiharjo sebagaimana dikutipnya dari Aurtin menyatakan, “A law is a command which obliges a person or person …. Law and other commands are said to proced from superiors, and to bind or oblige inferiors”. Putusan hakim juga bisa dikatakan sebagai hukum yang harus ditaati oleh pihak yang diperkarakan atau dituntut karena kesalahannya. Tampak dalam konsiderannya putusan hakim mencantumkan dasar-dasar hukum yang menjadi dasar putusan perkara tersebut. Artinya hakim harus mencantumkan dasar hukum sebagai dasar pertimbangan hukumnya.
Jadi kenapa bisa beda karna hakim memberi putusan sesuai konsiderannya, dalam hal ini bila memutuskan perkara pelanggaran lalu lintas maka hakim menggunakan UU yang berlaku dan peraturan-peraturan lainnya. Melihat beda denda antara daerah yang satu dengan yang lain karna hakim tiap daerah pun pasti berbeda-beda. Intinya dalam memutuskan hasil sidang. Hakim melihat denda maksimal sesuai UU dan peraturan lainnya kemudian memberikan rata-rata denda minimal untuk pelanggar.
Oke sobat bikers semoga apa yang saya berikan bermanfaat bagi kita semua bila ada kekurangan atau kesalahan tolong dibantu agar saling mencerdaskan.
Wassalamu’alaikum wr.wb

image

Narsis dikit saat mata kuliah peradilan

Iklan

Komentar»

1. potretbikers - Desember 23, 2014
bikerkampung86 - Desember 23, 2014

Iya nie om….. mau dipendekin takut beda lagi nanti artinya
Kira2 apa ya judul yang pas…..
Mohon saran om

potretbikers - Desember 23, 2014

Aku juga masih bingung,om…#hanya masukan, kalau bisa kasih koma di judul. Biar gak rada bingung 😉

bikerkampung86 - Desember 23, 2014

Oke klo gitu om
Suwun atas sarannya 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: