jump to navigation

RC Valve NSR dan perawatannya Oktober 30, 2014

Posted by balimotorider in Uncategorized.
trackback
image

NSR 150 SP (nyomot di kaskus)

Assalamu’alaikum wr.wb
Apa kabar sobat biker semua semoga sehat dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT.
Kali ini saya ingin merangkum sedikit hasil blogwalking, akhirnya nyampe di warungnya bengkel motor online. Isinya membahas tentang rc valve pada honda nsr. Kok bahas NSR lagi emang nggak ada bahasan lain…. ๐Ÿ™‚ maklum yang punya warung naksir berat ama NSR. Selain itu buat nambah wawasan juga jadi saat nanti ada rejeki untuk meminang si nsr paling tidak sudah tahu seluk beluknya.
Siapa yang tidak kenal dengan sport 2 tak honda yang satu ini. Motorsport 2 tak tercanggih di jamannya bahkan masih menjadi buruan para kolektor dan pecinta kecepatan. Dapat dikatakan bahwa rc valve merupakan salah satu komponen vital yang ada pada honda nsr sehingga sering kali bengkel resmi ataupun bengkel langganan enggan bahkan menolak karna takut salah setel pada rc valve saat terjadi kerusakan mesin karna komponen tersebut sangat langka. Berikut hasil saduran yang dapat saya bagi kepada sobat bikers.

image

Nyomot google

Apakah fungsi dari RC VALVE?
Fungsi dari RC Valve sendiri adalah untuk mengontrol luas area lubang buang agar didapatkan power yang maksimal disemua area rpm. Mengapa bisa begitu?
-Pada mesin 2 tak ada berbagai cara yang sering dilakukan oleh mekanik untuk meningkatkan performa mesin tersebut, yang paling lazim adalah dengan merubah tinggi lubang buang namun ada beberapa konsekuensi yang harus dibayarย  dengan cara tersebut yaitu :
Semakin tinggi lubang buang berarti luas area atau penampang lubang buang semakin besar, efek yang ditimbulkan :
A: Power semakin baik pada putaran atas tetapi cenderung lemah diputaran bawah

B: Karena putaran bawah menjadi kurang bertenaga untuk pemakaian sehari-hari secara normal, maka motor menjadi tidak nyaman dikendarai dan bahan bakar menjadi boros.
Semakin rendah lubang buang berarti luas area / penampang lubang buang semakin kecil, efek yang ditimbulkan :
A: Power semakin baik pada putaran bawah tapi buruk pada putaran atas.

B: Motor tidak mampu untuk digunakan pada keperluan balap hanya dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.
Melihat keadaan tersebut maka pabrikan berinisiatif membuat
suatu sistem katup pada lubang buang mesin 2tak modern yang memungkinkan perubahan area
luasan atau penampang lubang buang pada setiap rpm.

Pada mesin Honda dikenal dengan istilah RC Valve, pada Yamaha dikenal dengan istilah YPVS sedangkan Kawasaki dengan istilah KIPS, dimana
prinsipnya sama hanya bentuknya yang berbeda.

image

Diagram nsr

Cara kerja dari RC Valve
Cara kerja pada RC Valve Berbeda dengan KIPS yang digerakkan oleh sistem mekanis, RC Valve bekerja dengan sistem Elektrik, sehingga butuh perawatan lebih hati-hati agar performanya bisa selalu terjaga. Bisa sobat bikers lihat pada skemaย  gambar diatas.
Keterangan :

—– Komponen RC Valve
____ Jalur arus elektrik

Dari skema diatas sobat bikers bisa kita lihat bahwa kerja komponen RC Valve (Servo motor & RC Control) berhubungan dengan komponen elektrik lainnya seperti CDI dan kiprok, sehingga kesehatan CDI dan Kiprok juga dipengaruhi oleh komponen-komponen RC Valve.
Apa efeknya jika NSR tanpa RC Valve?

1 Jika RC Valve di sett pada posisi H
(terbuka penuh) maka :

A: Power yang dihasilkan semakin baik pada putaran atas, akan tetapi cenderung lemah pada putaran bawah
B: Bahan bakar menjadi boros. Menurut informasi dari beberapa pemilik NSR yang kondisi mesinnya sehat dengan RC Valve mampu berjalan normal dapat menghasilkan
perbandingan 1liter : 35 km, sedangkan NSR tanpa RC Valve hanya mampu 1 liter : 10-13 km, tentunya dengan kondisi pemakaian normal di perkotaan
c Lontaran tenaga dari mesin tidak periodik tetapi secara tiba2 mengakibatkan daya yang diterima komponen mesin lainnya pun secara tiba2 pula hal ini tentunya memperpendek usia mesin.

2 Jika RC Valve di sett pada posisi L
(menutup penuh) maka :
A: Power motor baik di putaran 0 โ€“ 5000rpm tetapi buruk di atas 5000rpm.
B: Akan terjadi deposit atau penumpukan kerak yang berlebih
pada katup lubang buang yang membahayakan piston jika tumpukan kerak sudah terlalu banyak mengakibatkan Blok dan Piston bisa baret.
3 Jika RC Valve di set pada posisi tengah maka :
A: Power yang dihasilkan oleh motor baik di rentang putaran menengah
B: Akan terjadi deposit atau penumpukan kerak yang berlebihan
pada katup lubang buang yang membahayakan piston jika tumpukan kerak sudah terlalu banyak dapat membuat Blok dan Piston menjadi baret.
Bagaimana merawat RC Valve?

Dikarenakan RC Valve merupakan komponen vital yang ada pada NSR maka diperlukan perawatan agar kienerja mesin tetap berjalan dengan baik. Berikut ini cara perawatan RC Valve:
1 Pastikan kondisi part-part elektrik pendukung RC Valve dalam kondisi baik terutama : Aki, CDI dan kiprok. Untuk CDI dan kiprok harus yang orisinil atau asli pabrikan.
2 Pastikan kerja buka tutup RC valve tidak terhambat caranya lumasi kawat2 pada servo motor sampai dengan blok.
3 Bersihkan kerak yang menumpuk pada katup lubang buang jika terjadi penumpukan yang berlebihan
4 Sesuaikan posisi setelan pada cakram RC Valve di blok dengan pulley pada Servo motor
5 Jika RC Valve pernah kebakar dan sudah mengalami perbaikan pastikan gerakan servo tidak berhenti-henti ditengah-tengah posisi H dan L, gerakan harus lancar dan kecepatan putar pulley nya pun harus sesuai dengan bawaan pabrik serta gerak pulley tidak bergetar-getar, jika hal ini
terjadi kemungkinan arus listrik yg keluar ataupun masuk bebeda dari yang seharusnya maka dikhawatir umur dan kinerja RC Valve dan komponen pendukung elektrik lainnya seperti CDI dan kiprok akan terpengaruh.

Oke sobat bikers terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk mampir ke warung pinggiran saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Sumber:
http://bengkel-motor-online.blogspot.in/2008_03_01_archive.html?m=1
http://bengkelmotoronline.wordpress.com

Iklan

Komentar»

1. ardiantoyugo - Oktober 30, 2014

Wah… SPnya sedap dipandang…

bikerkampung86 - Oktober 30, 2014

Hehehehehehehe……. ๐Ÿ˜€
Pict nya dpt dri kaskus masbro
Makasih bnyk sdh menyempatkan utk mampir

2. ninja150ss - Oktober 30, 2014

maksud e tinggi / rendah lubang buang tuh yg gmn kang?
mohon penjelasanya

bikerkampung86 - Oktober 30, 2014

Halaaaah…..si om ceritanya ngetest nie
Lha….wong si om biasa maen motor 2 tak masa gak tau ๐Ÿ˜ฏ

ninja150ss - Oktober 30, 2014

beneran nanya serius,soalnya msh bingung.
yg dmksd tinggi/rendah tu yg gmn?

bikerkampung86 - Oktober 30, 2014

Boong banget ini ceritanya ngetest ane ๐Ÿ˜€

ninja150ss - Oktober 30, 2014

ngapain jg boong?
org nanya beneran&serius mlh dikira ngetes.
piye karepe? wahh ketoke ngajak gelut ki

bikerkampung86 - Oktober 31, 2014

Wakakakakakakakakakak……. ๐Ÿ˜†
Sitik….sitik….gelut emange iki ring smackdown ๐Ÿ˜›

ninja150ss - Oktober 31, 2014

Ring tinju

bikerkampung86 - Oktober 31, 2014

Kirain ringpiston.com ๐Ÿ˜›

3. wtf170 - Oktober 30, 2014

nasir maning…..kayaknya beneran mau d boyong ne ๐Ÿ˜€

bikerkampung86 - Oktober 31, 2014

Blm masbro duitnya blm ada lagian ngumpulin bahannya dulu jd pas ada rejeki bisa beli nasir gak bingung utk perawatan dll

wtf170 - Oktober 31, 2014

Jos

bikerkampung86 - Oktober 31, 2014

Nyozzz………

4. ark - Oktober 31, 2014

moga cepet kebeli mas..
jian motor guanteng iki, auranya tak lekang zaman, wis cocok jadi barang koleksi

bikerkampung86 - Oktober 31, 2014

Amin ya rabbal alamin
Maturnuwun masbro atas doanya semoga segera terwujud

5. azizyhoree - November 1, 2014

RC valve pakai electric servo, kalau KIPS system mekanis …….. adalagi yg di pakai Aprilia juga servo electric , YPVS hmmmmm nampaknya juga electric

bikerkampung86 - November 1, 2014

Iya mas Aziz kayaknya cman kawasaki aja yg sistem KIPS nya msh pake mekanis klo YPVS ane kurang paham sistem kerjanya
Maturnuwun atas kunjungannya ๐Ÿ˜‰

6. Rio - November 10, 2014

Posisi H sama L dimana? Klo bisa ada fotonya jadi yg awam permesinan kaya saya bisa saham ๐Ÿ˜€
http://motorrio.com/2014/11/09/marquezs-first-brothers-who-wins-motorcycle-grand-prix-title/

bikerkampung86 - November 10, 2014

Posisinya ada disblh kanan om Rio pas dibawah jok rider sblh kanan ada lubang kecil buat ngeliat RC Valve nya bentuknya seperti tabung jadi klo di gas RC Valvenya berputar

Rio - November 10, 2014

Oooo sip dah

bikerkampung86 - November 10, 2014

Iya om rio klo difotoin rada susah karna posisinya disebelah kanan pas dipertemuan antara dibawah jok rider dan tangki bbm klo pengen jelas kudu buka body sblh kanan nanti keliatan jelas letak RC Valvenya ๐Ÿ™‚

7. yusufgates - November 10, 2014
bikerkampung86 - November 10, 2014

Waw…… ๐Ÿ˜ฏ ๐Ÿ˜€
Warung ane makin rame karna om yusuf
Maturnuwun

yusufgates - November 10, 2014

Tenane lek??? Alhamdulillah… podo2 lek jo..

bikerkampung86 - November 10, 2014

Hehehehehehehehe……. ๐Ÿ˜€
Kan warung ane dikunjungi ama juragan yg hitsnya 1000/hari jelas sneng bgt kali2 aja ikut kecipratan berkahnya jd makin rame warung ane

yusufgates - November 10, 2014

Helleeh…sewu soko endi..wkwkwkwk
Aamiin…mugi2 cepet rame. ๐Ÿ˜€

bikerkampung86 - November 10, 2014

Amin ya rabbal alamin
Lha….iku yg kpn hari di share di grup ane aja klo njemur dmn2 paling top 200an/hari

yusufgates - November 10, 2014

Mosok 200 lhaa?? Jurusnya dikeluarin lek

bikerkampung86 - November 10, 2014

Iya om paling puoll gur 200an pdhl ada kali njemur sampe ke 10 warung ๐Ÿ˜ฆ

yusufgates - November 10, 2014

Delu neh rame om…tenang ae…

bikerkampung86 - November 10, 2014

Okeh suiiippp…….. ๐Ÿ™‚

yusufgates - November 10, 2014

๐Ÿ˜€

8. CuPcAkE - Desember 2, 2014

ikut memantau

bikerkampung86 - Desember 2, 2014

Silahkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: