image
NSR 150 SP (nyomot di kaskus)

Assalamu’alaikum wr.wb
Apa kabar sobat biker semua semoga sehat dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT.
Kali ini saya ingin merangkum sedikit hasil blogwalking, akhirnya nyampe di warungnya bengkel motor online. Isinya membahas tentang rc valve pada honda nsr. Kok bahas NSR lagi emang nggak ada bahasan lain…. ๐Ÿ™‚ maklum yang punya warung naksir berat ama NSR. Selain itu buat nambah wawasan juga jadi saat nanti ada rejeki untuk meminang si nsr paling tidak sudah tahu seluk beluknya.
Siapa yang tidak kenal dengan sport 2 tak honda yang satu ini. Motorsport 2 tak tercanggih di jamannya bahkan masih menjadi buruan para kolektor dan pecinta kecepatan. Dapat dikatakan bahwa rc valve merupakan salah satu komponen vital yang ada pada honda nsr sehingga sering kali bengkel resmi ataupun bengkel langganan enggan bahkan menolak karna takut salah setel pada rc valve saat terjadi kerusakan mesin karna komponen tersebut sangat langka. Berikut hasil saduran yang dapat saya bagi kepada sobat bikers.

image
Nyomot google

Apakah fungsi dari RC VALVE?
Fungsi dari RC Valve sendiri adalah untuk mengontrol luas area lubang buang agar didapatkan power yang maksimal disemua area rpm. Mengapa bisa begitu?
-Pada mesin 2 tak ada berbagai cara yang sering dilakukan oleh mekanik untuk meningkatkan performa mesin tersebut, yang paling lazim adalah dengan merubah tinggi lubang buang namun ada beberapa konsekuensi yang harus dibayarย  dengan cara tersebut yaitu :
Semakin tinggi lubang buang berarti luas area atau penampang lubang buang semakin besar, efek yang ditimbulkan :
A: Power semakin baik pada putaran atas tetapi cenderung lemah diputaran bawah

B: Karena putaran bawah menjadi kurang bertenaga untuk pemakaian sehari-hari secara normal, maka motor menjadi tidak nyaman dikendarai dan bahan bakar menjadi boros.
Semakin rendah lubang buang berarti luas area / penampang lubang buang semakin kecil, efek yang ditimbulkan :
A: Power semakin baik pada putaran bawah tapi buruk pada putaran atas.

B: Motor tidak mampu untuk digunakan pada keperluan balap hanya dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.
Melihat keadaan tersebut maka pabrikan berinisiatif membuat
suatu sistem katup pada lubang buang mesin 2tak modern yang memungkinkan perubahan area
luasan atau penampang lubang buang pada setiap rpm.

Pada mesin Honda dikenal dengan istilah RC Valve, pada Yamaha dikenal dengan istilah YPVS sedangkan Kawasaki dengan istilah KIPS, dimana
prinsipnya sama hanya bentuknya yang berbeda.

image
Diagram nsr

Cara kerja dari RC Valve
Cara kerja pada RC Valve Berbeda dengan KIPS yang digerakkan oleh sistem mekanis, RC Valve bekerja dengan sistem Elektrik, sehingga butuh perawatan lebih hati-hati agar performanya bisa selalu terjaga. Bisa sobat bikers lihat pada skemaย  gambar diatas.
Keterangan :

—– Komponen RC Valve
____ Jalur arus elektrik

Dari skema diatas sobat bikers bisa kita lihat bahwa kerja komponen RC Valve (Servo motor & RC Control) berhubungan dengan komponen elektrik lainnya seperti CDI dan kiprok, sehingga kesehatan CDI dan Kiprok juga dipengaruhi oleh komponen-komponen RC Valve.
Apa efeknya jika NSR tanpa RC Valve?

1 Jika RC Valve di sett pada posisi H
(terbuka penuh) maka :

A: Power yang dihasilkan semakin baik pada putaran atas, akan tetapi cenderung lemah pada putaran bawah
B: Bahan bakar menjadi boros. Menurut informasi dari beberapa pemilik NSR yang kondisi mesinnya sehat dengan RC Valve mampu berjalan normal dapat menghasilkan
perbandingan 1liter : 35 km, sedangkan NSR tanpa RC Valve hanya mampu 1 liter : 10-13 km, tentunya dengan kondisi pemakaian normal di perkotaan
c Lontaran tenaga dari mesin tidak periodik tetapi secara tiba2 mengakibatkan daya yang diterima komponen mesin lainnya pun secara tiba2 pula hal ini tentunya memperpendek usia mesin.

2 Jika RC Valve di sett pada posisi L
(menutup penuh) maka :
A: Power motor baik di putaran 0 โ€“ 5000rpm tetapi buruk di atas 5000rpm.
B: Akan terjadi deposit atau penumpukan kerak yang berlebih
pada katup lubang buang yang membahayakan piston jika tumpukan kerak sudah terlalu banyak mengakibatkan Blok dan Piston bisa baret.
3 Jika RC Valve di set pada posisi tengah maka :
A: Power yang dihasilkan oleh motor baik di rentang putaran menengah
B: Akan terjadi deposit atau penumpukan kerak yang berlebihan
pada katup lubang buang yang membahayakan piston jika tumpukan kerak sudah terlalu banyak dapat membuat Blok dan Piston menjadi baret.
Bagaimana merawat RC Valve?

Dikarenakan RC Valve merupakan komponen vital yang ada pada NSR maka diperlukan perawatan agar kienerja mesin tetap berjalan dengan baik. Berikut ini cara perawatan RC Valve:
1 Pastikan kondisi part-part elektrik pendukung RC Valve dalam kondisi baik terutama : Aki, CDI dan kiprok. Untuk CDI dan kiprok harus yang orisinil atau asli pabrikan.
2 Pastikan kerja buka tutup RC valve tidak terhambat caranya lumasi kawat2 pada servo motor sampai dengan blok.
3 Bersihkan kerak yang menumpuk pada katup lubang buang jika terjadi penumpukan yang berlebihan
4 Sesuaikan posisi setelan pada cakram RC Valve di blok dengan pulley pada Servo motor
5 Jika RC Valve pernah kebakar dan sudah mengalami perbaikan pastikan gerakan servo tidak berhenti-henti ditengah-tengah posisi H dan L, gerakan harus lancar dan kecepatan putar pulley nya pun harus sesuai dengan bawaan pabrik serta gerak pulley tidak bergetar-getar, jika hal ini
terjadi kemungkinan arus listrik yg keluar ataupun masuk bebeda dari yang seharusnya maka dikhawatir umur dan kinerja RC Valve dan komponen pendukung elektrik lainnya seperti CDI dan kiprok akan terpengaruh.

Oke sobat bikers terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk mampir ke warung pinggiran saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Sumber:
http://bengkel-motor-online.blogspot.in/2008_03_01_archive.html?m=1
http://bengkelmotoronline.wordpress.com

Iklan