Assalamu’alaikum wr.wb
Apa kabar sobat biker semua semoga sehat dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT.
Bagi sobat bikers semua yang lahir di era 2 tak masih berjaya siapa yang tidak kenal dengan motor sport keluaran honda yang satu ini. Motor dengan teknologi paling canggih di jamannya bahkan sampai saat ini pun belum ada yang menyaingi teknologi keluaran honda tersebut. Yapzzz……. Honda nsr merupakan motor legendaris yang pernah mengaspal di indonesia. Produk legendaris yang mengantarkan Mc Doohan jadi juara dunia dan ditutup manis dengan torehan valentino rossi sebagai juara dunia hingga akhirnya diproduksi massal oleh pabrikan honda. Sayangnya memasuki tahun 2000 motor-motor 2 tak mulai disuntik mati alias discontinue menyisakan kawasaki dengan ninja 150 rr yang kabarnya tahun depan pun akan mengalami discontinue. Akan tetapi peminat motor 2 tak masih ada sampai sekarang entah itu untuk hobi ataupun sekedar koleksi. Beruntung kemarin sempat keluar kota yaitu ke kota tabanan kalo kata teman-teman kotanya dagangan motkas alias motor bekas. Walaupun sudah tidak seramai semasa jaman saya SMA tapi masih ada yang setia berprofesi sebagai penjual motor bekas.
Apalagi bagi yang mencari motorsport maka para peminatnya biasa mencari ke kota ini. Karna motorsport paling banyak diperjual-belikan disini mulai dari sport 4 tak 150cc sampai sport 4 tak 250cc terpajang rapi di deretan dealer-dealer motor bekas. Keberuntungan menghampiri saya kemaren saat menjelang dzuhur kebetulan di depan masjid ada showroom motor bekas dan isinya motor-motor 2 tak. Salah satunya yang membuat mata saya ingin kesana karna melihat sesosok motor yang saya idolakan semasa SMA dulu yaitu honda NSR dan kebetulan yang terpajang adalah honda nsr 150 rr astra lampu bulat warna ungu putih. Saya hampiri motor tersebut sambil melihat-lihat keindahan desainnya yang tak lekang oleh jaman sekaligus memperhatikan kondisi cat atau warna kendaraan sudah pernah di repaint atau belum.
Ternyata kondisinya masih terbilang terawat dan cat pada body motor pun belum mengalami repaint. Saya dihampiri oleh makelarnya kemudian ditanya mau nyari yang mana mas?…..
Kemudian terjadilah percakapan singkat antara saya dengan makelar tersebut. Dari hasil obrolan dengan sang makelar, honda nsr 150 rr astra tersebut dijual dengan harga 18 juta nego. Untuk RC Valvenya alhamdulilah msh lancar jaya sempat saya nyalakan kunci kontaknya saya liat saat kontak diposisi “on” RC VALVE berada posisi L. Kemudian saya selah dengan stater kaki untuk menyalakan mesin dan saya posisikan pada putaran idle
(1200 Rpm) maka posisi valve pada blok akan berada pada posisi H. Selanjutnya saya naikan putaran gas sampai lebih dari 6000 rpm maka valve akan bergerak secara penuh ke H. Cara tersebut sama dapat pula dilakukan pada nsr 150 r lampu kotak keluaran tahun 94 sampe tahun 99.
Kelar ngecek rc valvenya saya lanjut melihat ke area body dan mesin. Untuk cat body motor seperti yang saya sebutkan tadi belum mengalami repaint sedangkan mengintip ke area mesin terlihat pada bagian selang oli samping ada rembesan oli sehingga mengotori blok mesin dan fairing bawah motor. Entah karna penggunaan si pemilik terdahulu atau sudah pernah dilakukan perbaikin oleh san makelar saya kurang tahu toh saya hanya bisa sedikit saja mengecek kondisi motor tersebut. Selain itu menurut saya suara mesinnya pun terdengar sedikit lebih kasar, mungkin karna motor tersebut sudah berumur atau mungkin karna sebab lainnya saya juga kurang paham. Selebihnya pasti ada yang lebih paham daripada saya, kalopun saya ada rejeki dan berminat meminang motor tersebut pastinya saya akan mengajak orang yang lebih ahli terutama yang tahu betul seluk beluk honda nsr. Sempat bertanya kepada sang makelar untuk seri nsr lain kisaran harganya didapat bahwa seri nsr 150 r tahun awal dengan lampu kotak berada dikisaran 6 juta sampe 11juta tergantung kondisi mesin, warna cat pada body dan tentunya rc valve yang menjadi jantung bagi nsr tersebut.

Sedangkan versi nsr 150 rr astra lampu bulat dikisaran harga 16 juta sampai dengan 21 juta. Itu pun juga sama bergantung pd rc valve apakah mah normal atau tidak kemudian warna sdh mengalami repaint atau belum. Sedangkan untuk varian nsr tertinggi yaitu nsr 150 sp dibanderol mulai kisaran 35 juta sampai diatas 40 juta. Mahalnya harga nsr 150 sp karna barang termasuk paling langka dan mempesona karna pro armnya itu yang bikin banyak rider jadi kepincut selain itu tenaga dahsyatnya yang melegenda 39.5hp dengan bobot kurang lebih 120kg. Betap bengisnya nsr 150 sp tersebut konon pada masanya hanya yamaha TZM dan kawasaki ninja Serpico yang dapat menandingi kedigdayaan sang nsr.

Oiya……..lupa untuk area dashboard panel-panelnya masih bawaan aslinya. Tutup tangkinya pun sudah rata tidak kayak stupa candi
Sayangnya saya tidak dapat mengeksplorasi lbh jauh lagi selain kondisi jalanan depan showroom yang rame lancar pastinya sang makelar pun juga tidak akan mengijinkan karna pastinya dengan berbagai pertimbangan.
Oke sobat bikers terima kasih sudah sudi meluangkan waktunya untuk mampir ke warung pinggiran saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Wassalamu’alaikum wr.wb
murah
Iya kang ari termasuk murah padahal kalo liat harga di jual-beli online gak dapat segitu
Yang mahal masih tetep nsr 150 sp
naksir yg SP, naksir pro arm nya saja. soale sakmotore ga ada danane 😀
Walaah……nyari yg jual pro armnya itu sama susahnya dgn nyari motornya 😦
Pernah ditawarin, arm plus velg kalo ga salah, minta 10 juta *emogh aku 😀
Iya betoel bgt mas dimari juga pasarannya segitu biasanya mlh diatas itu
Emang bagus si, modelnya never ending
Iya mas modelnya everlasting
Ane aja sampe skrg msh kesengsem ama nie motor 🙂
ngacir nih motor legendaris
http://monkeymotoblog.com/2014/10/28/mesin-250-cc-v-twin-honda-bisa-dijadikan-berbagai-tipe-motor/
Waaah……warung pinggiran ane di kunjungi ama juragan moge makasih bnyk kunjungannya
Iya kang vandra motor legendaris tarikan ngacir
wkwkwkk, amiiiin di doain jadi juragan MoGe. makasih banyak kang mas. pernah dibonceng ama itu motor dulu, dapet 150 km/jamnya enteng banget, gas masih banyak
Amin ya rabbal alamin semoga lekas tercapai jd juragan MoGe.
Waaaah……..sama nie ane juga dulu pernah ngerasain ngerinya dibonceng pake nie motor. Alhamdulilah dulu juga ada tmn punya yg nsr 150 r taun 95 lampu kotak jd sering minjem dan msh inget bgt gmn ngerinya gigi 5 dgn speed hampir 140km/jam gas msh bnyk, msh ada gigi terakhir yg blm kepake
Motor syadis nih…
Yupzzz…..betoel bingitss 🙂
Makasih bnyk atas kunjungannya kang
motor keren….yg makai dah kayak andy lau
Iya om bener bgt andy lau antara dilema dan galau karna mikirin sparepart + isi bahan bakarnya tapi yg jelas kegantengan naeklah 40% 🙂
jambakan nya jg naik 40% 😀
Iya om jambakannya itu yg sadis bisa terjadi di rpm 7000 dan 9000 dalam sekali betot gas
kena 2kali jambakan setan 🙂
Betul…khas NSR ada 2 kali jambakan…
Klo gak siap2 dari awal mencengkeram stang kemudi bisa kaget kena jambakan setan
Akselerasi wus…wus….
Betoel bgt om…….
Lari 150km/jam tarikan msh enteng dan terus bertumbuh blm lagi sisa gas msh bnyk utk dibetot
Ane dl pnya versi bebek nya (nova dash) aja blum pernah gas mentok…apalgi ini…
Klo ane alhamdulilah sering dibolehin pake ama tmn kebetulan punya yg nsr 150 r taun 95 lampu kotak itu juga sama gak brani ampe habis gas soale tarikan enteng bgt brasa msh bisa narik trus tuch si nasir 😯
Hahaha…nsr belum pernah ane malahan….padahal dl temen ada yg pnya yg rr ama sp….
Seringnya malah suzi RGR pny kakak ane…
Klo suzi RGR pernah tapi kapok pas mesin kpanasan mlh ngempos tenaganya trus mati sndiri nunggu dingin baru bisa nyala lagi 😀
Kyk nya kurang dirawat ama tmn ane
Palingan juga d iritin…tau kan RGR borosnya ya ampun….kl d iritin kan mesin cepet panas…tenaga memble
Iya kyk nya sich gitu masa bisa cpt panas sampe gak bisa dinyalain klo udh kpanasan mesinnya
Lah kalo dah overheat ya harus nunggu mesin adem dl
Iya om klo udh overheat lama nunggu adem sampe 2jam baru bisa diselah lagi stater kakinya
NSR memang motor legenda! 😯
Betul bgt masbro 🙂
Kebetulan showroom motkas yg ada dsana klo pas masbro mujur bisa nemu NSR lagi dipajang seperti yg ane alami kemaren.
Matur nuwun atas kunjungannya 🙂
kl pun pny yakin deh gk bakal di gas poll….
🙄
spare part nya?
pst bakal jd pajangan
😀
Betull bgt 😛
Klo dipake ngebut kasian kegantengan ridernya gak keliatan selain itu hargai juga pengguna jln yg lain
Sparepart msh ada cman kudu rajin2 aja…… 😀
NSR memang joss, tarikannya joss,,, raja 2tak.
cocok buat motor hobiess ,dinikmati
urusan spare parts meski ada tapi harganya gelap karena di HEPS pun juga sudah jarang stoknya apalagi versi RR yang sejak kemunculannya saja spareparts sudah susah (pernah dibahas di M+ lawas)
untuk versi R (lampu kotak) beberapa HEPS masih ada yang jual pernik-perniknya
Iya masbro sparepartnya yg bikin puyeng
Ane juga lbh sneng yg nsr single r lbh light buat ane 🙂
Maaf kena jaring modeterasi
Makasih atas kunjungannya 🙂
120 kg dengan power kisaran 27 – 39,5 dk (R-RR-SP), benar-benar ajib
bandingkan motor 150cc 4tak sport fairing sekarang,beratnya 130-145kg tapi power cuma 13-17 dk, cuma menang moge look aja,tapi gak ada larinya, 130kpj aja dibilang kenceng hihihihihi..
Sssstttt…….jgn kenceng2 😆
mereka mungkin terlahir saat era 2tak sdh tdk sejaya dulu. Jadi bagi mereka skrg body gambot+bobot lbh berat tenaga sebesar itu sdh kencang coba suruh ngtrek pake sport 2tak bisa ketagihan nantinya 😀
Klo kata tmn2 ane real men ride 2stroke 😀
saya suka kalimat yang ini “real men ride 2 stroke”, kebetulan di rmh ada nsr r ijo th 96 (ini yg pertama punya dr waktu masih skul), nsr sp th 01 repsol, klx 150 n ninin 250 fi se abs (sdh laku). memang utk putaran bawah si ijo lebih bertenaga, tp klo trek agak panjang sp lebih unggul. dan utk kelas 250 2 cilinder memang lebih condong moge look makanya saya jual krn tenaga kurang cuman menang tampilan doank n beratnya itu gk nahan (imho), skrg ini lg hunting” nsr 250 (ini yg paling susah n mahal kyaknya), tzm, cbr/zx 250 4 cilinder ato 4 stroke 400cc-600cc (doa’in ya, tau mana yg duluan dpt).
Amin semoga segera terwujud cita2nya
Asiieek…….ane blh test ride gak nie om arya klo sampe kebeli 🙂
nyimak gan
Monggo