image

Assalamu’alaikum wr.wb
Apa kabar sobat biker semua semoga sehat dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT.
Bagi sobat bikers semua yang lahir di era 2 tak masih berjaya siapa yang tidak kenal dengan motor sport keluaran honda yang satu ini. Motor dengan teknologi paling canggih di jamannya bahkan sampai saat ini pun belum ada yang menyaingi teknologi keluaran honda tersebut. Yapzzz……. Honda nsr merupakan motor legendaris yang pernah mengaspal di indonesia. Produk legendaris yang mengantarkan Mc Doohan jadi juara dunia dan ditutup manis dengan torehan valentino rossi sebagai juara dunia hingga akhirnya diproduksi massal oleh pabrikan honda. Sayangnya memasuki tahun 2000 motor-motor 2 tak mulai disuntik mati alias discontinue menyisakan kawasaki dengan ninja  150 rr yang kabarnya tahun depan pun akan mengalami discontinue. Akan tetapi peminat motor 2 tak masih ada sampai sekarang entah itu untuk hobi ataupun sekedar koleksi.  Beruntung kemarin sempat keluar kota yaitu ke kota tabanan kalo kata teman-teman kotanya dagangan motkas alias motor bekas. Walaupun sudah tidak seramai semasa jaman saya SMA tapi masih ada yang setia berprofesi sebagai penjual motor bekas.

image

Apalagi bagi yang mencari motorsport maka para peminatnya biasa mencari ke kota ini. Karna motorsport paling banyak diperjual-belikan disini mulai dari sport 4 tak 150cc sampai sport 4 tak 250cc terpajang rapi di deretan dealer-dealer motor bekas. Keberuntungan menghampiri saya kemaren saat menjelang dzuhur kebetulan di depan masjid ada showroom motor bekas dan isinya motor-motor 2 tak. Salah satunya yang membuat mata saya ingin kesana karna melihat sesosok motor yang saya idolakan semasa SMA dulu yaitu honda NSR dan kebetulan yang terpajang adalah honda nsr 150 rr astra lampu bulat warna ungu putih. Saya hampiri motor tersebut sambil melihat-lihat keindahan desainnya yang tak lekang oleh jaman sekaligus memperhatikan kondisi cat atau warna kendaraan sudah pernah di repaint atau belum.

image

Ternyata kondisinya masih terbilang terawat dan cat pada body motor pun belum mengalami repaint. Saya dihampiri oleh makelarnya kemudian ditanya mau nyari yang mana mas?…..
Kemudian terjadilah percakapan singkat antara saya dengan makelar tersebut. Dari hasil obrolan dengan sang makelar, honda nsr 150 rr astra tersebut dijual dengan harga 18 juta nego. Untuk RC Valvenya alhamdulilah msh lancar jaya sempat saya nyalakan kunci kontaknya saya liat saat kontak diposisi “on” RC VALVE berada posisi L. Kemudian saya selah dengan stater kaki untuk menyalakan mesin dan saya posisikan pada putaran idle
(1200 Rpm) maka posisi valve pada blok akan berada pada posisi H. Selanjutnya saya naikan putaran gas sampai lebih dari 6000 rpm maka valve akan bergerak secara penuh ke H. Cara tersebut sama dapat pula dilakukan pada nsr 150 r lampu kotak keluaran tahun 94 sampe tahun 99.

image

Kelar ngecek rc valvenya saya lanjut melihat ke area body dan mesin. Untuk cat body motor seperti yang saya sebutkan tadi belum mengalami repaint sedangkan mengintip ke area mesin terlihat pada bagian selang oli samping ada rembesan oli sehingga mengotori blok mesin dan fairing bawah motor. Entah karna penggunaan si pemilik terdahulu atau sudah pernah dilakukan perbaikin oleh san makelar saya kurang tahu toh saya hanya bisa sedikit saja mengecek kondisi motor tersebut. Selain itu menurut saya suara mesinnya pun terdengar sedikit lebih kasar, mungkin karna motor tersebut sudah berumur atau mungkin karna sebab lainnya saya juga kurang paham. Selebihnya pasti ada yang lebih paham daripada saya, kalopun saya ada rejeki dan berminat meminang motor tersebut pastinya saya akan mengajak orang yang lebih ahli terutama yang tahu betul seluk beluk honda nsr. Sempat bertanya kepada sang makelar untuk seri nsr lain kisaran harganya didapat bahwa seri nsr 150 r tahun awal dengan lampu kotak berada dikisaran 6 juta sampe 11juta tergantung kondisi mesin, warna cat pada body dan tentunya rc valve yang menjadi jantung bagi nsr tersebut.

image
NSR 150 R (nyomot dari google)

image

Sedangkan versi nsr 150 rr astra lampu bulat dikisaran harga 16 juta sampai dengan 21 juta. Itu pun juga sama bergantung pd rc valve apakah mah normal atau tidak kemudian warna sdh mengalami repaint atau belum. Sedangkan untuk varian nsr tertinggi yaitu nsr 150 sp dibanderol mulai kisaran 35 juta sampai diatas 40 juta. Mahalnya harga nsr 150 sp karna barang termasuk paling langka dan mempesona karna pro armnya itu yang bikin banyak rider jadi kepincut selain itu tenaga dahsyatnya yang melegenda 39.5hp dengan bobot kurang lebih 120kg. Betap bengisnya nsr 150 sp tersebut konon pada masanya hanya yamaha TZM dan kawasaki ninja Serpico yang dapat menandingi kedigdayaan sang nsr.

image
NSR 150 SP (nyomot mbah google)

image

Oiya……..lupa untuk area dashboard panel-panelnya masih bawaan aslinya. Tutup tangkinya pun sudah rata tidak kayak stupa candi :mrgreen:
Sayangnya saya tidak dapat mengeksplorasi lbh jauh lagi selain kondisi jalanan depan showroom yang rame lancar pastinya sang makelar pun juga tidak akan mengijinkan karna pastinya dengan berbagai pertimbangan.
Oke sobat bikers terima kasih sudah sudi meluangkan waktunya untuk mampir ke warung pinggiran saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Iklan